Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

EMCL Selenggarakan Webinar Untuk Pelaku Usaha Kecil

blokbojonegoro.com | Thursday, 25 June 2020 08:00

EMCL Selenggarakan Webinar Untuk Pelaku Usaha Kecil

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Operator Lapangan Banyu Urip, ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) menggelar seminar daring dengan mengusung tema “Strategi UMKM Bertahan di Tengah Pandemi”, Rabu (24/6/2020).

Kegiatan yang bekerja sama dengan LSM Satunama ini, menghadirkan dua pembicara yakni Silvia Ratna Ariani selaku CEO Refeed.id dan Andika Sunandar selaku Kepala Divisi Perencanaan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

  Selain itu beberapa koperasi dari Bojonegoro dan Tuban juga turut andil dalam sesi ini diantaranya Koperasi Penyedia Agrobisnis (KPA) Makmur Bersama, Koperasi Muda Mandiri (KPM) Gayam, Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Rajekwesi, Koperasi Serba Usaha Bumi Ronggolawe Mukti (KBRM) Tuban dan Pusat Inkubasi Bisnis (PIB) Bojonegoro.  

Dalam sesinya, Silvia Ratna Ariani menyampaikan beberapa tips untuk bagi UMKM untuk menghadapi pandemi, salah satunya dengan strategi pivot.

“Di saat seperti ini, bisnis anda tentu saja menghadapi berbagi tantangan, salah satunya karena perubahan pola usaha. Kita harus mengatur ritme pekerjaan, mengontrol kerja karyawan dari rumah serta produktivitas mereka,” ujar Silvi.  

Ia menambahkan, tantangan ini tidak hanya terjadi pada usaha menengah dan kecil namun juga berbagai sektor. Inovasi pemasaran berbasis teknologi saat ini sangat diperlukan. Senada dengan apa yang disampikan oleh Silvi, Andika pun juga menyampaikan demikian.  

Sesi ini kemudian ditutup dengan teman-teman dari berbagai koperasi saling berbagi pengalaman tentang apa saja yang dihadapi semasa pandemi. Ifa Jumrotun dari PIB menyatakan, banyak omset dari usaha makanan di PIB yang menurun, namun Ia melakukan diversifikasi dengan memproduksi masker dan APD karena peluangnya saat ini sedang bagus.  

Perwakilan EMCL, Beta Wicaksono menyampaikan apresiasinya kepada teman-teman di Koperasi yang terus berinovasi dalam melihat peluang usaha meski tengah menghadapi pandemi.

“Apa yang dilakukan oleh teman-teman adalah sarana yang bagus bagi lompatan ekonomi dan edukasi tak hanya lokal saja namun secara global,” tutur Beta.  

Beta menambahkan, satu pintu tertutup pasti ada pintu lain yang terbuka. Artinya peluang usaha dapat dicari dari segi manapun meski satu peluang telah menurun minat pada komoditasnya.

“Peluang pasti ada, sebagai manusia kita tentunya handal dalam beradaptasi. Tentu semua ini dapat terwujud dengan lebih baik apabila ada kolaborasi,” tutup Beta. [ito/col]

 

Tag : Emcl, webinar, ukm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini