07:00 . Benarkah Media Sosial Bikin Empati dan Rasa Tulus Masyarakat Berkurang?   |   22:00 . Mulai Besok, SKB CPNS Bojonegoro Diselenggarakan   |   20:00 . Lantik Kades PAW, Bupati Ajak Selaraskan Program Kesejahteraan Masyarakat   |   19:00 . Pendiri ISNU Asli Bojonegoro, Pengurus Harus Teruskan Semangat Berjuang   |   18:00 . Bupati Tunjukkan Inovasi Bojonegoro Pada Ajang Kepala Daerah Inovatif Kemendagri   |   17:00 . Awas...!! Saat Hujan Jalan Ini Rawan Tergenang   |   16:00 . Hujan Deras, Beberapa Jalan di Kota Bojonegoro Tergenang   |   12:00 . Lukisan Termahal dalam Pameran Dibandrol Rp30 Juta   |   09:00 . New Citra Rupa Bojonegoro Persembahkan Keindahan Karya Seni Lukis   |   07:00 . Psikolog Ungkap Dampak Digitalisasi Pada Kesehatan Mental: Bikin Stres dan Depresi   |   21:00 . FKS Koordinasi ke Kecamatan, untuk Wujudkan Bojonegoro Sebagai Kabupaten Sehat   |   20:00 . Harga Turun, Berikut Rincian Angka Jual Cetakan USB dan Antam   |   19:30 . Perdana, UNU Sunan Giri Launching Mars PGMI Sekaligus Kenalkan AKM   |   19:00 . Gubernur Jatim Borong Produk Disabilitas Bojonegoro   |   18:30 . YKP Gelar Diskusi Pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga   |  
Sat, 27 November 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Kekeringan di Bojonegoro Meluas, Empat Desa Ajukan Droping Air Bersih

blokbojonegoro.com | Friday, 04 September 2020 18:00

Kekeringan di Bojonegoro Meluas, Empat Desa Ajukan Droping Air Bersih

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Kekeringan di Kabupaten Bojonegoro pada musim kemarau tahun 2020 mulai meluas. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro mencatat ada empat desa dari empat kecamatan di Kabupaten Bojonegoro sudah mengalami kesulitan air bersih.

Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekontruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro, Yudi Hendro mengungkapkan, empat desa tersebut adalah Desa Sumberharjo Kecamatan Sumberrejo, Desa Butoh Kecamatan Ngasem, desa Donan Kecamatan Purwosari dan Desa Ngorogunung, Kecamatan Bubulan.

"Kita ada tambahan tiga desa yang mengajukan dropping air bersih, setelah sebelumnya Desa Sumberharjo telah mengajukan kepada kita," ujarnya.

Yudi menjelaskan, untuk menanggulangi kekeringan pada tahun ini, BPBD Kabupaten Bojonegoro telah menyiapkan sebanyak 1000 tangki air bersih dengan kapasitas sebesar 5000 liter, untuk setiap tangkinya. Hal tersebut dilakukan guna mengantisipasi meluasnya kekeringan di Bojonegoro, lantaran musim kemarau di Bojonegoro diprediksi lebih lama dibanding kemarau pada umumnya.

Berdasarkan informasi yang diterima dari BMKG, kemarau di Bojonegoro bakal terjadi selama empat bulan, mulai dari Agustus hingga Oktober 2020.

"Saat ini baru ada empat desa yang sudah mengajukan dropping air bersih, kalau untuk desa-desa lain yang sebelum-sebelumnya memang selalu dilanda kekeringan, kemungkinan saat ini masih memiliki cadangan air bersih, sehingga belum butuh suplai air bersih dari pihaknya," sambung Yudi.

Pada tahun 2019 lalu, ada 79 Desa di 22 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro yang dilanda kekeringan. Oleh karena itu, ia memprediksi kekeringan pada kemarau tahun ini akan semakin meluas.

Untuk itu pihaknya mengimbau kepada masyarakat apabila di wilayahnya sudah kesulitan air, agar segera melaporkan kepada kepala desa setempat. Dan kepada kepala desa yang di wilayahnya mulai kesulitan air bersih, agar segera membuat surat permohonan ke BPBD Bojonegoro, agar nantinya dapat dijadwalkan untuk dilakukan droping air bersih.

“Dalam proses pendistribusian air bersih ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh masyarakat, bahwa permintaan harus melalui Pemerintah Desa dan diketahui oleh Pemerintah Kecamatan baru disampaikan ke Pemerintah kabupaten. Hal ini harus dilakukan agar distribusi bisa dapat tepat sasaran ke masyarakat yang membutuhkan,” pungkasnya.[din/col]

Tag : Air, kekeringan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 23 November 2021 19:30

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com

    Dewan Pers Verifikasi Faktual Media blokBojonegoro.com Komisioner Dewan Pers, Agus Sudibyo melakukan proses verifikasi faktual untuk media blokBojonegoro.com, media lokal yang berkantor di Jalan KS Tubun Gang Srinayan No.3 Kecamatan/Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, Selasa (23/11/2021) sore....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 22 November 2021 14:00

    Resensi

    Dibalik Buku 00.00

    Dibalik Buku 00.00 Buku judul 00.00 merupakan karya kedua dari Anugrah Ameylia Falensia atau yang kerap dikenal dengan panggilan Amey atau cumi oleh teman-teman maupun para teman pembacanya....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Wednesday, 10 November 2021 10:00

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB

    BMG Buka Lowongan Wartawan bB Perkembangan blokMedia Group (blokBojonegoro media dan blokTuban media) semakin pesat dengan pembaca yang terus meningkat untuk wilayah Bojonegoro dan sekitarnya. Hal itu membuat manajemen melakukan pembenahan, termasuk menambah jumlah reporter...

    read more