13:00 . Pembacokan Anak, Begini Kondisi Korban dan Pelaku di RSUD   |   13:00 . Akibat Korsleting Listrik, Rumah Perhutani di Temayang Ludes   |   07:00 . Ibu Hamil Harus Tahu, Kondisi Silent Killer Ini Bisa Sebabkan Komplikasi Kehamilan   |   19:00 . Liga Kacabdin Bojonegoro Wadahi Siswa Berkompetisi   |   18:00 . Halal Bi Halal, PAC ISNU Balen Mantapkan Program Kerja   |   14:00 . Libur Waisak, Harga Logam Mulia Antam Naik   |   12:00 . Masih Membludak Antre Tiket Bioskop Film KKN Desa Penari   |   11:00 . PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Kedewan Masa Bakti 2021-2023 Resmi Dilantik   |   10:00 . Pemkab Renovasi Jembatan Penghubung Kecamatan Temayang dan Sugihwaras   |   09:00 . 1 Siswa SMA di Bojonegoro Tak Lulus Ujian   |   08:00 . Bernostalgia Bareng Tamiya, Ini Tips dan Perawatannya   |   07:00 . Sering Berkeringat di Malam Hari Saat Tidur? Bisa Jadi Anda Mengalami 5 Kondisi Ini   |   18:00 . Ular Sanca Kembang Ditemukan di Pekarangan Warga Banjarsari   |   17:00 . Tak Terima Diejek, Anak 13 Tahun Bacok Teman Mainnya   |   15:00 . Bentor, Sarana Transportasi Alternatif Saat Terjebak Hujan di Terminal   |  
Tue, 17 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

#TokohBojonegoro (14)

Mansour Faqih Pendiri INSIST dan Pejuang HAM

blokbojonegoro.com | Thursday, 25 June 2020 12:00

Mansour Faqih Pendiri INSIST dan Pejuang HAM

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Jika berbelanja di toko buku, atau mencari koleksi buku di perpustakaan, di antara nama penerbit pasti ada nama INSIST Press di antara buku-buku itu.

Penerbit yang beralamatkan di Yogyakarta itu, merupakan bagian dari Indonesian Society for Social Transformation (INSIST). Yakni jaringan Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) dengan memusatkan perhatian pada pendidikan dan pengorganisasian masyarakat ke arah perubahan sosial.

[Baca juga: Choirul Huda, Cah Kauman yang Jadi Bupati Mukomuko ]

Di jaringan OMS, nama INSIST sendiri sudah tidak asing lagi, apalagi beberapa OMS di Bojonegoro, pernah mendapatkan peningkatan kapasitas lembaga di bidang pengelolaan keuangan yang akuntabel.

Di balik nama besar INSIST, ternyata salah satu pendirinya adalah orang Bojonegoro, yakni Mansour Faqih (Alm). Pria kelahiran Bojonegoro, 10 Oktober 1953 itu, bersama Roem Topatimasang pada tahun 1996-1997. Tujuannya membentuk organisasi  yang memfokuskan diri sebagai sistem pendukung gerakan sosial, terutama pada aras lokal dan akar rumput.

Perjalanan hidup Mansour Faqir, Selain mendirikan INSIST, juga pernah menjadi anggota Komite Nasional untuk Hak Asasi Manusia (KOMNAS HAM), 2002-2007. Di antara kurun waktu tersebut, pada tahun 2003, Mansour dipilih sebagai anggota Helsinki Process. Yakni suatu forum internasional yang diprakarsai oleh Kementerian Luar Negeri Finlandia, beberapa negara Selatan dan organisasi non pemerintah (ORNOP) internasional. Tujuannya, untuk mengupayakan jalan keluar terhadap berbagai masalah globalisasi. Wakil dari Asia di ‘Helsinki Process’, hanya ada dua orang. Salah satunya adalah Mansour Fakih dari Indonesia.

Mansour Faqih meninggal dunia di usianya yang ke- 51 tahun di Rumah Sakit RS Bethesda Yogyakarta pada Minggu 15 Februari 2004.

Data Diri:
Nama: Mansour Faqih
Tempat, Tanggal Lahir: Bojonegoro, 10 Oktober 1953
Wafat: 15 Februari 2004

Pendidikan:
- Sarjana teologi di IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta (1978)
- Master dan Doktor bidang Pendidikan di University of Massachusetts at Amherst, Massachusetts, USA, pada tahun 1990 dan 1994.

Karir:
- Tenaga penyuluh lapangan pada program pengembangan industri kecil di LP3ES Jakarta dan Lembaga Studi Pembangunan (LSP).
- Koordinator Program Pendidikan dan Pengembangan di Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M).
- Country Representative Oxfam-UK/I di Indonesia
- Anggota Dewan Pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI)
- Mendirikan Resources Management & Development Consultants (REMDEC) di Jakarta bersama sembilan kawan (Roem Topatimasang, Zumrotin K.Susilo, Wardah Hafidz, Abdul Hakim Garuda Nusantara, Fauzi Abdullah, Mahendro, August Rumansara, Roy Tjiong, Sugeng Setiadi, dan Wilarsa Budiharga)
- Mendirikan Institute for Social Transformation (INSIST)

Tag : insist, pendiri, bojonegoro, yogyakarta



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat