16:00 . Antisipasi Potensi Konflik, Pemdes Berperan Penting Cegah Intoleransi dan Radikalisme   |   15:00 . Tak Kunjung Diperbaiki, Ratusan Sekolah di Bojonegoro Rusak   |   14:00 . Kepolisian: Jika Ingin Adopsi Bayi Bisa Hubungi Dinsos   |   11:00 . Kemenag Bojonegoro Datangkan 10 Ribu Pasang Buku Nikah   |   10:00 . Produk BBM yang Dinikmati Masyarakat Pasti Sesuai Spek, Ini 7 Proses Quality Control Pertamina   |   09:00 . Pergantian Pejabat di PT Kilang Pertamina Internasional : Bukti Legacy Kepemimpinan   |   08:00 . Polres Bojonegoro Bersama Perum Perhutani Tandatangani Perjanjian Kerjasama   |   07:00 . Pro Kontra Esteh Indonesia Tinggi Gula, Ketua PDGI Sampai Angkat Bicara   |   20:00 . Program RPL Pemkab Anggarkan Rp10,8 Miliar   |   19:00 . Kunjungi Bojonegoro, Kabidokkes Polda Jatim Beri Santunan ke Masyarakat   |   18:00 . Masuk Musim Panen, Harga Cabai Turun Drastis   |   17:00 . Banyak Perempuan Kuliah Ketimbang Nganggur, Ismail Fahmi: Mari Diubah Pola Pikir Digital Competitiveness   |   16:00 . Kuliah Umum di Udayana, SKK Migas Bahas Peran Hulu Migas untuk Energi Nasional   |   15:00 . Romo Muslich: 3 Persoalan untuk Merubah Bojonegoro di Masa Depan   |   14:00 . Lucu dan Menggemaskan, Bayi Jadi Rebutan Netizen   |  
Thu, 29 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Putra Daerah Bojonegoro, Wakili Indonesia dalam Ajang IBO

blokbojonegoro.com | Sunday, 12 May 2019 12:00

Putra Daerah Bojonegoro, Wakili Indonesia dalam Ajang IBO

Kontributor: A'imatun Khasanah

blokBojonegoro.com - Nedi Sawego Yogya, putra daerah asli Bojonegoro ini mempunyai bakat sejak dirinya masih kecil, dan bakatnya dalam dunia sains baru muncul ketika ia duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama (SMP). Hingga saat ini Nedi di percayai menjadi salah satu dari empat perwakilan Indonesia dalam ajang International Biology Olympiad (IBO).

Untuk menjadi perwakilan Indonesia itu pun tak mudah, Nedi harus melewati berbagai tahapan seleksi ketat bersama siswa berprestasi se Indonesia lainya. Dan akhirnya Anak pertama dari dua bersaudara tersebut berhasil lolos dan dipilih untuk mewakili Indonesia di ajang IBO di Kota Szeged Hungaria pada juli mendatang.

Sebelumnya Nedi juga sudah sering sekali mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi hingga OSN tingkat Nasional yang cukup bergengsi, ia pun berhasil menjuarai beberapa olimpiade-olimpiade yang diikutinya tersebut.

Berkat kecerdasanya, ia mendapatkan tawaran beasiswa penuh untuk melanjutkan sekolah di SMA Pribadi Bandung, setelah lulus dari SMPN 1 Bojonegoro. Dan ia pun tidak menyia-nyiakan kesempatan itu dan mengambil tawaran langsung dari SMA Pribadi Bandung.

Menurutnya, yang membuat seseorang maju selain kemauan dan ketelatenan adalah rasa ingin tahu, sebab rasa ingin tahu ia selalu memperhatikan dan meneliti apapun yang ingin ia ketahui sampai mendapatkan jawabanya.

"Contohnya seperti apapun yang ada di sekeliling saya dan lain sebagainya, saya pasti terus mencari tahu hingga menemukan jawabanya," terang Nedi

Orang tua Nedi, Tarsono mengatakan bahwa sejak kecil Nedi memang anak yang sangat aktif, bahkan setiap membelikan mainan baru untuk Nedi, dalam waktu yang singkat pasti akan d bongkar sebab Nedi memiliki rasa ingin tahu yang kuat.

"Bahkan tetangga sudah hafal, bahwa nedi setiap bertanya pasti akan di tanyakan hingga ke akar-akarnya hingga ia benar-benar paham," beber Tarsono kepada blokBojonegoro.com.

Sebagai ayah, Tarsono pun selalu mendukung bakat Nedi, dengan menemani setiap anak pertamanya tersebut sedang belajar, bahkan atas kemauan Nedi yang kuat, Nedi meminta les tambahan di kota dengan berangkat sendiri menggunakan sepedah ontelnya.

"Sebagai bapak ya sebenernya ndak tega, apa lagi di musim penghujan dan petir pasti saya jemput, tapi mau bagaimana lagi itu adalah komitmenya," kata Tarsono. [aim/lis]

Tag : IBO, SAINS, osn



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat