08:00 . Yanuar Amni Optimis Tangani Persibo   |   07:00 . Waspada, Nobar EURO Harus Taati Prokes   |   20:00 . Himatika Unu Sunan Giri Luncurkan Komet Sebagai Optimaliasi Prestasi   |   19:00 . Polres Analisa dan Evaluasi Penangan Covid-19 di Bojonegoro   |   18:00 . Wagub Emil Dardak Sebut AMSI Bisa Jadi Sumber Big Data Terbesar   |   17:00 . Silaturahmi, PEPC Olahraga Bersama Tetap Patuhi Prokes   |   15:00 . Bantu UMKM, Kadin Bojonegoro Gandeng Bank   |   14:00 . Kemenko Perekonomian Kunjungi Proyek JTB di Bandungrejo   |   13:00 . Gus Ipul Ikuti Rakerwil AMSI Jatim Lewat Virtual   |   12:00 . Begini Cara Daftar SUKIRNO   |   11:00 . Dishub Launching Sistem Uji KIR Online   |   10:00 . Akhir Pekan, Harga Emas Antam Anjlok   |   09:00 . Unik...!!! 'Kak Rental' Sedia Jasa Atasi Gabut dan Galau   |   08:00 . 15 Calon Jemaah Haji Limpahkan Porsi Keberangkatan Kepada Ahli Waris   |   07:00 . Pada Wanita Dewasa, Konsumsi Makanan Sehat Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental   |  
Sun, 13 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL - LSM BI

Puluhan Kartar Ikuti Pelatihan Peningkatan Keorganisasian

blokbojonegoro.com | Sunday, 02 April 2017 20:00

Puluhan Kartar Ikuti Pelatihan Peningkatan Keorganisasian

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Puluhan Karang Taruna dari 10 desa di Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur mengikuti pelatihan peningkatan keorganisasian pada Sabtu dan Minggu (1-2/4/2017) di aula Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Desa Ringin Tunggal Kecamatan Gayam. Peningkatan kapasitas pemuda ini diselenggarakan oleh ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) bekerjasama dengan LSM Bojonegoro Institute.

"Kita ingin mengembalikan peran karang taruna sebagai organisasi sosial kemasyarakatan yang berdaya dan mampu mengembangkan potensi desa," ucap Direktur LSM BI, AW. Syaiful Huda.

Menurut pria yang bisa dipanggil AW ini, selama ini karang taruna sering terjebak pada kegiatan-kegiatan Rekreasi, Olahraga, Kesenian, dan agama (ROKA). Misalnya, kata dia, peringatan hari besar dan penyelenggaraan acara yang bersifat insidentil.

"Sementara program yang bersifat kesejahteraan sosial sebagai ruh dari karang taruna justru dimaknai sebagai kegiatan pengabdian masyarakat secara umum," ungkap AW menggebu.

Melalui program ini, jelas AW, kader karang taruna memiliki keterampilan dalam melakukan fasilitasi forum musyawarah, melakukan lobbying, dan mengikuti musyawarah di desa. Selain itu, peserta yang dilatih diharapkan dapat menyusun rencana strategis, rencana aksi program kerja dan instrumen pelengkap keorganisasian lainnya.

"Di samping itu, kita juga menargetkan peserta agar memiliki keterampilan pengelolaan program, dan melakukan monitoring serta evaluasi dengan baik dan benar," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bojonegoro Adi Witjaksono, berpesan agar para pemuda karang taruna menjadi pemuda yang aktif dan memiliki peranan strategis di desa masing-masing. Dalam sambutannya di depan para peserta pelatihan tersebut, dia juga memotivasi agar pemuda selalu berbuat sesuatu yang positif bagi desanya.

"Pemuda sudah seharusnya bekerja dan berbuat untuk orang lain, tidak hanya berkomentar," tuturnya menasihati.

Para peserta merupakan perwakilan dari Desa Gayam, Mojodelik, Bonorejo, Katur, Begadon, Brabowan, Ringin tunggal Kecamatan Gayam, Desa Ringin Rejo Kecamatan Kalitidu, Desa Kapas Kecamatan Kapas, dan Desa Prayungan Kecamatan Sumberejo. Masing-masing desa mengirimkan tiga perwakilan untuk mengikuti pelatihan dan outbound. 

Outbound sendiri dilaksanakan di Sendang Karan dan Komunitas Pemberdayaan Suket Desa Gunung Sari Kecamatan Baureno. Outbound ini sekaligus wahana studi banding para peserta dengan karang taruna setempat yang telah mampu membangun potensi desanya hingga menghasilkan keuntungan secara sosial dan ekonomi.

Tag : Pib, emcl, lsm bi

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more