Sun, 14 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pengisian Perangkat Desa Serentak

Dirugikan Dapat Nilai Nol, Salah Isi Kode Soal

blokbojonegoro.com | Friday, 03 November 2017 17:00

Dirugikan Dapat Nilai Nol, Salah Isi Kode Soal

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Mendapat nilai nol dalam hasil pengisian perangkat desa tidak bisa disalahkan sepenuhnya kepada peserta. Pasalnya para peserta mendapatkan informasi terkait kode soal saat sosialisasi sebelum pelaksanaan ujian perangkat desa serentak.

Hal itu dialami salah seorang peserta calon pengisian perangkat asal Desa Bungur Kecamatan Kanor, Kuslan, menyampaikan dalam proses ujian kemarin ia merasa dirugikan. Pasalnya bukan karena tidak mampu mengerjakan, tetapi disebabkan kesalahan pengisian kode soal.

Baca juga [Dewan Terima Aduan Terkait Tes Perangkat Desa]

"Saya peserta yang dirugikan karena kode soal. Kesalahan kode soal disadari setelah soal selesai dikerjakan, ketika saling bertanya antar peserta," keluhnya saat menyampaikan keluhan masyarakat terkait pengisian perangkat desa di ruang Paripurna DPRD Kabupaten Bojonegoro, Jum'at (3/11/2017).

Disampaikan pula, dalam sosialisasi beredar selebaran cara membaca nomor peserta seleksi ujian tulis pengisian perangkat desa. "Namun tidak tahu dari mana asalnya, tapi sama panitia dijelaskan," terangnya.

Dalam selebaran tersebut menyebutkan cara membaca nomor peserta seleksi ujian tulis pengisian perangkat desa, yakni digit 1 sampai 2 kode kecamatan, digit 3 sampai 5 kode desa, digit 6 sampai 7 kode formasi soal, digit 8 sampai 9 kode nomor peserta dan digit 10 kode cek digit peserta.

Untuk formasi sekretaris desa kode soal 01 sedangkan urusan keuangan, urusan perencanaan, urusan TU dan umum, urusan umum dan perencanaan, seksi pemerintahan, seksi kesekretariatan dan seksi pelayanan kode soal 02. Sementara kepala dusun kode soal 03.

"Padahal kode soal saya yang benar 1129, karena mengikuti petunjuk itu mendapatkan nilai nol. Siapa yang harus bertanggungjawab," jelasnya kepada blokBojonegoro.com usai pertemuan.

Peserta yang mengerjakan soal di SMK Kanor ruang 02 itu meminta pertangungjawaban tim kabupaten dan Unnes. "Harapannya dilakukan koreksi secara manual," pungkasnya. [zid/mu]

Tag : pengisian kepala desa serentak, tak ada pungli calon perangkat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.