15:00 . Merajut Harapan, Meraih Masa Depan   |   13:00 . Pasca Lebaran, Ratusan Warga Bojonegoro Ajukan Cerai   |   12:00 . Laka Karambol, Pemotor di Bojonegoro Meninggal Tergencet Truk Box   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Peringkat Kategori Laporan LPPD Tingkat Nasional   |   15:00 . 1.543 Calon Jemaah Haji Bojonegoro Ikuti Manasik Haji   |   14:00 . Jelang Pilkada Bojonegoro, PKS Rapatkan Barisan   |   13:00 . Dramatis, Petugas Damkar Dihadang Anjing saat Hendak Evakuasi Jasad Majikan   |   12:00 . Inilah Pemenang Duta Pemuda Pelopor Kabupaten Bojonegoro Tahun 2024   |   11:00 . Ikrar Setia ke NKRI, Napi Teroris di Lapas Bojonegoro Dibebaskan Bersyarat   |   18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   09:00 . Berikut ini Nama Finalis Seleksi Duta Pemuda Pelopor Bojonegoro Tahun 2024   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |  
Sat, 27 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Payudara Anda Gatal? Mungkin Ini Penyebabnya

blokbojonegoro.com | Saturday, 31 March 2018 07:00

Payudara Anda Gatal? Mungkin Ini Penyebabnya

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Gatal, tak nyaman, dan situasi yang membuat Anda ingin terus menggaruk; pernahkah Anda merasakan semua ini pada area payudara?

Memang, payudara yang gatal bisa sangat mengganggu. Terutama, saat tengah melakukan aktivitas, berada di tempat umum dan Anda harus menahan untuk menggaruknya. Hal tersebut tentu sangat menyebalkan.
Namun, apakah normal jika payudara terasa gatal?

“Perempuan biasanya merasa gatal di bagian puting atau bawah payudara. Terkadang bukan hanya gatal, namun sensasi terbakar,” jelas Gary Goldenberg, M.D., Assistant Professor of Dermatology, seperti dikutip SELF.

Yuk simak 5 penyebab payudara Anda bisa terasa gatal!

1. Eczema dan Psoriasis


Eczema merupakan kondisi penyakit kronis yang bisa menyebabkan kulit menjadi kering, gatal, dan kemerah-merahan. Pada beberapa kasus hal tersebut bisa terjadi di bagian bawah payudara Anda.

“Jika bagian payudara berwarna kemerah-merahan dan gatal, eczema bisa menjadi penyebabnya,” jelas Jack Jacoub, M.D., Medical Oncologist dari Amerika Serikat.

Selain eczema, terdapat kondisi lain bernama psoriasis. Penyakit ini menyebabkan kulit payudara Anda kering dan berkerak, terkadang bahkan mengelupas.

2. Sabun, deterjen, jenis kain yang tidak cocok


Kulit payudara Anda bisa saja sensitif terhadap suatu hal dan menyebabkan gatal-gatal. Termasuk sabun, deterjen, atau kain sprei untuk Anda tidur.

“Bahkan, parfum pun bisa menjadi tersangka utama payudara Anda gatal jika terkena kontak secara langsung,” tambah Dr. Goldenberg.

3. Infeksi jamur


Secara umum, infeksi pada jamur seringkali terjadi pada vagina Anda. Namun, tak menutup kemungkinan infeksi yang disebabkan oleh jamur ini terjadi di bagian bawah payudara Anda.

“Infeksi ini biasanya terjadi saat payudara Anda terlalu lembap yang menyebabkan jamur untuk berkembang. Maka pastikan untuk selalu menjaga payudara Anda lembap secukupnya dan bebas keringat,” jelasnya.

4. Anda belum mencuci bra


Seberapa sering Anda mencuci bra? Memang, idealnya mencuci bra bisa dilakukan setelah 2-3 kali pakai. Namun, jika dirasa Anda berkeringat berlebihan, maka segera cuci bra tersebut.

Alasannya, agar kotoran tidak menumpuk, lalu menjadi sarang untuk bakteri berkembang yang menyebabkan payudara Anda gatal.

5. Kasus yang paling langka, karena kanker

Payudara gatal berlebihan juga bisa menjadi gejala terjadinya kanker payudara. Meski terbilang langka, menurut penjelasan Dennis Holmes, M.D., Ahli Bedah Kanker Payudara, biasanya gejala lainnya diiikuti dengan kulit yang mengelupas, rasa sakit berlebihan, dan sensasi panas.

Namun, tak perlu khawatir karena kondisi ini amatlah langka. Meski demikian, tak ada salahnya untuk segera periksakan ke dokter jika gatal di payudara Anda terkesan berlebihan.

*Sumber: kompas.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat