19:00 . Kades di Bojonegoro Serahkan Uang Cashback Dugaan Korupsi Mobil Siaga   |   13:00 . Bojonegoro Optimis Naik Tingkat, dari Kabupaten Layak Anak Kategori Madya ke Nindya   |   08:00 . Heboh, Polsek Kedungadem Sulap Mobil Patroli Jadi Kendaraan Baksos Sayur Gratis   |   22:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Mayat Wanita di Persawahan   |   18:00 . Lebaran 2024, BI Siapkan Rp 197,6 Triliun Uang Tunai   |   17:00 . Dokter Muda di Bojonegoro Meninggal Usai Kecelakaan dengan Pikap   |   15:00 . BUMDes Mekar Bimo Ngunut Suplai Air Bersih Bagi Ratusan KK   |   13:00 . Kurang Konsentrasi, Tiga Truk Terlibat Laka Beruntun di Bojonegoro   |   19:00 . Kolaborasi Antar Prodi, HMP BSA dan HMP PBI Adakan Kemah Bahasa   |   18:00 . Puluhan Santri Studi di ICW dan Kunjungi D'Konco Cafe Bojonegoro   |   17:00 . Polisi Lakukan Rekonstruksi Ulang Meninggalnya Pelajar di Bojonegoro   |   16:00 . 316 Madrasah Ditargetkan Akreditasi, Paling Banyak RA   |   15:00 . Ribuan Warga Bojonegoro Serbu Beras Murah SPHP   |   14:00 . Denny Caknan Batal Konser di Bojonegoro, Gegara Kasus Pengeroyokan?   |   13:00 . Mahasiswi PAI UNUGIRI Bojonegoro Juara Nyanyi Bahasa Jawa   |  
Thu, 29 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mencari Kayu Bakar untuk Masak Lebih Nikmat

blokbojonegoro.com | Thursday, 12 December 2019 09:00

Mencari Kayu Bakar untuk Masak Lebih Nikmat

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Meski saat ini hampir semua masyarakat sudah beralih dari kayu bakar ke gas LPG untuk keperluan memasak, tapi masih ada sebagian kecil yang masih bertahan menggunakan kayu bakar untuk keperluan di dapur.

Bagi warga yang hidup dekat dengan hutan, tentu mencari kayu bakar bukan hal yang sulit, lantaran mereka bisa sesuka hati mencari kayu bakar di dalam hutan.

Bahkan kayu bakar yang didapat terkadang tidak hanya untuk memenuhi keperluan dapur sendiri, tapi bisa juga dijual ke pasar.

Dengan demikian, mencari kayu bakar juga bisa menjadi mata pencaharian bagi masyarakat desa. Paling tidak, untuk penghasilan tambahan ketika sedang menunggu musim panen tiba.

Salah satu warga yang masih semangat mencari kayu bakar adalah Mbah Pat. Perempuan paruh baya ini mengatakan, mencari kayu bakar ini hanya membantu sang anak untuk keperluan memasak.

"Kayu bakar ini untuk keperluan memasak di rumah. Saya masih percaya bahwa masak dengan menggunakan kayu bakar rasanya akan jauh lebih nikmat dibanding menggunakan kompor gas,” kata Mbah Pat warga Desa Karangmangu Kecamatan Ngambon.

Menurut Mbah Pat mencari kayu bakar ini tidak setiap hari ia lakukan, hanya untuk keperluan memasak. "Tidak setiap hari mencari kayu, hanya untuk memasak secukupnya," jelasnya.

Sekadar informasi, pihak Perhutani pun tidak melarang masyarakat untuk mencari kayu bakar di hutan asal tidak menebang pohon yang masih hidup. Apabila memotong cabang kayu yang telah tumbang atau mati, dengan catatan bukan cabang atau batang dengan diameter lebih dari 20 cm.

Bila ada pohon besar dengan diameter lebih dari 20 cm tidak boleh dipotong dan menjadi hak milik Perhutani. Maka jika ada penebang yang ketahuan membawa kayu yang masih basah apalagi potongan kayu yang besar akan dianggap sebagai pencurian atau penebangan liar. [her/mu]

Tag : kayu bakar, memasak dengan kayu bakr, mencari kayu bakar



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat