15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |  
Fri, 26 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pengelolaan Bencana di Bojonegoro Dikenalkan BNPB ke Internasional

blokbojonegoro.com | Thursday, 14 September 2017 14:00

Pengelolaan Bencana di Bojonegoro Dikenalkan BNPB ke Internasional

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei, Kamis (14/9/2017) pagi tadi melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bojonegoro, yang langsung disambut Bupati Bojonegoro, Suyoto. Pasalnya Kota Ledre dikenalkan ke Internasional karena berhasil mengelola kebencanaan.

"Kabupaten Bojonegoro termasuk daerah di Indonesia yang telah berhasil  mengelola bencana. Karena keberhasilan inilah maka Bojonegoro  sering dipromosikan oleh BNPB  di Kancah internasional," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Willem Rampangilei di hadapan Bupati Bojonegoro.

Willem menuturkan ada tiga hal yang didapat di Bojonegoro dari sosok bupati, yakni beliau pribadi yang luar biasa dengan beragam inovasi,  bupati  dalam event apapun selalu memperjuangkan kepentingan rakyatnya. "Serta apa yang dilakukan di Bojonegoro layak untuk dipromosikan di kancah luar negeri," terangnya.

Ditambahkan, banyak pelajaran berharga yang bisa diambil Bojonegoro, salah satunya kecerdasan mengelola kekeringan dengan embung. Apalagi setelah mengetahui jumlah  embung yang semula dikira 300, ternyata saat ini sudah mencapai 500 buah embung di seluruh wilayah Bojonegoro utamanya wilayah rawan kekeringan.

"Di Indonesia  ada dua wilayah yang mampu mengelola kekeringan yakni Bogor dan Bojonegoro," jelasnya.

Sementara  itu Bupati Bojonegoro, Kang Yoto menceritakan tentang bagaimana ketahanan bencana yang dibangun di Bojonegoro salah satunya adalah perhitungan waktu dan daerah terdapat akibat banjir luapan sungai Bengawan Solo. "Pemkab  juga membuat  titik pengungsian yakni Taman Evakuasi Banjir Bahagia yang menjadi titik pengungsi, tak hanya manusia hewan ternak juga dipikirkan untuk mendapatkan lokasi pengungsian," katanya.

Bupati yang menjabat dua periode itu menyebut, diperhatikannya hewan karena rojokoyo berupa hewan ternak ini mampu  mengurangi dampak kerugian. Selain itu kita juga mengembangkan kawasan langganan banjir sebagai daerah yang memiliki nilai ekonomi.

Dicontohkan, di daerah terdapat banjir ini kini disulap menjadi kawasan agro wisata antaralain kawasan buah jambu kristal dan belimbing. Tanaman keras ini ternyata mampu bertahan di daerah banjir.

Serta penanganan kekeringan yang dilakukan di Kabupaten Bojonegoro yakni dengan sistem embung atau Geo Membran dikawasan rawan kekeringan. Ternyata embung  membawa dampak positif. Embung  memiliki nilai strategis setidaknya ada 3 point penting yakni cadangan saat musim kering  dan panen air atau menangkap air saat musim penghujan, mendukung  produksi  pertanian di kawasan pertanian. "Salah satunya meningkatkan produksi  tanaman  bawang merah, dan untuk kebutuhan konsumsi  yakni  ternak," sebutnya.

Bupati menambahkan, setiap lima tahun embung akan dibuat berpindah, sehingga kini Bojonegoro tengah mendesain embung yang tidak permanen. Apalagi setelah dilakukan kajian daerah rawan ini mengalami perubahan dulunya yang bukan daerah kekeringan, kini menjadi kekeringan demikian juga sebaliknya. Perubahan pola ini karena kerusakan alam utamanya hutan.

"Pemkab Bojonegoro telah menggagas beberapa langkah kerjasama dengan pihak perhutani untuk menjaga kawasan hutan. Karena  dampak dari kerusakan hutan ini kini mulai dirasakan salah satunya  ketersediaan air bersih yang makin menipis saat Musim kemarau," pungkasnya. [zid/ito]

Tag : bnpb, bojonegoro, bencana, penanganan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat