20:00 . Tradisi Ritual Ijuk Nganten di Sraturejo Tetap Lestari hingga Kini   |   18:00 . M. Sholikhuddin Zuhdi Terpilih Secara Aklamasi Nahkodai BPC HIPMI Bojonegoro Periode 2024-2027   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |  
Sat, 15 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BPBD Imbau Masyarakat Siapkan Diri Jelang Kemarau

blokbojonegoro.com | Thursday, 09 May 2019 09:00

BPBD Imbau Masyarakat Siapkan Diri Jelang Kemarau

Kontributor : Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Musim kemarau tahun 2019 diprediksi bakal berlangsung lebih lama dibanding biasanya. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro mengimbau kepada masing-masing Camat untuk menginformasikan kepada masing-masing desa agar lebih bersiap diri.

Berdasarkan surat edaran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Klimatologi Malang, kemarau bakal terjadi pada dasarian kedua bulan Mei sampai dasarian 20, bulan Agustus 2019. Sebelumnya BMKG memprediksi kemarau bakal terjadi pada dasarian 1 bulan Mei.

"Berdasarkan informasi kemarau tahun ini lebih lama, tetapi kita belum bisa memastikan lantaran belum ada surat edaran dari BMKG, di sisi lain awal musim kemarau juga mundur yang seharusnya dasarian 1 menjadi dasarian 2 bulan Mei, atau tanggal 10 ke atas," ungkap Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Umar Ghoni.

Mundurnya awal kemarau tersebut disebabkan adanya aktivitas Madden Julian Oscilation (MJO) di wilayah Indonesia bagian timur, yang mengakibatkan pembentukan beberapa sirkulasi siklonik di wilayah Laut Sulawesi, perairan utara Jawa Timur dan Laut Arafura, serta adanya daerah pertemuan angin dan belokan angin di wilayah Indonesia.

Untuk mengantisipasi kemarau tahun ini, BPBD juga telah menyiapkan berbagai hal dari penganggaran maupun pemetaan lokasi terdampak kekeringan. Pada tahun 2018 sebanyak 31.845 jiwa dari 20.814 KK di Bojonegoro terdampak kekeringan.

Data tersebut meningkat dibanding tahun 2017 yang hanya berjumlah 29.478 jiwa dari 8.656 KK. Sedangkan dari 10 Kecamatan menjadi 18 Kecamatan, yang menjadikan kecamatan yang seharusnya tidak terdampak menjadi terdampak.

"Tahun 2017 ada 10 Kecamatan, yaitu Ngraho, Kepohbaru, Tambakrejo, Sukosewu, Puwosari, Sumberrejo, Sugihwaras, Temayang, Ngambon dan Kasiman. Untuk tahun 2018 meluas seperti Temayang, Bubulan, Tambakrejo, Ngasem, Baureno, Dander, Trucuk, Malo, Kanor dan Kedungadem," lanjutnya kepada blokBojonegoro.com.

Selain dampak kemarau yang lama, kekeringan di Bojonegoro juga disebabkan berbagai faktor, seperti mulai minimnya penghijauan dan juga letak geografis Kecamatan tersebut yang jauh dari aliran sungai. Sehingga, masyarakat juga harus mempersiapkan diri.

Sebagai upaya untuk mengatasi kekeringan BPBD juga telah menyiapkan 400 tangki truk air untuk kemarau tahun ini. Selain berkerjasama dengan Pemkab Bojonegoro, BPBD juga bekerjasama dengan instansi lain, seperti EMCL untuk ring 1 dan berbagai instansi atau organisasi lainya.

"Kalau untuk sistem pengajuan harus berdasarkan alur yang ada, harus melalui Kepala Desa, Camat masing-masing," tutup Umar Ghoni.[din/lis]

 

Tag : bpbd, kemarau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat