15:00 . Peringati HUT ke 17, Ademos Gelar Halal Bi Halal Bersama Mensesneg RI   |   23:00 . Lupa Ambil Kunci, Motor Pegawai Koperasi di Bojonegoro Digasak Maling   |   22:00 . Gudang Beras di Balen Bojonegoro Terbakar   |   21:00 . Bejat, Begal Payudara di Tuban, Onani Setelah Beraksi   |   20:00 . Warga Tuban Diduga Tenggelam di Bengawan Solo, Petugas Masih Lakukan Pencarian   |   19:00 . Jembatan Kare Penghubung Tuban Bojonegoro Diduga Rawan Jambret   |   18:00 . MGMP PAI SMK Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   17:00 . SKK Migas Akan Selesaikan 15 Proyek Hulu Migas Tahun 2024   |   16:00 . Simak, 5 Jalur PPDB Jatim 2024 untuk SMA dan SMK dan Tahapan Pendaftaran   |   15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   14:00 . Komitmen Sinergi Tingkatan Kompetensi, Guru Matematika Bojonegoro Gelar Silaturahmi   |   13:00 . Desa Pajeng-Gondang Wakili Bojonegoro Lomba Pelaksana Gotong Royong Terbaik Tingkat Jatim   |   12:00 . Lima Tahun Terakhir Terus Naik Indeks Pembangunan Gender Bojonegoro   |   11:00 . Olah Pisang Jadi Kerupuk dan Keripik, Mahasiswa Unigoro Lolos Pemuda Pelopor Bidang Pangan   |   10:00 . Kreasi Memasak Nasi Goreng Bapak-Bapak ASN Bojonegoro   |  
Sun, 28 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mulai April, Insemenasi Buatan Gratis

blokbojonegoro.com | Thursday, 06 April 2017 10:00

Mulai April, Insemenasi Buatan Gratis

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Kabar gembira bagi seluruh peternak dan petani di Kabupaten Bojonegoro yang memiliki ternak baik sapi dan kambing, bahwa per 1 April 2017  sperma beku atau straw gratis. Serta petugas IBIN tidak diperkenankan untuk menarik biaya maupun jasa.

Hal ini merupakan program Pemerintah Pusat dalam rangka Upaya Khusus Sapi Betina Wajib Bunting (Upsus Siwab), sebagaimana laporan Kepala Dinas Peternakan dan perikanan Kabupaten Bojonegoro, Ardiyono Purwiyanto mengatakan  workshop peningkatan kinerja sumber daya manusia pelayanan Inseminasi Buatan (IB) dalam menyukseskan keberhasilan program Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting ( upsus puwab), Selasa (6/4/2017) di aula pertemuan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bojonegoro.

"IB gratis launching mulai 1 april 2017, dan pelayanan IB gratis tidak diperkenankan menarik jasa dan biaya," jelas Ardiyono.

Populasi di Bojonegoro berkembang 201.756 ekor ternak, betina produktif 81.000 lebih. Untuk sapi wajib bunting ditarget 60.000 dan ada kelahiran di tahun 2017 ini 50.000 ekor anakkan baru.

"IB ini sudah berlangsung 40 tahun lebih dan telah dinikmati oleh masyarakat, karena adanya target betina produktif maka pemerintah kini hadir dibiayai oleh negara," terangnya.

Ardiyono dengan launching per 1 April dirinya mengharapkan ketersediaan N2 maupun strow agar terjamin, karena jika telat maka akan mempengaruhi pada keberhasilan program upsus puwab. "Kelancaran kebutuhan IB swadaya agar lancar dan tepat waktu," harapnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro, Soehadi Moeljono menegaskan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan daripada petugas, petani dan peternak ssekaligus management untuk meningkatkan keberhasilan bidang Peternakan.

Menurunnya penyakit reproduksi 60 persen menurunnya pemotongan sapi betina 20 persen dan peningkatan bunting 70 persen. Untuk keberhasilan ini jalan utama adalah komunikasi antar segenap komponen. "Kedua adalah kemampuan masing masing petugas agar bisa cepat dan tepat untuk IB bisa bunting," tegasnya.

Dari target ini bisa berhasil diperlukan hal hal lain untuk mensukseskan target angka yang telah ditentukan. Serta seluruh petugas Dinas Peternakan diminta untuk mensukseskan upsus puwab di Bojonegoro ini agar mengedepankan komunikasi dengan berbagai pihak. Dari pemerintah kabupaten ada beberapa hal khusus yaitu kepada petugas peternakan agar terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat khususnya petani peternak untu meningkatkan kesejahteraan petani peternak.

"Kemampuan masing masing petugas agar senantiasa ditingkatkan," pintanya.

Termasuk kerjasama kedua belah pihak untuk meningkatkan populasi ternak sapi di wilayah masing masing. Sapi potong memiliki populasi 200 ribu ekor di Bojonegoro agar ditingkatkan. Kerjasama ini sangat dibutuhkan dan sinergi semua pihak. [zid/ito]

Tag : inseminasi, buatan, gratis, ternak, tani, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat