17:00 . Geger! Warga Bojonegoro Temukan Ular Sanca 3,5 Meter Makan Kucing   |   16:00 . ODGJ di Bojonegoro Ngamuk di Jalan Veteran, Sejumlah Orang Dipukul Pakai Kayu   |   14:00 . KPPN Bojonegoro Sebut Realisasi Pendapatan Negara Masih Defisit, Begini Rinciannya   |   12:00 . Total Anak yang Divaksin Polio di Bojonegoro Capai 27,7 Persen   |   11:00 . Dorong Terwujudnya Peningkatan Pelayanan Publik Lewat Orientasi PPPK Angkatan I-IX   |   10:00 . Kapolres Bojonegoro: Sebelum Dikeroyok Korban Sempat Acungkan Gear Motor   |   09:00 . Lengkap! Pengakuan Saksi, Orang Tua, dan Polisi Soal Pengeroyokan Pelajar di Bojonegoro   |   08:00 . Pj Adriyanto Pimpin Apel Peringatan HUT Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran   |   20:00 . PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG   |   19:00 . 5 Desa/Kelurahan di Kecamatan Bojonegoro Rekap Hasil Penghitungan Perolehan Suara   |   18:00 . Enam Pelaku Pengeroyokan Pelajar SMA di Bojonegoro Masih Buronan   |   17:00 . Caleg di Bojonegoro Perebutkan 50 Kursi Legislatif   |   16:00 . UDD PMI Bojonegoro Kuatkan Kapasitas Koordinator Donor Darah   |   15:00 . Ini Peran 9 Tersangka Pengeroyokan Pelajar SMA di Bojonegoro hingga Meninggal   |   13:00 . Tersangka Pengeroyokan Pelajar SMA di Bojonegoro Diancam 12 Tahun Penjara   |  
Wed, 21 February 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Mahasiswa Unair Bojonegoro Gelar Kunjungan Bisnis ke Drenges Education Center

blokbojonegoro.com | Friday, 27 December 2019 13:00

Mahasiswa Unair Bojonegoro Gelar Kunjungan Bisnis ke Drenges Education Center

Kontributor: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com -  Mahasiswa Universitas Airlangga asal Bojonegoro yang tergabung dalam Airlangga Bojonegoro Community (ABC)  menggelar kunjungan bisnis ke Drenges Education Center (EDC). Kunjungan bisnis kali ini merupakan sebuah agenda rutinan yang dilaksanakan tiap satu tahun sekali.

"Ini agenda rutinan yang kedua, yang mana ada 30 anggota ABC yang mengikuti", jelas Yudha Ketua ABC, Jumat (27/12/2019).

Perjalanan dimulai dari titik kumpul Alun-Alun Kota Bojonegoro. Medan yang ditempuh pun cukup beragam, diawali jalan beraspal, paving, hingga jalan cor-coran. Mendekati lokasi jalanan didominasi paving yang kondisinya bergelombang dan licin usai hujan. Setiba di lokasi rombongan ABC disambut papan tulisan "Selamat Datang di Kampung Wisata Drenges".

Rombongan kemudian diarahkan ke sebuah ruangan yang telah tersedia Proyektor. Sesaat kemudian Master Ceremony (MC) membuka acara dengan doa kemudian dilajutkan dengan sambutan dari perwakilan ABC dan perwakilan Drenges Education Center (DEC).

Komari Aldiansyah selaku Ketua III Airlangga Bojonegoro Community, mewakili rombongan memberikan sambutan. Disampaikanlah maksud dan tujuan ABC sambang ke Drenges Education Center, ada 3 tujuan utama. Pertama ingin tahu bagaimana proses budidaya jamur mulai dari pembuatan media tanam (Baglog) hingga panen. Kedua yakni tumbuhnya semangat berwirausaha dalam diri anggota ABC. Dan yang terakhir, bagaimana anggota ABC bisa mengambil kisah inspiratif perjuangan Drenges Education Center untuk merintis usaha dari awal hingga sekarang dikenal masyarakat luas.

Sambutan selanjutnya dari Mas Prasetyo, selaku Founder dari Drenges Education Center yang dilanjutkan dengan materi terkait latar belakang berdirinya DEC dan Budidaya Jamur.

"Bahwa pada dasarnya orang hidup hanya butuh 3 kalimat. Kalimat tersebut mengandung makna yang begitu mendalam, pada intinya hidup kita haruslah digunakan untuk kegiatan yang bermanfaat bagi orang lain karena manusia bisa hidup cukup dengan makan 3 kali sehari," ujar Prasetyo.

Selanjutnya materi dan praktik proses budidaya jamur. Diawali dengan pembuatan adonan baglog, yang terdiri dari serbuk gergaji (grajen) kayu sengon, dedak, kapur, dan cairan tebu. Pertama, bahan dituang bergantian kemudian diaduk merata. Setelah itu masuk proses pemackingan, adonan dimasukan ke plastik khusus yang tidak meleleh saat dikukus nanti. Kemudian dipress dengan mesin, diakhiri dengan ditutup dengan cincin yang terbuat dari plastik yang sebelumnya dimasukkan kapas dan plastik guna mencegah agar hewan kecil seperti semut tidak masuk.

Tahap selanjutnya yakni pasterurisasi dengan cara membungkus baglog di alat khusus selama 12 jam. Lalu masuk tahap pembibitan dengan cara memasukkan bibit ke dalam baglog. Harus ditempat steril agar bakteri tidak masuk ke baglog yang nantinya berpotensi merusak kualitas baglog.

Terakhir tahap berupa perwartan. Setelah melalui segala proses di atas, tinggal menunggu miselium menjalar ke seluruh bagian baglog. Kurang lebih 40 hari.

Setelah itu baru dapat dibuka tutup pada cincin baglog agar jamur dapat tumbuh. Hanya perlu menunggu lima hari sampai jamur bisa dipanen. Akan tetapi, untuk proses tumbuh jamur selanjutnya perlu waktu satu bulan lagi. Satu baglog bisa menghasilkan 4 kali panen jamur. [liz/lis]

Tag : Abc, unair, drenges



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat