18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB)

PEPC Tuntaskan Akusisi PI EMCL di JTB

blokbojonegoro.com | Tuesday, 14 November 2017 10:00

PEPC Tuntaskan Akusisi PI EMCL di JTB

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Sempat tertunda, akhirnya akuisisi atau bisa juga disebut alih kelola penyertaan modal (Participating Interest/PI) dari ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) ke PT Pertamina EP Cepu (PEPC) di Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) tuntas dilakukan beberapa hari lalu. Penandatanganan dokumen-dokumen melibatkan banyak pihak yang berkepentingan di Lapangan Gas dengan prediksi gas jual sebesar 172 MMSCFD (Million Matric Standard Cubic Feet per Day) atau Juta Standar Kaki Kubik per Hari (gas).

Diantara dokumen yang selesai ditanda tangani adalah amandemen Unitization Agreement (UA) & Unit Operating Agreement (UOA), Joint Operating Agreement (JOA) dan terminasi Cepu Gas Marketing Agreement (CGMA), serta penandatanganan dokumen Settlement Agreement (SA) yang dilakukan oleh pihak PEPC, EMCL dan Ampolex.

Data blokBojonegoro.com menyebutkan, pihak-pihak yang terlibat dalam tanda tangan dokumen tersebut antara lain Direktur Utama (Dirut) PEPC, Adriansyah, President Director EMCL, Daniel L. Wieczynski, Presiden Direktur PT Pertamina EP, Nanang Abdul Manaf, Dirut PT Asri Dharma Sejahtera, Ganesha H. Askari, Dirut PT Petrogas Jatim Utama Cendana, Heru Pramono, Dirut PT Blora Patragas Hulu, Imam Mukhyar, dan Dirut PT Sarana Patra Hulu Cepu, Muhamad Iqbal. Penandatanganan juga turut disaksikan oleh Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), Syamsu Alam dan Direktur Gas PT Pertamina (Persero), Yenni Andayani.

Direktur Hulu PT Pertamina (Persero), Syamsu Alam mengatakan bahwa proyek lapangan gas JTB merupakan proyek strategis pemerintah, meski dalam perjalanannya proyek ini menemui beberapa kendala, namun dengan adanya penandatanganan SA yang telah dilakukan, maka proyek JTB telah melangkah maju, dan pengerjaan EPC bisa segera dimulai.

"Kami meminta dukungan kepada EMCL, BUMD, dan pemangku kepentingan baik di daerah maupun di pusat agar proyek JTB dapat berjalan lancar," katanya.

Dikatakan jika ke depan, perjalanan masih panjang, PEPC akan bekerja sama dengan Direktorat Gas, PEP, dan pihak terkait lainnya, karena JTB merupakan proyek terbesar di Direktorat Hulu saat ini. Oleh karenanya, PEPC sebagai anak perusahaan yang akan mengeksekusi proyek ini diminta untuk memperhatikan faktor Health, Safety, Security, Environment (HSSE), dimana banyak tenaga kerja yang terlibat dalam pengerjaannya. Selain itu, Project Management JTB juga harus memperhatikan ketepatan waktu dan biaya agar dapat terkontrol sehingga deviasi yang nantinya muncul tidak terlalu besar.

Sementara President Director EMCL, Daniel L. Wieczynski, menyampaikan ucapan terima kasih atas support dan kerja sama dalam pengelolaan sumber energi yang ada di Indonesia terutama di Blok Cepu. EMCL merasa bangga, excited, dan memberikan apresiasi atas keberhasilan proyek sebelumnya (Lapangan Banyuurip), dimana proyek tersebut dapat melampaui target yang telah ditentukan. Untuk Lapangan Gas JTB, dinilai merupakan proyek besar yang penuh dengan tantangan, maka dia berharap agar bisa meningkatkan kerjasama dengan lebih baik dan menggunakan profesionalisme tinggi agar pengerjaaan proyek sesuai dengan perencanaan.

Seperti diketahui, Lapangan Gas Jambaran-Tiung Biru (JTB) merupakan lapangan unitisasi antara lapangan Jambaran yang masuk wilayah kerja (WK) Cepu dan lapangan Tiung Biru yang masuk WK Pertamina EP. Berdasarkan Surat Menteri MESDM No. 9/13/MEM.M/2017 kepada Dirut PT Pertamina (Persero) pada tanggal 3 Januari 2017 perihal pengembangan Lapangan JTB, dan tanggapan Surat Dirut PT Pertamina (Persero) No. 012/C00000/2017-SO kepada MESDM pada tanggal 13 Januari 2017 perihal pengembangan lapangan JTB, bahwa PT Pertamina (Persero) c.q. PEPC selaku operator lapangan JTB siap secara penuh melaksanakan pengembangan lapangan JTB.

Pertamina terus berupaya melakukan efisiensi agar harga gas dari JTB dapat memenuhi harapan pasar. Dengan berbagai langkah efisiensi, PEPC berhasil memangkas Capex dari POD Revisi 2015 senilai USD 2.056 Juta menjadi USD 1.547 Juta (tidak termasuk nilai akuisisi alih kelola) dan nantinya kapasitas dari plant yang akan dibangun sebesar 330 MMSCFD dengan mendapatkan produksi sales gas sebesar 172 MMSCFD dan masa plateau 16 tahun. Proyek JTB diperkirakan dapat memberikan lapangan pekerjaan bagi sekitar 6.000 tenaga kerja pada puncak pelaksanaan proyek. [ito/mad]

Tag : Migas, Gas, Lapangan JTB, PEPC, EMCL



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat