19:00 . Pemkab Bojonegoro dan Pertamina Sidak Agen LPG dan Resto   |   18:00 . Peduli Lansia, PEP Sukowati Berikan Pemeriksaan dan Pengobatan Gratis, Serta Pembelajaran Osteoporosis   |   16:00 . Kapolres Bojonegoro Dalami Dugaan Oknum Kapolsek Lakukan Perselingkuhan   |   14:00 . Komunitas Drawing Desa Bojonegoro Bakal Gelar Pameran, Simak Jadwalnya   |   13:00 . Viral! Kapolsek di Bojonegoro Diduga Selingkuh   |   08:00 . 2 Mahasiswa PJKR UNUGIRI Bojonegoro Raih Gelar Juara Ju-Jitsu dalam Piala Bupati Ngawi   |   17:00 . Gandeng Kampus Lokal, Guru Matematika SMA Bojonegoro Berlatih Membuat AR   |   15:00 . Wadahi Potensi, Pesantren Modern Al Aly Gelar Kompetisi   |   09:00 . Dibalut Proses Sungkeman, 522 Siswa SMK Negeri 1 Bojonegoro Dilepas   |   15:00 . Gugat KPU ke Bawaslu, Bapaslon Nurul-Nafik: Silon Sering Error   |   06:00 . Setahun Jadi ISTeK ICsada, Akreditasi Kampus Ungu Dapat Predikat Baik   |   20:00 . PHE Raih Penghargaan dalam IPA Convex 2024   |   19:00 . Geliat┬áMemperingati Hari Buku   |   18:00 . Tiga Klub Milik Exco PSSI Melenggang Babak 16 Besar Liga 3 Nasional   |   17:00 . HUT Dekranasda ke-44, Ketua Dekranasda Bojonegoro Ajak Kader Terus Gali Potensi dan Tingkatkan Kreatifitas.   |  
Tue, 21 May 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sulap Barang Sederhanan Menjadi Karya Apik Luar Biasa

blokbojonegoro.com | Saturday, 31 August 2019 15:00

Sulap Barang Sederhanan Menjadi Karya Apik Luar Biasa

Kontributor: Maulina Alfiyana

blokBojonegoro.com - Semarak hari kemerdekaan Republik Indonesia masih menggeliat, tak terkecuali di wilayah Kabupaten Bojonegoro. Salah satunya dengan membuat kerajinan khas Agustusan untuk mengihias setiap sudut jalan kota hingga desa.

Seperti halnya yang terlihat di Jalan Meliwis Putih Kelurahan Ngrowo, Kecamatan Kota Bojonegoro. Tampak pancaran cantik kerlap-kerlip lampion terpancar ketika malam hari mewarnai lorong di jalan tersebut.

Warto, selaku Ketua RW 1 Desa Ngrowo mengatakan, lampion ini merupakan icon Agustusan tahun ini di RW 1 yang turut mewarnai seluruh lorong RW 1, yang terdiri dari RT 1, 2, 3, 10, 11, 19.

"Ada 1000 lampion yang terpasang menghiasi setiap jalan RW 1 di Ngrowo," ucap Warto, Sabtu (31/8/2019).

Diceritakan olehnya, kegiatan menghiasi lorong ini sudah digalakan oleh warganya sejak tahun 2016 lalu. Ide-ide kreatif bermunculan dari warga, sehingga setiap tahun tema Agustusan di RW 1 Kelurahan Ngrowo selalu berbeda.

Seperti diketahui, tahun ini warganya membuat tema Agustusan balon lampion. Tak lain bahan-bahannya merupakan perabot sederhana yang sering kita jumpai setiap hari.

"Barang yang digunakan antara lain, payung bekas, lampu kerlap kerlip, benang, lem dan balon," bebernya kepada blokBojonegoro.com.

Sementara untuk cara pembuatannya pertama dengan meniup seluruh balon yang akan digunakan, setelah itu dililiti benang sesuai selera, kemudian dicelup dalam lem yang yang banyaknya satu ember penuh.

Yang terakhir keringkan balon selama satu jam, lalu letuskan pakai jarum dan isi pakai lampu warna warni sesuai selera. Jadilah balon lampion apik seperti yang terpasang di seluruh lorong RW 1 Kelurahan Ngrowo.

Menurut Warto, pada dasarnya, semua barang sederhana maupun barang bekas bisa kita olah menjadi kerajinan tangan yang memiliki nila seni dan jual yang tinggi. Hal ini tergantung kreativitas.

"Tetapi, ide-ide untuk mengolah barang bekas tersebut tidak harus dari kita sendiri. Karena saat ini banyak sekali referensi kerajinan tangan dari barang bekas di internet yang bisa kita contoh," pungkasnya kepada blokBojonegoro.com. [lin/ito]

Tag : hut, ri, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat