11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |   18:00 . Puncak Arus Balik, 19 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Daop 8 Surabaya   |   20:00 . 165 Napi di Lapas Bojonegoro Terima Remisi Idul Fitri   |   16:00 . Pemkab Bojonegoro Sediakan Rest Area Bagi Pemudik   |   14:00 . Jalur Bojonegoro-Babat Padat Merayap, Kasat Lantas : Mudik Lokal   |  
Tue, 16 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mengenal Kandungan Suplemen Otak

blokbojonegoro.com | Friday, 22 March 2019 07:00

Mengenal Kandungan Suplemen Otak

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Pasti kamu sudah tidak asing dengan suplemen otak yang biasa dijual di apotek-apotek. Promosi yang sering diberikan dari suplemen tersebut adalah untuk meningkatkan konsentrasi dan fokus sehingga mampu mengoptimalkna kinerja, serta mampu menangkal penyakit degeneratif, seperti demensia atau Penyakit Alzheimer.

Tapi apakah hal tersebut benar dan suplemen vitamin seperti apa yang terbukti berhasil dan berpengaruh terhadap kognitif kamu? Berikut ulasannya, seperti yang dipaparkan Neurosaintis spesialis nutrisi, Nicole Avena Ph.D pada Psychology Today.

Vitamin B

Kamu mungkin tahu hubungan antara vitamin B dan penurunan kognitif. Singkatnya, meningkatkan asupan vitamin B Anda, khususnya folat, dapat mengurangi risiko kamu terkena demensia di kemudian hari.

Vitamin B ditemukan di sebagian besar suplemen multi-vitamin tetapi terkadang kamu mungkin mendapat manfaat dari mengonsumsi suplemen B-12 atau B-6. Ini larut dalam air, yang berarti bahwa apa yang tidak diserap akan keluar dalam urin Anda, sehingga ada sedikit kekhawatiran tentang vitamin yang menumpuk di sistem tubuhmu dan menimbulkan masalah toksisitas.

Karnitin

Juga termasuk didalamnya L-karnitin, asetil-L karnitin, propionil-L karnitin, suplemen ini tidak secara langsung mempengaruhi otak. Tetapi karnitin memainkan peran penting dalam mitokondria, sumber produksi energi di setiap sel.

Karnitin penting karena ada kemungkinan hubungan antara penuaan dan penurunan fungsi mitokondria. Penelitian saat ini menunjukkan bahwa suplemen asetil-L karnitin dapat meningkatkan fungsi mental dan menipiskan penurunan kognitif pada orang dewasa.

Bacopa Monnieri

Ramuan India ini telah diteliti dalam jumlah yang cukup pada manusia dan penelitian menunjukkan bahwa ekstrak Bacopa monnieri dapat meningkatkan fungsi kognitif.

Bacopa Monnieri memiliki sifat antioksidan yang dapat berfungsi untuk melindungi otak kita dari kerusakan oksidatif, sehingga memperlambat proses penurunan kognitif.

Rhodiola Rosea

Sebagai tanaman medis, Ekstrak Rhodiola berkhasiat menghilangkan stres dan mengurangi kelelahan. Semakin banyak penelitian mengungkapkan hubungan antara suplementasi Rhodiola dan potensi penggunaannya dalam pencegahan penurunan kognitif, baik terkait usia dan stres. Meskipun belum ada yang dapat mengatakan bahwa Rhodiola pasti akan meningkatkan fungsi kognitif kamu, tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Campuran

Selain yang disebutkan, ada satu ton herbal dan ekstrak tumbuhan lain yang sering muncul dalam suplemen yang bertujuan meningkatkan fungsi kognitif, seperti Akar Ashwaganda, Mukus Puriens, Asam Alfa Lipoat, Fosfatidilserin, dan Fistein.

Manfaat ramuan ini bisa dirasakan dan dilihat lebih baik efeknya, jika digabungkan dengan unsur lain. Untuk alasan ini, kamu mungkin ingin memilih campuran daripada mencoba ramuan dan suplemen individu.

Ingatlah bahwa ketika memilih suplemen, penting untuk memilih suplemen yang juga telah diuji pihak ketiga, sehingga kamu dapat yakin suplemen tersebut mengandung bahan dan jumlah yang sesuai dan tercantum.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan, tips, trik



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat