23:00 . Inilah Jejak Karier DR. Didik Farkhan Alisyahdi, Kajati Banten   |   22:00 . Didik Farkhan, Putera Terbaik Bojonegoro Jabat Kajati Banten   |   20:00 . IHC RSPP Jadi Bagian Mayo Clinic Care Network   |   16:00 . Limbah Sampah di TPA Diolah Jadi Bensin dan Solar   |   14:00 . Selama Tahun 2022, PETI Dominasi Kasus Hukum Sektor Pertambangan Minerba   |   13:00 . Diberangkatkan Bupati, STIKES Rajekwesi Mulai KKN Tematik Desa Tangguh   |   07:00 . 7 Cara Bersyukur Setiap Hari, Hidup Akan Lebih Bahagia   |   23:00 . Libatkan Puluhan Pekerja Kreatif dan Ratusan Ekstras asli Bojonegoro   |   22:00 . Tangis Haru Mbah Painem Asal Gondang Bisa Masuk Film Internasional   |   20:00 . Tayang Perdana di Bojonegoro, Film Autobiography Disambut Warga   |   19:00 . Jalan Utara Pasar Kota Bojonegoro Jadi Dua Arah, Dishub : Murni Program Pemkab   |   18:00 . Benarkah Pedagang Pasar Wisata Akan Ditarik Iuran Rp200 Ribu?   |   16:00 . Angka Partisipasi Daftar PPS Tinggi, KPU Provinsi Jatim Beri Apresiasi   |   15:00 . Healing Budget Minimalis, Nikmati Kopi Senja di Flyover Gayam   |   14:00 . Kiai Afifuddin Muhajir: Piagam PBB dalam Bingkai Syariat; Serial Halaqah Fikih Peradaban Lirboyo   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mencari Solusi Problematika Petani Hutan, SEC Gelar Seminar

blokbojonegoro.com | Monday, 10 December 2018 08:00

Mencari Solusi Problematika Petani Hutan, SEC Gelar Seminar

Reporter: M. Safuan

blokBojonegoro.com - Hampir sebagian besar wilayah Kabupaten Bojonegoro berada di kawasan hutan. Banyak pula desa-desa yang di dalam hutan dengan akses ke kawasan membutuhkan waktu dan tenaga ekstra dibanding dengan desa lainnya.

Di desa-desa yang berada di kawasan hutan, mayoritas warga bekerja sebagai petani pesanggem atau penggarap lahan hutan milik Perhutani. Dalam proses penggarapan lahan itu, antara desa satu dengan yang lainnya menggunakan sistem yang berbeda. Ada yang harus membagi hasil panen dengan Perhutani, ada juga yang harus mengeluarkan biaya sewa cukup tinggi karena tanah yang digarap ternyata bukan lahan kawasan hutan. Padahal, Lahan garapan adalah salah satu harapan utama bagi petani untuk bertahan hidup.

Hal itu, adalah salah satu probelematika petani hutan di Bojonegoro. Sehingga, Non Government Organization (NGO) Society Education Centre (SEC) Bojonegoro menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema 'Problematika Petani Hutan; Pendidikan dan Agraria', Senin (10/12/2018) siang nanti.

Ketua SEC, Parto Sasmito menjelaskan, selain terkait lahan garapan, problem lainnya yang dihadapi petani hutan adalah pendidikan. Secara formal, rata-rata pendidikan para petani hutan adalah lulusan SMP atau di bawahnya.

"Akses juga kendala. Meski ada sekolah, namun pada kondisi tertentu tenaga pengajar tidak berangkat untuk mengajar. Sehingga ketika jam sekolah para siswa tidak mendapatkan pelajaran," papar alunmi IKIP PGRI Bojonegoro itu.

Sementara itu, Koordinator Acara, Ali Ibrohim menyampaikan, dalam seminar ini, mengundang Bupati Bojonegoro, Dr. Hj. Anna Mu'awanah sebagai keynote speaker. Kemudian ada 4 narasumber yang akan menyampaikan pandangan dan data masing-masing, serta mencari solusi terbaik terkait problem petani hutan.

Di antaranya narasumber yang sudah terkonfirmasi yang bakal hadir ada dari Aliansi Gerakan Reforma Agraria (AGRA) Indonesia, Perum Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bojonegoro, Slamet Juwanto Wakil Adm Tengah, Anggota DPRD Bojonegoro, Anam Warsito dan akademisi dari UINSA Surabaya, Nuril Huda.

"Peserta dari perwakilan petani hutan dan mahasiswa dari berbagai kampus di Bojonegoro. Total sekitar 35 peserta lebih. Karena konfirmasi ada yang hadir bersama 3 sampai 5 orang dari undangan," jelas pemuda asal Desa Prambatan, Kecamatan Balen ini.

Seminar akan dilaksanakan di lantai 2 gedung Pusat Pengembangan Industri Kreatif (PPIK), jalan Veteran Bojonegoro mulai pukul 13.00 sampai 16.00 WIB. [saf/mu]

Tag : seminar, nasional, perhutani, sec, bojonegoro, agra, agraria, petani



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 24 January 2023 08:00

    Manfaat Belajar Matematika

    Manfaat Belajar Matematika Matematika adalah ilmu pengetahuan yang banyak membahas tentang angka dan bilangan. Materinya yang sulit dipahami dan banyaknya rumus yang harus diingat, membuat tidak semua orang menyukai matematika, bahkan membencinya. Dibutuhkan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Friday, 23 December 2022 12:00

    Pengumuman Lelang Terbuka

    Pengumuman Lelang Terbuka Dalam rangka pelaksanaan kegiatan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Perusahaan, PT. Asri Dharma Sejahtera Tahun 2022, dengan ini tim pengadaan jasa kontruksi melakukan lelang terbuka dengan kualifikasi pekerjaan sebagai berikut...

    read more