20:00 . Perfomance Foklore Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   15:00 . Remas, Takmir, dan Pengelola Pendidikan Masjid Agung Darussalam Studi Tiru ke Jogokariyan   |   22:00 . Dukung Wahono, Relawan GASPOOL Kanor Deklarasi   |   21:00 . DPP PPP Turunkan Rekomendasi ke Pasangan Wahono-Nurul   |   19:00 . Opening Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |   18:00 . Akui Peluang Tipis, Edi Sampurno Pilih Tetap Jadi Kades Campurejo   |   17:00 . Resmi, AHY Berikan Rekomendasi Partai Demokat ke Wahono-Nurul   |   16:00 . Gerindra Klaim Sejumlah Parpol Turut Usung Wahono-Nurul   |   14:00 . PPM Al Fatimah Bojonegoro Sambut Baik JICA Volunteer dari Jepang melalui Program RMS   |   13:00 . Mahasiswi PAI Unugiri Jadi Duta Putri Cendekiawan Indonesia Jawa Timur   |   12:00 . Rekom DPP Gerindra Turun ke Setyo Wahono-Nurul Azizah   |   11:00 . PPP Bojonegoro Segera Beri Rekomendasi ke Wahono-Nurul   |   10:00 . Pj Gubernur Jatim Salurkan BLT Bagi Hasil Cukai Tembakau ke 393 Buruh Pabrik Rokok di Bojonegoro   |   09:00 . Pj Adriyanto Tekankan Pentingnya APBD Adaptif   |   08:00 . Live 8 Negara Ramaikan Bojonegoro Thengul International Foklore Festival 2024   |  
Sun, 21 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

BMKG Memprediksi Musim Kemarau dan Hujan Akan Mundur

blokbojonegoro.com | Wednesday, 18 September 2019 09:00

BMKG Memprediksi Musim Kemarau dan Hujan Akan Mundur

Reporter : M Safuan

blokBojonegoro.com - Musim kemarau yang melanda di Kabupaten Bojonegoro ini diprediksi bakal lebih lama, hal tersebut berdasarkan prediksi dari Badan Metreologi Klimatologi Geofisika (BMKG) bahwa musim hujan bakal mengalami kemunduran antara 1 sampai 3 dasarian. Bahkan BMKG memprediksi puncak musim hujan di Bojonegoro akan terjadi bulan Desember dan Januari.

"Berdasarkan prediksi BMKG musim kemarau di Bojonegoro memang lebih lama bahkan puncak musim hujan bakal terjadi dibulan Desember dan Januari," kata Kepala BPBD Bojonegoro, Umar Ghani.

Umar sapaan akrabnya mengungkapkan, masih terjadinya musim kemarau ini sejumlah desa di beberapa kecamatan sejak beberapa bulan lalu warganya kesulitan mencari air bersih untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya, sehingga pihaknya melakukan droping air ke sejumlah desa.

Untuk memenuhi kebutuhan air bersih disejumlah desa itu, pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah di antaranya dengan mengajukan bantuan kepada pemerintah Provinsi Jawa Timur, bahkan beberapa lembaga yang peduli untuk membantu droping air antara lain Nurul Hayat, LazisMu yang telah turut serta memberikan bantuan air bersih hingga ke desa-desa.

Dari data yang diperoleh blokBojonegoro.com hingga tanggal 13 september 2019 ini droping air yang telah disalurkan sebanyak 568 rit air bersih untik 50 desa di 17 Kecamatan, jumlah itu berdasarkan data dari desa yang mengajukan permintaan air bersih ke BPBD Bojonegoro.

"Diharapkan kepada masyarakat pada musim kemarau ini, agar saat menggunakan air untuk seperlunya saja," pungkasnya.

Adapun 50 desa di 17 Kecamatan yakni Desa Pejok Kecamatan Kepohbaru, Desa Ngeper Kecamatan Padangan. Desa Kedungsari, Bakulan, Pandantoyo Kecamatan Temayang. Desa Bareng , Siwalan, Panunggalan, Jatitengah, Panemon, Sugihwaras Kecamatan Sugihwaras. Untuk Bojonegoro wilayah barat antara lain Desa Gamongan , Malingmati, Mulyorejo, Kalisumber Kecamatan Tambakrejo, Desa Sugihwaras, Luwihaji dan Nganti Kecamatan Ngraho. Desa Pelem, Donan Kecamatan Purwosari. Desa Kasiman, Sambeng, Ngaglik Kecamatan Kasiman.

Selain itu ada Desa Sumberjokidul, Sidodadi Kecamatan Sukosewu, Desa Kolong, Ngasem, Butoh, Bareng , Jampet, Trenggulunan, Ngadiluwih, Tengger Kecamatan Ngasem. Desa Ketileng Kecamatan Malo. Desa Sengon dan Bondol Kecamatan Ngambon. Desa Ngumpakdalem Kecamatan Dander. Desa Sumberbendo dan Ngorogunung Kecamatan Bubulan serta Desa Sukowati, Sambiroto Kecamatan Kapas. Desa Tlogohaji, Sumberherjo, Kayu Lemah , Teleng dan Butoh Kecamatan Sumberejo. [saf/ito]

Tag : musim, kemarau, hujan, bmkg, bojonegoro, bpbd



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Thursday, 18 July 2024 14:00

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB

    2 UKM UNUGIRI Bojonegoro Kunjungi Redaksi bB Suasana Kamis (18/7/2024) di Jalan Desa Sambiroto, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro, banyak mahasiswa yang mengenakan seragam warna abu-abu dan hijau, berkumpul di D'Konco Cafe (Blok Media Group) yang juga satu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat