20:00 . Pendaftaran CASN Diundur Hingga Akhir Juni   |   19:00 . Polres Bojonegoro Bagikan Ratusan Paket Sambako untuk Petugas Medis   |   18:00 . Harga Daging Ayam Merangkak Naik   |   16:00 . DEN Bantu  Pembangunan Rendah Karbon Industri Hulu Migas   |   11:00 . Bojonegoro Terus Berbenah   |   08:00 . Dalane Bojonegoro Wis 'Nglenyer'   |   07:00 . Orangtua, Ini Pentingnya Bantu Anak Atur Emosi   |   22:00 . Menikmati Keindahan Bukit Atas Angin di Malam Hari   |   21:00 . Momentum Hari Bhayangkara Ke - 75 Polres Bojonegoro Gelar Donor Darah   |   20:00 . Jadikan Sedekah Sebagai Kunci yang Diberikan Orang Tua untuk Sukses   |   19:00 . Duh...! Terus Meningkat, Kasus Konfirmasi Positif Covid-19 di Bojonegoro 43 Orang   |   18:00 . Kurang Konsentrasi, Toyota Vios Tabrak Pembatas Jembatan di Mayangkawis   |   17:00 . Melalui Sosialisasi Peningkatan Kapasitas Bupati Anna Imbau Terus Tingkatkan Prokes   |   16:00 . Mahasiswa Bidikmisi Unu Sunan Giri Tandatangani Kontrak Perjanjian   |   15:00 . Jelang Idul Adha, Penjual Tusuk Sate Mulai Menggelar Lapak   |  
Sat, 19 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sungai Mengkuris Meluap Terjang Pembangunan Jembatan dan Putus Saluran PDAM

blokbojonegoro.com | Thursday, 29 October 2020 14:00

Sungai Mengkuris Meluap Terjang Pembangunan Jembatan dan Putus Saluran PDAM

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bojonegoro bagian Timur, khususnya di wilayah Kecamatan Sumberrejo dan Kanor pada Rabu (28/10/2020) sore hingga kemarin petang, mengakibatkan Sungai Mengkuris yang melintasi dua Kecamatan itu meluap.

Meluapnya Sungai Mengkuris, berdampak terhadap longsornya tanah di area pembangunan jembatan poros Kecamatan Sumberrejo-Kanor, yang berada di Desa Simbatan Kecamatan Kanor.

Bahkan, longsor tersebut juga mengikis jalan poros yang menuju Kecamatan Sumberrejo-Kanor, hingga mendekati rumah warga.

Salah satu warga, Uus mengaku, longsornya tanah di area pembangunan jembatan di Desa Simbatan itu diperkirakan terjadi pada pagi tadi. Namun, terkait kronologi jelasnya ia tidak mengetahui secara pasti.

"Kalau untuk jam berapanya saya kurang begitu mengetahui, soalnya tadi masyarakat mengetahui sekitar pukul 06.00 Wib dan itupun sudah longsor," ungkapnya.

Terkait penyebab sendiri, ia menjelaskan dugaan terkuat memang disebabkan meluapnya Sungai Mengkuris dan juga hujan deras yang menyebabkan kontur tanah menjadi labil. Dengan longsor yang mendekati rumahnya tersebut, juga menjadikan dirinya was-was.

Selain menyebabkan longsor, hujan yang turun dengan intensitas cukup deras tersebut juga mengakibatkan saluran air PDAM yang menuju wilayah Kecamatan Sumberrejo maupun beberapa desa di Kecamatan Kanor terganggu. Lantaran saluran air PDAM yang menghubungan kedua kecamatan tersebut terputus.

Kepala Cabang PDAM Wilayah Sumberrejo dan Kanor, Agus Purwito mengatakan, Kecamatan Sumberrejo menjadi wilayah yang terdampak cukup parah dengan putusnya saluran air itu.  Sebab, sebagian wilayah di Sumberrejo mengambil air dari PDAM yang berada di Kecamatan Kanor.

"Kemungkinan dampak yang paling parah berada di selatan rel kereta api, yang meliputi Banjarsari, Pandanwangi, Kauman dan Kedungwaru," sambungnya kepada blokBojonegoro.com.

Terkait perbaikan saluran air PDAM itu sendiri, Agus menyampaikan membutuhkan waktu paling tidak dua hari. Sedangkan untuk menyuplai air ke beberapa Desa di wilayah Kecamatan Sumberrejo, akan melalui aliran PDAM dari Kecamatan Kota, yang melewati Kecamatan Balen.

"Kalau maksimal ya ndak bisa, karena juga harus berbagi dengan pelanggan yang berada di Balen, semoga perbaikan ini segera selesai sehingga tidak berdampak terlalu parah kepada konsumen," pungkasnya. [din/mu]

Tag : jembatan, banjir, longsor, kali, sungai

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more