12:00 . Tokoh-tokoh Nasional Asal Bojonegoro Jadi Pemateri di Kajian Sor Keres   |   08:00 . Tak Cuma Bobol Akun Medsos 24 Kru Narasi, Twitter Mata Najwa Ikut jadi Target Hacker   |   07:00 . Penting! Jangan Lewatkan Sesi Pemanasan dan Pendinginan saat Olahraga, Ini Manfaatnya   |   18:00 . Capaian IPM Bojonegoro Meningkatkan Hingga 23,60 Persen   |   16:00 . Tersapu Angin, Rumah dan Atap Sekolah di Ngasem Roboh   |   14:00 . Berikut Petunjuk Praktis Menghadapi Musim Penghujan dari BNPB   |   09:00 . Pembebasan Lahan untuk Bendung Gerak Karangnongko Tunggu Appraisal   |   08:00 . Asah Skill Menulis, HMP PAI UNUGIRI Adakan Seminar Pembuatan Makalah   |   07:00 . Tanya Seksolog: Dok, Kenapa Ukuran Payudara Kanan dan Kiri Berbeda?   |   18:00 . Minibus Seruduk Truk di Baureno, 3 Orang Meninggal di Tempat   |   14:00 . 10 Model Cilik Meriahkan CFD, Pamerkan Tenun dan Lurik   |   13:00 . Ini 5 Wisata Air Terjun di Bojonegoro untuk Liburan   |   09:00 . Lebih Dekat Melihat Masjid Agung Jawa Tengah   |   09:00 . Live Pelantikan Bersama PRNU dan LAZIZNU Ranting Se Wakil Cabang Kanor   |   08:00 . Bedug Raksasa Replika Pendowo Purworejo   |  
Tue, 27 September 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Viral Kabar Warga Tak Dapat Bantuan

Masih Satu KK, Begini Kehidupan Surati

blokbojonegoro.com | Sunday, 03 May 2020 20:00

Masih Satu KK, Begini Kehidupan Surati

Kontributor: Maulina Alfiana

blokBojonegoro.com - Warga Sambongrejo, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro, Surati yang viral karena kabar tidak pernah mendapatkan bantuan apapun dari pemerintah, namanya tercantum dalam satu Kartu Keluarga (KK) bersama anaknya.

[Baca juga: Foto Gubug Surati, Dapur Samping Rumah ]

Saat blokBojonegoro.com mengunjungi kediaman Surati, tampak rumah yang ada di sebelah masjid itu,terdiri dari 2 bangunan yang menempel. Rumah bagian barat dindingnya dari batu bata putih dengan alas teras mistar pecah-pecah, dan di dalam rumah, alasnya berupa anyaman bambu tipis.

Menempel di rumah tembok itu, bagian timur ada gubuk yang semua dindingnya terbuat dari anyaman bambu dengan alas masih berupa tanah.

Ketika masuk rumah itu, sebelah kanan pintu ada kandang yang di dalamnya ada anak kambing dan induknya. Sebelah kiri pintu masuk ada dinding yang terbuat dari anyaman bambu. Di belakangnya ada dipan. Sedangkankan bagian tengah ruangan, ada dapur, kamar mandi dan tempat mencuci perkakas.

Antara bangunan tembok dengan gubuk, ada pengubung tanpa daun pintu, langsung ke bangunan sebelahnya. Dindingnya sebagian tembok dan gubuk, alasnya berupa lembaran karung.

Di ruang itu, terdapat ruang makan dan 2 kamar tidur. Kemudian ke depan sudah ruang tamu bangunan tembok dengan alas anyaman bambu tipis.



Di rumah itu, tinggal Surati dan anaknya, Suryanto yang sudah berkeluarga. Kesehariannya, Surati mengaku sering di rumah putranya untuk menonton televisi dan menemani cucunya tidur.

"Kalau cucu sudah tidur, saya pindah tidurnya di sini," kata Surati sambil menunjukkan tempat tidurnya di gubuk.

Kesehariannya, Surati bekerja sebagai buruh tani. Jika musim tanam, ikut menanam di sawah. Sedangkan jika musim panen, dirinya ikut ngasak, atau mencari sisa padi saat panen.

Kabar tentang Surati beredar di media sosial, lantaran fotonya dengan rumah gubuk di belakangnya, dengan keterangan tidak pernah mendapat bantuan apapun dari pemerintah.

Terpisah, menurut Kepala Desa Sambongrejo, Sulastam, foto yang beredar di media sosial itu merupakan dapur rumah. Tempatnya berada di samping rumah. Kesehariannya, Surati tinggal bersama anaknya.

"Rumah yang ditampilkan di medsos itu sebenarnya difungsikan sebagai dapur," kata Sulastam.

Sedangkan untuk bantuan, Sulastam menambahkan, dulu Surati pernah menjadi anggota PKH namun sudah dicabut dari PKH, Karena sudah tidak ada komponennya.

"Ini masih satu Kartu Keluarga (KK), jadi yang bisa diberikan bantuan kan dari data Non PKH dan BPNT. Sekarang kita berikan BLT lewat anaknya yang bernama Suryanto itu karena Bu Surati satu KK," imbuhnya. [lin/ito]

 

Tag : sambongrejo, bojonegoro, sumberrejo



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 06 September 2022 12:30

    Berita Kehilangan

    Berita Kehilangan Telah hilang buku Rincik pajak bumi dan bangunan milik desa sumberrejo kecamatan sumberrejo kabupaten Bojonegoro. Bila ada yang menemukan bisa hubungi langsung ke Pemdes Sumberrejo atau redaksi.blokbojonegoro@gmail.com, juga bisa chat...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat