11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

597 Peserta Ikut Ujian Perangkat Desa di Balen

blokbojonegoro.com | Thursday, 22 October 2020 10:00

597 Peserta Ikut Ujian Perangkat Desa di Balen

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Sebanyak 601 peserta, mengikuti tes pengisian perangkat desa (Sekretaris Desa, Kasi Pemerintahan, Kaur Kesra, Kaur Keuangan, Perencanaan dan Kepala Dusun) di Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro, Kamis (22/10/2020).  Tes tulis yang digelar di SMPN 1 Balen ini, merupakan tes tulis yang diselenggarakan secara serentak oleh 17 desa di Kecamatan Balen dengan total 24 kursi yang diperebutkan.

Panitia Pelaksana Sya'roni mengungkapkan, ada sebanyak 601 peserta yang seharusnya mengikuti ujian kali ini. Namun, ada empat peserta yang tidak hadir tanpa disertai alasan yang jelas, tiga peserta berasal dari Desa Mayangkawis dan 2 peserta berasal dari Margomulyo.

"Sebenarnya ada 603 orang yang mendaftar, tetapi ada 2 orang yang tidak lolos seleksi. Sehingga, hari ini yang mengikuti ujian ada 597 peserta," ujarnya.

Dirinya juga menjelaskan, untuk ujian yang menggandeng Universitas Airlangga sebagai pihak ketiga pembuat soal ini dilakukan dalam dua sesi. Pada sesi pertama, para peserta harus mengerjakan 100 soal dengan materi Bahasa Indonesia, Matematika, Sosial ekonomi dan Kewarganegaraan. Sedangkan untuk sesi kedua tentang materi Kemampuan Dasar, Pengetahuan Umum dan Wawasan Kebangsaan.

"Masing-masing sesi para peserta diberi waktu selama 120 menit, sesuai kesepakatan dari pihak yang membuat soal," imbuhnya.

Terkait sesi kedua, Sya'roni mengungkapkan, hanya diikuti sebanyak 20 persen peserta yang diambil dari jumlah peserta yang mengikuti ujian lowongan perangkat yang ada di setiap desa. Hal itu dilakukan guna sebagai penyaringan peserta untuk mengikuti sesi kedua.

"Jadi untuk hasil ujian sesi pertama nanti langsung keluar dan para peserta bisa melihatnya, kemudian baru diambil 20 persen peserta dari masing-masing total peserta yang mengikuti ujian," sambungnya.

Pria asal Desa Lengkong ini juga menyebutkan, kursi Sekretaris Desa masih menjadi primadona bagi para peserta. Bahkan, untuk lowongan kursi Sekretaris Desa Margomulyo direbutkan sebanyak 64 orang.

Pada ujian kali ini pihak panitia juga menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 yang sangat ketat. Bahkan sebelum masuk ruangan ujian, para peserta dicek suhu terlebih dahulu dan wajib mencuci tangan, serta menggunakan masker.

"Selain itu, kita juga membatasi jumlah peserta di setiap ruangannya dengan maksimal sebanyak 25 orang dan ada 24 ruangan pada ujian kali ini," pungkasnya.[din/lis]

 

Tag : Perangkat, desa



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat