07:00 . Dear Parents, Ini Lima Langkah Mendidik Anak Cerdas dan Sukses di Masa Depan   |   21:00 . Pengalaman Meresahkan Saat Nomor Dijaminkan Orang Asing untuk Pinjol   |   20:00 . Jagung Mahal Saat Panen Raya,Petani Senang   |   19:00 . Sukseskan Vaksinasi Lansia, Banjarsari Gunakan Bus Tayo untuk Antar Jemput   |   18:00 . Brain Challenge, Sarana Asah Kemampuan Logika Generasi Milenial   |   17:00 . Wabup Dukung Kampung Tangguh Covid dan Narkoba di Bojonegoro   |   16:00 . Kecelakaan di Sukowati, Pemotor Meninggal Seketika   |   16:00 . Varian Baru Covid Ditemukan di Bojonegoro Bupati Imbau Warga Patuhi Prokes   |   15:00 . Pembeli di Giant Keluhkan Diskon, Harga Masih Mahal   |   14:00 . Kesulitan Meyakinkan Pemilik Toko, Usaha IRT ini Sukses Melalui Sosial Media   |   12:00 . 1 Warga Bojonegoro Terkonfirmasi Positif Virus Covid-19 Varian Baru   |   10:00 . Berikut ini Peraih Nilai Tertinggi 37 Kursi Perangkat Desa di Kecamatan Sumberrejo   |   07:00 . Akibat Tertutup Masker, Anak-Anak Kesulitan Membaca Emosi   |   06:00 . 8 Pasien Sembuh, Kasus Baru Tambah 10 Orang   |   20:00 . Upaya Preventif Pernikahan Dini Bisa Dilakukan Mulai dari Keluarga   |  
Thu, 17 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Ternyata Selain Menyegarkan, Daun Bambu Juga Menyehatkan

blokbojonegoro.com | Thursday, 04 April 2019 11:00

Ternyata Selain Menyegarkan, Daun Bambu Juga Menyehatkan

Kontributor : Muhammad Qomarudin
 
blokBojonegoro.com - Siapa yang tidak tahu dengan pohon bambu, pohon yang memiliki nama latin Bambusa vulgaris Schrad ini sering kita jumpai di pedesaan. Kebanyakan masyarakat memandang pohon bambu hanya bisa dimanfaatkan batangnya saja, sebagai bahan utama rumah (Peralatan rumah tangga), untuk memasak, dan daunnya dibiarkan begitu saja.
 
Namun, di tangan Adib Nurdiyanto, pria asal Desa Mojodeso, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro ini mampu menyulap daun bambu (Godong Pring) menjadi minuman teh menyegarkan dan tentunya menyehatkan.
 
Berawal dari membaca artikel website salah satu kampus di Kota Malang. Adib, sapaan akrabnya mulai mencoba menerapkan informasi yang didapatnya. Dengan berbekal keuletan dan keyakinan, dirinya mulai mencoba dengan memasukan beberapa bahan inti, seperti daun kenikir, untuk kemudian dicek di lab.
 
"Ya harus dicek dulu apakah larutanya berbahaya atau tidak untuk dikonsumsi, kalau berbahaya bisa berakibat fatal nanti dan saya juga harus mencobanya terlebih dahulu apakah benar-benar aman," ungkap Adib.
 
Setelah benar benar teruji terkait kemananya, Adib kemudian memberikan kepada beberapa orang untuk diminum. Bahkan banyak juga yang tidak menyangkan, bahwa minuman yang menyegarkan tersebut berasal dari daun bambu.
 
Selain itu, Adib juga menjelaskan, daun bambu mengandung banyak zat seperti, Klorofil, Flavonoid, Polisakarida, Asam amino, Mikroelemen dan Potassium. Dengan banyak nya kandungan zat bermanfaat ini, khasiat daun bambu pun tidak perlu diragukan lagi.
 
Selain itu, daun bambu juga memiliki khasiat utama, antara lain untuk kesehatan liver dan membantu penyembuhan penderita demam berdarah. Kemudian pada pertengahan Maret lali Adib melauncing teh daun bambu tersebut, yang kemudian diberi nama Pian Greng. Pian sendiri adalah singkatan untuk Produk Inovasi Adib Nurdiyanto.
 
"Untuk satu botolnya saja jual dengan harga 5000 rupiah dan tidak ada bahan pengawet didalamnya, jadi hanya bisa bertahan sekitar 30 jam saja," pungkas Adib kepada blokBojonegoro.com.[din/ito]

Tag : minuman, sehat, bambu, daun

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more