19:00 . Ratusan Penari Thengul Meriahkan Kemah Budaya   |   18:00 . Dies Natalis, Bupati Bojonegoro Terima Penghargaan dari Unesa   |   17:00 . Disperinaker Bojonegoro Belum Terima Data Naker JTB Terbaru   |   16:00 . Semarak Bulan Kemerdekaan, PEPC JTB Gelar Sepakbola Persahabatan   |   15:00 . Turun Lagi, Harga Emas Ukuran 0,5 Gram Kini Dipatok Rp544.000   |   14:00 . Semarak HUT RI Ke-77, Perhutani KPH Parengan Gelar Lomba Karaoke   |   13:00 . 988 Siswa Madrasah Se-Kabupaten Bojonegoro Ikuti Kompetisi Sains Madrasah   |   10:00 . Meriahnya Kemah Budaya Bareng Kampoeng Thengul   |   09:00 . Condromowo Kalahkan Sumurgung Legend di Fun Football Talun 2022   |   08:00 . Prakiraan Cuaca di Kabupaten Bojonegoro Hari Senin   |   07:00 . Gula Bikin Ketagihan, Inilah 4 Kondisi Umum yang Membuat Kamu Ingin Makanan Manis   |   20:00 . Dua Kali diguyur Hujan, Peserta Jamcab XII Bojonegoro Tetap Semangat   |   19:00 . Meriah, 200 Penari Thengul Warnai Kemah Budaya Margomulyo 2022   |   18:00 . Bangkitkan Kreatifitas, SMK Taruna Balen Adakan Kontes Modifikasi Motor   |   15:00 . Peringatan Hari Pramuka, Kwarcab Bojonegoro Gelar Jambore Cabang   |  
Mon, 15 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Jembatang Widang-Babat Ambruk

BBPJN V Fokus Angkat Jembatan yang Rusak

blokbojonegoro.com | Saturday, 21 April 2018 15:00

BBPJN V Fokus Angkat Jembatan yang Rusak

Reporter: Sri Wiyono / blokTuban.com

blokBojonegoro.com - Setelah proses evakuasi tiga truk besar yang kecebur sungai selesai, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) V Surabaya fokus untuk mengangkat bangkai jembatan yang sudah enam hari mangkrak.

Sebagian bangkai jembatan penghubung jalur nasional Babat-Tuban itu terendam air, karena sebagian besi jembatan menghujam ke dasar sungai. Pengangkatan bangkai jembatan dikebut agar perbaikan jembatan segera bisa dilaksanakan.

‘’Kita saat ini fokus untuk mengangkat jembatan yang rusak tersebut,’’ ujar Pejabat Pembuat komitmen (PPK) BBPJN V Surabaya Tugiman Sabtu (21/4/2018).

Dia mengatakan, meski penyebab pasti runtuhnya jembatan yang diresmikan presiden Soeharto pada 1980 silam masih diteliti, namun mengembalikan akses jalan menjadi prioritasnya.

Sebab, putusnya jembatan itu mengakibatkan dampak yang besar. Salah satunya adalah terganggunya arus lalu lintas. Hal itu menyebabkan terganggunya mobilitas ekonomi dan perdagangan.

Sebab, jalur utama itu selama ini menopang aktivitas perekonomian di wilayah pantura. Meski masih ada jalan Daendels yang bisa dijadikan jalur alternatif, namun jaraknya terlalu jauh. Sehingga jarak tempuh semakin panjang, dan secara ekonomi biaya membengkak.

‘’Kita upayakan untuk sesegera mungkin memulihkan jalur,’’ tambahnya.

Data di lapangan, lanjut Tugiman, kerusakan jembatan itu terjadi di ruas Tuban–Widang di KM  BY 72 + 240. Bangunan jembatan atas terbuat dari rangka baja Callender Hamilton tipe A. Panjang total jembatan 260 meter yang terbagi menjadi empat ruas dengan masing-masing ruas 55 meter, ditambah 40 meter.

Lebar jembatan 7 meter, belum termasuk trotoar di kanan dan kiri. Bangunan pondasi terbuat dari tiang pancang beton. Sejak diresmikan tahun 1980 an, jembatan ini sering mendapat perbaikan.

‘’Nanti jembatan akan diganti. Saat ini sedang disiapkan,’’ terang dia.

Jembatan yang dikenal dengan nama jembatan Cincin Lama ini masuk dalam paket Preservasi Rehabilitasi Jembatan Tuban–Babat–Lamongan–Gresik. Kontrak untuk perbaikan jembatan itu sudah dibuat sebelum jembatan ambruk.

‘’Sudah masuk dalam perencanaan kami. Karena kontrak untuk pekerjaan rehabilitasi itu suda dibuat sejak 4 April lalu. Nanti jembatan akan diperbaiki permanen,’’ katanya. [ono]

Tag : jembatan babat ambruk, jembatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat