18:00 . Pakar Stikosa AWS: Gen Z dalam Pilkada 2024 Jangan hanya Dijadikan Obyek!   |   10:00 . Pamit Berjemur di Depan Rumah, Pria di Bojonegoro Ditemukan Meninggal di Irigasi   |   09:00 . Polsek Kapas Sita Belasan Liter Miras saat Razia   |   08:00 . Klinik Aswaja, dari Forum Konsultasi Mahasiswa Unugiri Hingga 'Nguri-Nguri' Ngaji   |   21:00 . Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   20:00 . Rugby UNUGIRI Bojonegoro Raih Juara 3 Kejurnas Mahasiswa di Surabaya   |   19:00 . Lomba Mewarnai, Ramaikan Harlah YPSPP Ulul Albab Plesungan   |   18:00 . Presiden Jokowi Teken PP Nomor 21 Tahun 2024 tentang Tapera   |   17:00 . Berantas Rokok Ilegal, Satpol-PP Jatim Sosialisasi di Bojonegoro   |   14:00 . Selama Penyidikan, Kejari Periksa 150 Kades di Bojonegoro Soal Mobil Siaga   |   10:00 . KPU Bojonegoro Lantik 1.290 PPS untuk Pilkada 2024   |   09:00 . Sebuah Pesan untuk Guru dan Siswa   |   08:00 . Jamaah Haji Meninggal di Masjidil Haram, Kemenag Bojonegoro Kunjungi Rumah Duka   |   07:00 . Kenakan Pakaian Adat, MIN 1 Bojonegoro Lepas 159 Siswa   |   20:00 . Gali Potensi Istimewa Mahasiswa, BEM KM UNUGIRI Adakan Kajian Filsafat   |  
Thu, 30 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tahun Baru, Momentum Gembong Singo Joyo Lestarikan Seni

blokbojonegoro.com | Tuesday, 01 January 2019 19:30

Tahun Baru, Momentum Gembong Singo Joyo Lestarikan Seni

Kontributor: Sutopo

blokBojonegoro.com -  Banyak masyarakat merayakan tahun baru 2019 dengan liburan di tempat wisata. Namun, sebagian komunitas seni di Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menggelar pentas kesenian reog dan jaranan di lapangan kecamatan setempat, Selasa (1/1/2019).

Pementasan kesenian budaya Jawa ini dimeriahkan oleh grup seni "Gembong Singo Joyo" yang merupakan grup seni kecamatan setempat. Puluhan tokoh perwayangan menari dan beratraksi, bahkan ada yang kesurupan memakan bunga, kemenyan, dan beling.

Diketahui, pertunjukan seni reog dan jaranan ini mendapat antusias dari masyarakat. Terlihat ribuan masyarakat memadati lapangan dengan memutari area pementasan untuk menyaksikan pertunjukan kesenian tersebut. 

Dalam kesempatan ini, anggota Lemhamnas Urip Utomo menyampaikan dukungannya terhadap pelestarian seni di lingkungan masyarakat. Terutama petumbuhan seni di wilayah Kecamatan Kedungadem.

"Saya sangat konsen terhadap seni kebudayaan asli Indonesia. Yang jadi kebanggan saya disini adalah para pemain reog dan jaranan berlangsung turun temurun sampai tiga generasi," kata Urip.

Dikatakan, seni bisa menjadi alat perekat persatuan antar warga. Dan sekaligus menjadi penggugah cipta karsa anak-anak muda sehingga budaya warisan leluhur yang sempat diklaim negara tetangga, seperti kesenian reog dan ludruk dapat dipertahankan dan tetap menjadi hak cipta Bangsa Indonesia.

"Bahkan kesenian tersebut sempat diganti nama menjadi kesenian barongan dan drama modern oleh Negara Malaysia," tuturnya.

Ia berharap supaya anak-anak muda jangan sampai larut kedalam dunia sosial media terlalu berlebihan. Namun, mulai belajar mengenal jati diri bangsa lewat kesenian.

"Belajar kesenian sangat penting bagi generasi muda untuk mengenali jati diri bangsanya dan olah budaya dari nenek moyang sendiri. Semoga kesenian ini tetap bisa lestari dan menjadi alat pemersatu antar warga," tuturnya. [top/lis]

 

Tag : tahun baru, liburan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat