19:00 . Pemkab Bojonegoro dan Pertamina Sidak Agen LPG dan Resto   |   18:00 . Peduli Lansia, PEP Sukowati Berikan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis, Serta Pembelajaran Osteoporosis   |   16:00 . Kapolres Bojonegoro Dalami Dugaan Oknum Kapolsek Lakukan Perselingkuhan   |   14:00 . Komunitas Drawing Desa Bojonegoro Bakal Gelar Pameran, Simak Jadwalnya   |   13:00 . Viral! Kapolsek di Bojonegoro Diduga Selingkuh   |   08:00 . 2 Mahasiswa PJKR UNUGIRI Bojonegoro Raih Gelar Juara Ju-Jitsu dalam Piala Bupati Ngawi   |   17:00 . Gandeng Kampus Lokal, Guru Matematika SMA Bojonegoro Berlatih Membuat AR   |   15:00 . Wadahi Potensi, Pesantren Modern Al Aly Gelar Kompetisi   |   09:00 . Dibalut Proses Sungkeman, 522 Siswa SMK Negeri 1 Bojonegoro Dilepas   |   15:00 . Gugat KPU ke Bawaslu, Bapaslon Nurul-Nafik: Silon Sering Error   |   06:00 . Setahun Jadi ISTeK ICsada, Akreditasi Kampus Ungu Dapat Predikat Baik   |   20:00 . PHE Raih Penghargaan dalam IPA Convex 2024   |   19:00 . Geliat┬áMemperingati Hari Buku   |   18:00 . Tiga Klub Milik Exco PSSI Melenggang Babak 16 Besar Liga 3 Nasional   |   17:00 . HUT Dekranasda ke-44, Ketua Dekranasda Bojonegoro Ajak Kader Terus Gali Potensi dan Tingkatkan Kreatifitas.   |  
Tue, 21 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Siswa di Ngumpakdalem Mulai Terima DAK Pendidikan

blokbojonegoro.com | Friday, 02 June 2017 00:00

Siswa di Ngumpakdalem Mulai Terima DAK Pendidikan

Reporter: M Safuan

blokBojonegoro.com - Suasana  tampak berbeda di Balai Desa Ngumpakdalem, Kecamatan Dander, Kamis (1/6/2017) malam. Ratusan siswa jenjang SMA Sederajat mengikuti sosialisasi dan mengambil pencarian Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan 2017yang mulai bisa dicairkan.

Total sebanyak 442 siswa SMA mulai kelas X, XI dan XII, hadir guna mengikuti pencarian DAK Pendidikan tersebut, meski begitu pada proses pencarian DAK tahun ini berbeda dengan tahapan pencairan tahun 2016 lalu. Oleh karenanya, sebelum pencairan para siswa maupun para orang tua siswa diberikan arahan terkait pencairan DAK Pendidikan 2017 ini.

Kepala Desa Ngumpakdalem, Ahmad Burhani dalam sambutannya mengatakan, DAK Pendidikan proses pencarianya berbeda yakni pada tahun ini pencairan jumlah Nominal yang diterima siswa dibagi 4 kategori.

"Yakni kategori keluarga kurang mampu, keluarga mampu, keluarga PNS Golongan I dan II, serta Keluarga PNS Golongan III dan IV, TNI dan Polri," Sambungnya di hadapan para siswa maupun orang tua yang hadir.

Dalam Tahap pencairan DAK tersebut, syarat pengambilan dana itu setiap siswa diharuskan membawa Kartu Keluarga, sebagai bukti untuk pengambilannya. Pelaksanaan pencarian dana DAK dilaksanakan selama 2 hari. Pada hari pertama hari Rabu (31/5/2017) pencairan dana diberikan kepada Siswa Kelas XI dan XII, sedangkan untuk kelas X dilakukan pada hari kamis malam.

Adapun dalam tahap penerimaan setiap siswa dipastikan berbeda tergantung dari kategori golongan keluarga, untuk Kategori Siswa dari keluarga yang kurang mampu atau yang termasuk anggota PKH nominal penerimaan dana sebesar 2.100.000 untuk kelas X dan XI. dan untuk Kelas XI sebesar 1.050.000

Sedangkan siswa dari Keluarga Mampu Kelas X dan XI sebesar 2.000.000 sedang kelas XII sebesar 1.000.000. Adapun Siswa dari Keluarga PNS golongan I dan II untuk Kelas X dan XI sebesar 1.000.000 sedangkan kelas XII sebesar 500.000. Untuk kategori terakhir yakni siswa dari Kategori Keluarga PNS golongan III dan IV, TNI dan Polri kelas X dan XI sebesar 500.000 sedang kelas XII sebesar 250.000

Pada pencairan DAK kali ini tidak semua siswa menerima secara utuh jumlah nominal uang yang diterimanya, karena sebagian jumlah nominal uang tersebut akan dimasukkan kerekening Bank yang telah ditunjuk oleh Pemkab. Oleh sebab itu sebelumnya penerimaan pencairan ini dilakukan seluruh penerima dana ini diberikan arahan untuk membuka rekening oleh pihak desa setempat.

Salah satu siswa SMAN 3 Bojonegoro penerima DAK, Seta Ubara Y.S mengaku senang bisa menerima bantuan uang pendidikan dan nantinya uang ini akan digunakan untuk membeli kebutuhan sekolah. "Kebetulan sebentar lagi kenaikan Kelas, jadi banyak yang harus dibeli," ujarnya sembari tersenyum simpul.

Meski Pelaksanaan pencairan dana dilakukan setelah usai terawih, namun pelaksanaan tersebut berjalan lancar dan tertib hingga akhir, perlu diketahui bahwa dana ini merupakan dana alokasi khusus untuk pendidikan bagi para siswa yang bertujuan agar tak ada lagi alasan bagi mereka untuk tidak bersekolah bahkan sampai putus sekolah karena tidak ada biaya. [saf/ito]

Tag : dak,siswa, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat