Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Masjid Al Birru Pertiwi Serupa Dengan di Depok?

blokbojonegoro.com | Sunday, 04 June 2017 20:00

Masjid Al Birru Pertiwi Serupa Dengan di Depok?

Reporter : Sutopo

blokBojonegoro.com -
Masjid Al Birru Pertiwi yang berlokasi di Jalan Raya Bojonegoro Nganjuk tepatnya pada Dusun Nemon, Desa/Kecamatan Dander, memang berbeda dengan masjid lain yang ada di Bojonegoro.

Diketahui, masjid yang berdiri di atas lahan seluas 11000 meter persegi itu, sangat unik bentuk arsitekturnya, jika dilihat dari luar tampak ada menara yang di atasnya dengan lambang rembulan, serta kubah masjid bermodelkan emas.

Tak hanya itu, tembok berwarna kecoklatan tampak menunjukan kemoderenan bangunan tersebut, belum lagi, ornamen tulisan kaligrafi yang menempel di dalam ruangan dinding masjid juga menambah nuansa religi sehingga menjadi keunikan sendiri.

Dengan didukung bentuk jendela dari kaca bening, untuk mempermudah ventilasi udara, serta tiang penyanggah yang kokoh, dibalut dengan serambi tampak dari luar dengan hiasan menyrupai kubah. Menegaskan seakan masjid tersebut menjadi magnet bagi para pengunjungnya.

"Untuk model arsitektur masjid Al Birru Pertiwi sendiri memang didesain menyerupai masjid Kubah Emas di Depok, Jawa Barat," kata Muhammad Khusnul Wadi' selaku imam masjid Al Birru Pertiwi, saat ditemui blokBojonegoro.com, Minggu, (4/5/2017).

Menurut Wadi', masjid yang mulai dibangun pada 24 Maret 2012 dan diresmikan oleh Bupati Bojonegoro, Suyoto, pada 25 Januari 2014 itu, memang didisain langsung oleh arsitek ternama yaitu Uke Setiawan, yang merupakan arsitek Masjid Kubah Emas di Depok.

"Sehingga model masjid memang berbeda dengan masjid-masjid yang ada di Bojonegoro," jelas pria asal Kecamatan Balen itu.

Ditambah, tempat parkir yang di tumbuhi pohon membuat kenyaman kendaraan milik jamaah, selain itu juga aula untuk kegiatan acara, ada wisma penginapan. "Serta ada kamar papiliun untuk para keluarga pendiri saat berkunjung," ujarnya. [top/ito]
 

Tag : masjid, al birru, pertiwi, dander, depok, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini