13:00 . Sambut Hari Kartini Pemkab Bojonegroro Gelar Lomba Masak Nasi Goreng   |   11:00 . Reuni Angkatan Awal Ponpes Attanwir yang Luar Biasa   |   09:00 . Halal Bihalal, Momen Semangat Bekerja Bersama-sama Usai Cuti Lebaran   |   21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |  
Sat, 20 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hujan Disertai Angin Kencang, Tiga Pohon Tumbang ke Jalan

blokbojonegoro.com | Thursday, 03 December 2020 16:00

Hujan Disertai Angin Kencang, Tiga Pohon Tumbang ke Jalan

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Hujan yang turun dengan intesitas yang tidak terlalu deras disertai angin kencang melanda kawasan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Akibat hujan bercampur angin ini, tiga pohon yang berada di tiga titik berbeda tumbang dan menyebabkan arus lalu lintas sempat terganggu, Kamis (3/12/2020).

Masing-masing tiga pohon tumbang tersebut berada di Kecamatan Baureno, tepatnya Jalan Raya Surabaya tepatnya di depan pasar baru Baureno Kecamatan Baureno. Kemudian di Kecamatan Kapas, tepatnya berada di Jalan Raya Surabaya, Desa Kapas Kecamatan Kapas. Serta di Kecamatan Dander tepatnya di Jalan Raya Dander di Desa Ngraseh.

Untuk pohon tumbang yang berada di Kapas, sempat menimpa salah satu pengendara motor, namun tidak mengalami luka, lantaran pohon yang tumbang tersebut bisa dikatakan bukan jenis dari pepohonan besar. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro langsung mendatangi lokasi tersebut dan memotong batang kayu yang tumbang.

“Untuk pohon yang berada di Kapas sebenarnya bukan dari jenis pepohonan yang besar, melainkan bunga untuk penghias jalan tetapi ukuranya sudah besar dan kami sudah melakukan penanganan, dengan melakukan pemotongan dan pembersihan pohon yang tumbang,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nadief Ulfia.

Akibatnya, arus lalu lintas sempat tersendat sekitar 20 menit dan menyebabkan kemacetan sekitar 2 kilometer, lantaran diberlakukannya sistem buka tutup. Namun, saat ini sudah kembali normal lagi.

Dia menjelaskan, kejadian itu memang dipicu hujan disertai angin kencang yang terjadi pada sekitar pukul 13.38 WIB. Tiga pohon tersebut, tidak kuat menahan terpaan angin sehingga roboh.

"Kita langsung bergerak cepat dengan unsur lainya yang terlibat, seperti Dinas Pemadam Kebakaran, Polri, TNI, Satpol PP dan masyarakat setempat," sambung Nadief Ulfia.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Bojonegoro agar waspada jika terdapat hujan disertai angin. Mengingat potensi bencana di Kabupaten Bojonegoro saat hujan disertai angin adalah pohon tumbang dan banjir bandang. Sehingga saat hujan disertai angin agar menghindari pohon.

Sebelumnya banjir bandang melanda 15 Desa di 7 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro yang meliputi Desa Kunci, Desa Sumberarum, Desa Ngumpakdalem dan Desa Ngraseh untuk Kecamatan Dander. Kemudian untuk Kecamatan Malo, meliputi Desa Kacangan, Desa Tambakromo dan Desa Petak.

Selain itu, banjir juga melanda Desa Sumberbendo Kecamatan Bubulan, Desa Sukorejo dan Desa Pacul di Kecamatan Kota Bojonegoro, Desa Baureno dan Desa Blongsong yang berada di Kecamatan Baureno. Banjir juga merendam Desa Sembung, Desa Bangilan dan Desa Bendo, serta Desa Sukosewu Kecamatan Sukosewu.

"Jangan berkendara jika terjadi angin kencang, karena rawan terjadi pohon tumbang dan hindari tempat terbuka jika terjadi petir," tutupnya. [din/mu]

Tag : hujan, angin kencang, pohon tumbang, pohon



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat