18:00 . HPN 2024, PWI Bojonegoro Gelar Seminar Literasi Media dalam Mengawal Clean and Good Governance   |   13:00 . PJ Bupati Adriyanto Launching Program Paman Sehati   |   12:00 . Penambang Pasir di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Bawah Jembatan Kare   |   15:00 . Sudahkah Pancasila sebagai Pondasi Pendidikan Selaras dengan Implementasinya   |   13:00 . Bojonegoro Jadi Tuan Rumah Pertemuan Rutin PKK, DWP, Perwosi se-Bakorwil II   |   17:00 . Perahu Penambang Pasir di Bojonegoro Tenggelam, Satu Penumpang Hilang   |   15:00 . 44 Peserta Ikuti Seleksi Duta Pemuda Pelopor Tahun 2024   |   13:00 . 106 Kontingen LKS Bojonegoro-Tuban Bertarung di Provinsi   |   10:00 . Sukses Gelar Ramadan Heppiii, Kartar di Bojonegoro Bangun Fasum hingga Turnamen ML   |   17:00 . Ngopi Bareng Ojol, Kanit Kamsel Satlantas Polres Bojonegoro Sampaikan Pesan Ini   |   12:00 . Menyemai Asih, Merawat Asuh, Merajut Asah Menuju Terbitnya Generasi Fajar   |   13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |  
Thu, 25 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Antisipasi Banjir, Ini yang Dilakukan Warga Desa Ngradin dan Koramil 0813-11

blokbojonegoro.com | Friday, 21 December 2018 21:00

Antisipasi Banjir, Ini yang Dilakukan Warga Desa Ngradin dan Koramil 0813-11

Kontributor: M Safuan

blokBojonegoro.com - Intensitas hujan di Kabupaten Bojonegoro belakangan ini, memang cukup tinggi. Mengantisipasi bencana yang kerap terjadi saat musim penghujan, Babinsa Koramil 0813-11 Padangan bersama warga di Desa Ngradin, Kecamatan Padangan bergotong royong bersama membersihkan saluran air di wilayah desa setempat.

Seperti yang dilakukan, Jumat (21/12/2018) Banbinsa Koramil 0813-11 dan warga desa setempat melakukan pembersihan dan pembenahan saluran air menuju waduk Ngradin agar aliran air menuju waduk tidak tersumbat.

Serda Ngadiono mengatakan, pembenahan dan pembersihan saluran air ini dilaksanakan guna menambah ketinggian tanggul saluran air menuju waduk sekaligus menjaga area sekitar saluran air tersebut.

"Selain itu, memperkuat tanggul penahan tanah (TPT), agar saat curah hujan tinggi bisa menampung debit air lebih banyak sebagai antisipasi banjir," ujarnya.

Dirinya menambahkan, dengan pembenahan dan pembersihan ini diharapkan bisa menyerap air dan kondisi sekitar waduk tidak mudah ambles. Pasalnya air waduk tersebut bisa dipakai untuk mengairi lahan persawahan warga desa setempat.

Kegiatan yang dilakukan oleh Babinsa Koramil Padangan ini, memang cukup membantu warga desa setempat. Pasalnya dengan pembenahan saluran air itu nantinya air hujan bisa mengalir ke waduk secara lancar sekaligus bisa nantinya air tersebut bisa digunakan untuk area persawahan.

"Kegiatan ini sangat membantu bagi warga desa, terlebih lagi saat ini sudah memasuki musim penghujan," ujar Maksum (40) warga desa Ngradin.

Diharapapkan dengan kegiatan pembersihan dan pembenahan TPT tidak hanya dilakukan saat musim hujan, namun juga bisa dilakukan sesering mungkin sehingga saluran air desa setempat bebas banjir.[saf/lis]

 

Tag : banjir, waduk, warga



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat