20:00 . Tradisi Ritual Ijuk Nganten di Sraturejo Tetap Lestari hingga Kini   |   18:00 . M. Sholikhuddin Zuhdi Terpilih Secara Aklamasi Nahkodai BPC HIPMI Bojonegoro Periode 2024-2027   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |   17:00 . Berkat Holding Ultra Mikro (UMi) Pengusaha Olahan Singkong Asal Gayam Bisa Raup Omzet Fantastis   |   14:00 . Polisi Tetapkan Tersangka Perangkat Desa di Bojonegoro Usai Bacok Adik Iparnya   |   13:00 . Kisah Inspiratif Perajut Pamerkan Produk Lewat Platform Localoka dan Link UMKM   |   12:00 . Hikmah Pembagian Daging Kurban   |  
Sat, 15 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kampung Hijau, Kurangi Sampah Plastik di Kota Surabaya

blokbojonegoro.com | Thursday, 26 September 2019 09:00

Kampung Hijau, Kurangi Sampah Plastik di Kota Surabaya

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Itikad untuk mengurangi sampah plastik di Kota Surabaya serta mampu memanfaatkannya bernilai ekonomi merupakan tujuan awal Kampung Hijau di Kelurahan Jagir Wonokromo, Kecamatan Wonokromo, yang diinisiasi Pertamina Marketing Operation Region V Jatim Balinus.

Lebih dari itu Kampung dengan nama Kampung Hijau HSSE Pertamina, juga turut memberdayakan para lansia (lanjut usia) untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui berbagai kegiatan ekonomi yang dikembangkan.

Unit Manager Communication & CSR Pertamina MOR V, Rustam Aji mengatakan, Kampung Hijau HSSE Pertamina bertujuan untuk menciptakan lingkungan pemukiman yang sehat dengan kehidupan warganya yang guyub dan sekaligus mendukung Pemerintah Kota Surabaya untuk mengurangi sampah plastik.

“Pertamina telah mengucurkan dana sekitar Rp600 juta selama 2 tahun terakhir dan berhasil membuat Kampung Hijau HSSE meraih berbagai penghargaan dari Pemerintah Kota Surabaya dalam hal penataan dan pembinaan lingkungan,” ujar Rustam.

Kampung Hijau HSSE, lanjut Rustam, memiliki 3 kelompok binaan, yakni Wasiat atau Warga Siap Tanggap Darurat, Lansia Selamat atau Lanjut Usia Sehat Langgeng dan Bermanfaat serta Bank Sampah.

Menurut Rustam, masing-masing kelompok binaan ini memiliki kegiatan sendiri baik dalam bidang ekonomi, sosial maupun lingkungan.

p2


Lansia Selamat misalnya, memiliki kegiatan budidaya jamur, lele, tanaman hidroponik serta usaha konveksi dan program UMKM. Kegiatan ini telah meningkatan pendapatan bagi para Lansia sebesar Rp2.650.000 per bulan.

Demikian juga Wasiat mendapatkan penghasilan tambahan bagi masyarakat melalui usaha motor berbasis pemanfaatan IPAL (instalasi pengolahan air limbah) sebesar Rp1.200.000 per bulan.

Sedangkan Bank Sampah telah mengurangi kebiasan warga membuang sampah di sekitar pemukiman dengan mengajak ibu-ibu rumah tangga memilah sampah organik dan anorganik dari rumah tangga.
Sampah-sampah anorganik dan plastik akan dikumpulkan dalam bank sampah yang kemudian dijual ke pengepul yang uangnya digunakan untuk membiayai berbagai kegiatan warga lainnya. Sedangkan sampah organik dibuat pupuk untuk tanaman penghijauan di kampung itu.

Program yang diiniasi Pertamina tersebut juga mendapat apresiasi dari La Tofi School of CSR, berupa penghargaan dengan Kategori Pemberdayaan Ekonomi Komunitas yang berhasil membuat masyarakat yang mandiri melalui peningkatan mutu kualitas produk yang dihasilkan oleh masyarakat

“Sampah merupakan masalah yang kerap dihadapi kota-kota besar seperti Surabaya, karena itu Pertamina akan terus mendukung pengurangan dan pengelolaan sampah melalui berbagai program CSR yang berkelanjutan,” pungkas Rustam. [mu]

p4

Tag : sampah, pertamina, sampah plastik, pertamina mor v



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat