14:00 . Peringatan HUT IBI, Layani KB MKJP Serentak di 6 Kecamatan   |   13:00 . Swiwings Express Hadir di Bojonegoro Jadi Spesialis Sayap   |   12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |   19:00 . Serap Aspirasi, Bupati Anna Diskusi Langsung dengan BEM dan Ormawa   |   18:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Melakukan Rekayasa Lalin di Jembatan Glendeng   |   17:00 . Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri   |   16:00 . Akses Jembatan Glendeng Sudah Ditutup, Masih Ada Pengguna Jalan yang Nyelonong   |   15:00 . Satu Data Bojonegoro Bisa Menjadi Rujukan Jurnalis dan Peneliti   |   13:00 . Channel Kisah Tanah Jawa Kuak Sejarah dan Kemistisan Jembatan Kaliketek   |   09:00 . Semua Di-handle Teknologi, Tugas Pelajar Apa?   |  
Sun, 22 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pilkada Bojonegoro 2018

Netral, AJI Bojonegoro Larang Wartawan Jadi Tim Sukses

blokbojonegoro.com | Friday, 09 February 2018 19:00

Netral, AJI Bojonegoro Larang Wartawan Jadi Tim Sukses

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bojonegoro yang berlangsung 27 Juni 2017, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bojonegoro menyerukan netralitas serta melarang wartawan menjadi tim sukses salah satu pasangan calon.

Sekretaris AJI Bojonegoro Khorij Zainal Asrori mengatakan, jurnalis yang ikut mendukung, apalagi menjadi tim sukses salah satu calon maka hal itu sudah menciderai profesi jurnalis. Pasalnya sesuai dengan prinsip kode etik jurnalistik, fungsi pers adalah untuk kepentingan publik, bukan untuk golongan tertentu.

"Jurnalis harus professional dan independen, bukan corong kampanye kelompok politik tertentu. Bahkan berdasarkan temuan AJI Bojonegoro, diduga ada sejumlah oknum jurnalis yang ikut terlibat dalam pusaran politik praktis, baik mendukung atau menjadi tim sukses salah satu Calon Bupati dan Wakil Bupati Bojonegoro," tutur Khorij yang menyayangkan hal tersebut.

Ditambahkan, momen Pilkada Bojonegoro akan menjadi ujian independensi bagi para jurnalis. Sebab ajang perebutan kekuasaan tahun ini rawan terjadi 'perselingkuhan' bagi media dan jurnalis dengan kontestan Pilkada. "Jika hal tersebut dilakukan, tentu yang rugi adalah masyarakat," imbuhnya.

Sesuai Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers disebutkan, jurnalis dilarang menerima suap serta harus bebas dari intervensi kepentingan politik yang berdampak pada proses pembuatan berita.

Hal tersebut ditegaskan kembali oleh Dewan Pers yang mengeluarkan Surat Edaran (SE) nomor 01/SE-DP/I/2018 tentang Posisi Media dan Imparsialitas Jurnalis dalam Pilkada 2018 dan Pemilu 2019, bahwa seorang jurnalis harus melepaskan profesinya jika maju sebagai kandidat maupun tim sukses.

"Netralitas seorang jurnalis mutlak harus dilakukan karena hal tersebut bisa berpengaruh terhadap produk jurnalistik yang dihasilkan," pungkasnya. [zid/lis]

Tag : pers, wartawan, netral



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat