14:00 . Peringatan HUT IBI, Layani KB MKJP Serentak di 6 Kecamatan   |   13:00 . Swiwings Express Hadir di Bojonegoro Jadi Spesialis Sayap   |   12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |   19:00 . Serap Aspirasi, Bupati Anna Diskusi Langsung dengan BEM dan Ormawa   |   18:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Melakukan Rekayasa Lalin di Jembatan Glendeng   |   17:00 . Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri   |   16:00 . Akses Jembatan Glendeng Sudah Ditutup, Masih Ada Pengguna Jalan yang Nyelonong   |   15:00 . Satu Data Bojonegoro Bisa Menjadi Rujukan Jurnalis dan Peneliti   |   13:00 . Channel Kisah Tanah Jawa Kuak Sejarah dan Kemistisan Jembatan Kaliketek   |   09:00 . Semua Di-handle Teknologi, Tugas Pelajar Apa?   |  
Sun, 22 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pemenang 1 Lomba Menurasa Sego Buwuhan

Olah Labu dengan Kluwek, Jadikan Rasa Pas Dilidah

blokbojonegoro.com | Sunday, 14 July 2019 15:00

Olah Labu dengan Kluwek, Jadikan Rasa Pas Dilidah

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com- Lomba Menu Cipta Rasa Sego Buwohan yang dihadirkan dalam rangkaian Thengul International Folklore Festival (TIFF) memang menyedot antusiasme masyarakat Bojonegoro, terlebih lagi kehadiran Cheff Juna yang menilai lomba menu cipta rasa sego buwohan yang diikuti 28 peserta yang merupakan perwakilan setiap kecamatan.

Dari seluruh peserta lomba itu, yang meraih juara pertama yakni sego buwohan yang ditampilkan dari Kecamatan Purwosari. Pada menu tersebut hanya tampilan atau olahnnya hampir sama seperti sego buwohan biasanya yakni ada tempe Kacang Panjang, Tewel dan olahan labu.

Dasri yang mewakili pihak Kecamatan Purwosari mengaku kaget sekaligus senang bisa menjadi juara pertama pada lomba cipta rasa sego buwohan ini, pasalnya yang menjadikan beda yakni sego buwohan yang dikombinasikan dengan oleh Labu yang dioleh dengan bumbu kluwek.

"Biasanya, dalam tampilan sego buwohan itu hanya diolah dengan bumbu biasa, namun saat  lomba ini labu diolah dengan bumbu kluwek," cakapnya kepada blokBojonegoro.com.

Dasri menjelaskan dalam mengolah labu tersebut sebelumnya labu itu direndam terlebih dulu dengan diberi garam, usai direndam labu iti dicuci kembali sebanyak 3 kali, barulah kemudian dimasak dengan bumbu seperti biasanya kemudian menambahkan bumbu kluwek dalam olahan masaknya.

"Namun siapa sangka, saat Cheff Juna mencicipi, Cheff Juna langsung bilang Yess dan sempurna rasanya," jelas Dasri. 

Tepisah, ketua Penggerak PKK Kecamatan Purwosari yang juga Istri dari Bayu Dono mengungkapkan cukup senang perwakilan yakni Desa Ngrejeng yang ikut dalam lomba menu cipta rasa sego buwuhan ini bisa menjadi juara pertama, pasalnya selama ini Desa Ngrejeng memang dalam olahan kulinernya cukup bagus dan enak.

"Meski sederhana sajiannya, namun menu sego buwuhan yang disajikan cukup enak dan gurih," cakapnya.

Diharapkan dengan menjadi juara pertama dalam lomba sego buwuhan pada TIFF ini, bisa menjdikan motivasi bagi warganya agar perwakilan ini bisa ikut event kuliner kembali ditingkat yang lebih tinggi lagi pastinya dibidang kuliner untuk bisa mewakili Bojonegoro. [saf/lis]

 

Tag : Nasi, Buwohan, juara, chef, Juna



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat