15:00 . Kerjasama Perhutani dan Kimia Farma Surabaya Gelar Vaksinasi untuk Masyarakat Umum   |   14:00 . PDM Bojonegoro Tetapkan 10 Dzulhijjah Jatuh 9 Juli 2022   |   12:00 . Satpol PP Jatim Beri Pelatihan Satgas Linmas Wilayah Bakorwil Bojonegoro   |   08:00 . PBNU Tetapkan Awal Dzulhijjah 1 Juli 2022   |   07:00 . Stres Selama Kehamilan Pengaruhi Jenis Kelamin Anak, Ini   |   17:00 . Kunjungi Donggala, Mendag Zulkifli Hasan: Pastikan Fokusnya Bukan Hanya Pulau Jawa   |   16:00 . Penentuan Idul Adha, LFNU Bojonegoro Menunggu Hasil Istbat   |   15:00 . Bojonegoro Siap Jika Ditunjuk Sebagai Pemilik Aset Jembatan Glendeng   |   14:00 . Tahun Ajaran Baru Segera Dimulai, Bersiap Terapkan Kurikulum Merdeka Belajar   |   13:00 . Perpusgatda dan Dunia Imajinasi Ajak Anak-Anak Bermain Sambil Belajar   |   09:00 . Per Juli Beli Pertalite Lewat MyPertamina, Daerah Kamu Salah Satunya?   |   08:00 . Bupati Bojonegoro Bersedia Terima Aset Jembatan Glendeng, Bupati Tuban Absen Rapat   |   07:00 . Alergi pada Anak, Ini Cara Memperkuat Barrier Tubuhnya   |   20:00 . Kontingen Bojonegoro Tambah Tiga Medali   |   19:00 . Mendag Zulhas Bertemu Dubes Amerika Serikat, Sepakat Pererat Hubungan Ekonomi di Kawasan Indo-Pasifik   |  
Thu, 30 June 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tahun Baru, Momentum Gembong Singo Joyo Lestarikan Seni

blokbojonegoro.com | Tuesday, 01 January 2019 19:30

Tahun Baru, Momentum Gembong Singo Joyo Lestarikan Seni

Kontributor: Sutopo

blokBojonegoro.com -  Banyak masyarakat merayakan tahun baru 2019 dengan liburan di tempat wisata. Namun, sebagian komunitas seni di Kecamatan Kedungadem, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur menggelar pentas kesenian reog dan jaranan di lapangan kecamatan setempat, Selasa (1/1/2019).

Pementasan kesenian budaya Jawa ini dimeriahkan oleh grup seni "Gembong Singo Joyo" yang merupakan grup seni kecamatan setempat. Puluhan tokoh perwayangan menari dan beratraksi, bahkan ada yang kesurupan memakan bunga, kemenyan, dan beling.

Diketahui, pertunjukan seni reog dan jaranan ini mendapat antusias dari masyarakat. Terlihat ribuan masyarakat memadati lapangan dengan memutari area pementasan untuk menyaksikan pertunjukan kesenian tersebut. 

Dalam kesempatan ini, anggota Lemhamnas Urip Utomo menyampaikan dukungannya terhadap pelestarian seni di lingkungan masyarakat. Terutama petumbuhan seni di wilayah Kecamatan Kedungadem.

"Saya sangat konsen terhadap seni kebudayaan asli Indonesia. Yang jadi kebanggan saya disini adalah para pemain reog dan jaranan berlangsung turun temurun sampai tiga generasi," kata Urip.

Dikatakan, seni bisa menjadi alat perekat persatuan antar warga. Dan sekaligus menjadi penggugah cipta karsa anak-anak muda sehingga budaya warisan leluhur yang sempat diklaim negara tetangga, seperti kesenian reog dan ludruk dapat dipertahankan dan tetap menjadi hak cipta Bangsa Indonesia.

"Bahkan kesenian tersebut sempat diganti nama menjadi kesenian barongan dan drama modern oleh Negara Malaysia," tuturnya.

Ia berharap supaya anak-anak muda jangan sampai larut kedalam dunia sosial media terlalu berlebihan. Namun, mulai belajar mengenal jati diri bangsa lewat kesenian.

"Belajar kesenian sangat penting bagi generasi muda untuk mengenali jati diri bangsanya dan olah budaya dari nenek moyang sendiri. Semoga kesenian ini tetap bisa lestari dan menjadi alat pemersatu antar warga," tuturnya. [top/lis]

 

Tag : tahun baru, liburan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat