Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bupati Bojonegoro Memberangkatkan Kirab Pusaka Ki Andong Sari

blokbojonegoro.com | Tuesday, 01 September 2020 09:00

Bupati Bojonegoro Memberangkatkan Kirab Pusaka Ki Andong Sari

Penulis: Yudi Kuswanto

blokBojonegoro.com - Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah hadir di lokasi pemberangkatan kirab pusaka di makam Ki Andong Sari Ledokkulon, Selasa (1/9/2020) pagi.

Ketua Pelaksana, Heri Sustami dalam sambutannya menuturkan, saat ini untuk tetap menjaga budaya sudah terbentuk paguyuban pemakaman umum Islam Ki Andong Sari.

"Adapaun kegiatan yang dilaksanakan karena pandemi Covid-19 acara dilakukan secara sederhana. Sebelum kirab pusaka, sehari yang lalu sudah dilakukan tahtimul qur’an dan tahlil sebagai rangkaian acara dari sedekah bumi yang juga sebagai acara untuk memperingati haul Ki Andong Sari yang ke-238," ujar Heri dalam sambutannya

Acara selanjutnya, penyerahanan pusaka Ki Andong Sari dari juru kunci makam Muhammad Suwono kepada Bupati Bojoegoro. Kemudian dari tangan Bupati lalu dipindah tangankan kepada Lurah Ledokulon-Ledokwetan.

Selepas penyerahan pusaka, Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana yang telah menginisiasi berjalannya acara Haul Mbah Andong Sari. Tidak lupa pula ia mengajak kepada seluruh lapisa masyarakat untuk turut merefleksikan nilai-nilai kepempinan Mbah Andong Sari.

“Dalam mempertahankan sebuah kepempimpinan harus mengedepankan rasa keadilan, persaudaraan, dan kenyamanan. Mari kita refleksikan sebagai masyarakat Bojonegoro bahwa kekayaan alam, bahwa pusat pemerintahan harus mengedepankan hak-hak dasar rakyat, ” tandasnya.

Bupati perempuan pertama di Bojonegoro itu juga mengajak masyarakat untuk bernostalgia kepada perjuangan Ki Andong Sari dengan memberikan pemaparan singkat mengenai sejarah tersebut. Usai memberikan sambutan Anna memberangkatkan peserta kirab. [ito]

*Penulis adalah Mahasiswa Universitas Trunojoyo yang magang di blokBojonegoro.com

Tag : Kirab, pusaka, andong, Sari



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini