19:00 . Viral Pengantin Nikah Saat Banjir, Netizen: Doa Mantan Terkabulkan   |   18:00 . Viral, Warga Sukosewu Langsungkan Pernikahan di Tengah Banjir   |   15:00 . Ini Tips Tetap Bugar dan Tingkatkan Imun Ala Tirta Ayu Spa   |   13:00 . Pernikahan Dini Marak, APPA dan PA Bojonegoro Bersinergi Bersama   |   11:00 . Inilah Nama Pemenang Fashion Street Fruit and Veggie Competition   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Insan UPG dari KPK   |   09:00 . Teknologi Informasi dan Komunikasi Berkembang, Jurnalis Harus Adaptasi dengan Tantangan   |   21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |   16:00 . Strategi Pertamina Menjaga Pasokan Energi Nasional   |   15:00 . SHU Pertamina Gelar Media Gathering Regional Indonesia Timur   |   14:30 . Unugiri Bojonegoro Gelar Empat Kali Prosesi Wisuda Selama Dua Hari Berturut-turut   |   14:00 . Pemdes Berharap Ada Bantuan Makanan dan Bahan Pokok untuk Warganya   |   13:00 . Kado Hari Guru Nasional, FTBM Bojonegoro Launching 11 Buku Karya Guru PAUD Bojonegoro   |   12:00 . Berlangsung Khidmat, STAI Attanwir Gelar Wisuda 145 Mahasiswa   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kuatkan Koperasi, Dekopinda Tandatangani Kerjasama Dengan BRI

blokbojonegoro.com | Sunday, 12 November 2017 15:00

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com -
Sebagai wadah koperasi di Kabupaten Bojonegoro, Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Bojonegoro melakukan berbagai penguatan koperasi yang menjadi anggotanya. Salah satunya dengan membuat kerjasama dengan BRI ditandai dengan penandatangan yang dilanjutkan dalam pembahasan teknisnya.

Pasalnya di Kota Ledre memiliki potensi strategis dalam hal perkembangan koperasi yang secara kuantitatif selalu meningkat setiap tahunnya. sesuai data yang tercatat saat ini di Dinas Koperasi dan usaha menengah, jumlah koperasi di Bojonegoro ada sebanyak 1.236 koperasi.

Namun dari data tersebut tidak semua koperasi yang aktif, dari koperasi yang aktif itu kebanyakan mengalami permasalahan berupa terbatasnya permodalan dan kurangnya inovasi usaha yang dijalankan oleh koperasi. "Atas dasar itulah Dekopinda Kabupaten Bojonegoro sebagai lembaga representasi gerakan koperasi bertekad membantu koperasi untuk memecahkan permasalahan diatas," kata Ketua Dekopinda Kabupaten Bojonegoro, Sriyadi Purnomo.

Salah satunya dengan mengadakan berbagai kegiatan temu usaha, membentuk jaringan retail antar koperasi yang sudah dilaksanakan oleh Dekopinda. Termasuk Dekopinda bekerjasama dengan BRI Cabang Bojonegoro menyelenggarakan kegiatan fasilitasi penguatan permodalan dan pengembangan usaha koperasi yang dihadiri oleh 110 pengurus dari berbagai koperasi di Bojonegoro yang diundang pada acara tersebut.

"Kegiatan dilaksanakan bertujuan agar gerakan koperasi di Bojonegoro tidak hanya fokus pada kegiatan simpan pinjam saja, akan tetapi juga agar bagaimana mampu menangkap peluang usaha yang potensial. Serta selalu berinovasi terhadap perkembangan jaman agar koperasi tidak tertinggal dengan pelaku usaha lainnya," jelasnya.

Sehingga melalui kerjasama ini BRI dihadirkan sebagai mitra strategis, supaya koperasi memiliki akses dalam pengembangan usaha maupun dalam hal penguatan permodalan.

Sementara itu, Sunarini perwakilan Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Menengah menuturkan, kegiatan seperti inilah yang sangat dibutuhkan oleh koperasi. Selain itu Dekopinda selama ini mampu menunjukkan eksistensinya terutama dalam hal kegiatan fasilitasi dan menginisiasi kerjasama antar koperasi maupun kerjasama dengan pihak lainnya yang bersifat strategis.

"Semoga kegiatan ini bisa menghasilkan manfaat bagi gerakan koperasi dan kami yang ada di Dinas Koperasi memberikan respon positif, apabila koperasi yang hadir pada acara ini mampu menangkap peluang untuk mengembangkan usahanya," imbuhnya.

Sedangkan perwakilan BRI Cabang Bojonegoro, Diah Anggreani dan Bagus Wijayanto menyambut positif kerjasama ini. Sehingga berbagai informasi secara teknis tentang penguatan permodalan sekaligus mensosialisasikan program BRIlink yang dapat dimanfaatkan oleh gerakan koperasi guna mengembangkan usahanya.

"Koperasi akan mendapatkan kemudahan berupa transaksi keuangan secara real time online, dapat melayani pembayaran listrik, pulsa dan lain-lain serta berbagai manfaat lainnya," kata Diah.

Ditambahkan, selain itu koperasi yang memanfaatkan program ini tidak membutuhkan modal besar, akan mendapatkan sharing fee, komisi dan bantuan peralatan EDC (Electronic Data Capture) dari BRI.

"Program ini sangat strategis bagi koperasi karena sudah memiliki basis anggota yang dapat dijadikan sebagai nasabah tetap, dan yang paling penting adalah koperasi mampu menghadirkan sebuah layanan transaksi secara online sesuai dengan kebutuhan era saat ini," imbuh Diah.[zid/ito]

Tag : dekopinda, bojonegoro, koperasi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat