21:00 . Perampok dan Brandal yang Mengacaukan Warga, 3 Desa Kecil jadi Bumirejo   |   20:00 . Baru Nikah, 50 Pasangan Muda di Bojonegoro Kandas   |   19:00 . Jelang Masa Akhir Petik, Harga Tembakau di Bojonegoro Terus Menurun   |   18:00 . Pemimpin Desa Bumirejo Dari Masa 1873   |   08:00 . Kwarcab Bojonegoro Laksanakan Apel Besar bersama Ka. Kwarda Jawa Timur   |   06:00 . Manbaul Ulum Bulu Bersholawat   |   18:00 . TP PKK Jawa Timur Resmi Lantik Dian Adiyanti Sebagai PJ Ketua TP PKK Bojonegoro   |   17:00 . KA Rute Bojonegoro-Yogyakarta Dirindukan Penumpang   |   16:00 . Wamenag RI Kunker ke Bojonegoro, Resmikan Gedung Imam Zarkasyi, Al-Rosyid   |   15:00 . Belum Ada Kabar Baik Soal Persibo, Supporter Akan Wadul Pj Bupati   |   14:00 . Kunjungi 2 Ponpes di Bojonegoro, Begini Pesan Kesan Wamenag RI   |   14:00 . Buktikan Kinerja Unggul, Pertamina Hulu Energi Terapkan Strategi Sinergi Operasi   |   13:00 . Ini Persyaratan Formasi Kesehatan dan Tenaga Teknis PPPK Pemkab Bojonegoro   |   10:00 . Biosaka Bikin Cepat Panen Solusi Efisiensi Biaya   |   08:00 . Suksesnya MSD 2023 Jadi Bentuk Suport Warga ke Desa¬†   |  
Fri, 29 September 2023
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Hujan Disertai Angin Kencang, Tiga Pohon Tumbang ke Jalan

blokbojonegoro.com | Thursday, 03 December 2020 16:00

Hujan Disertai Angin Kencang, Tiga Pohon Tumbang ke Jalan

Reporter: Muhammad Qomarudin

blokBojonegoro.com - Hujan yang turun dengan intesitas yang tidak terlalu deras disertai angin kencang melanda kawasan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Akibat hujan bercampur angin ini, tiga pohon yang berada di tiga titik berbeda tumbang dan menyebabkan arus lalu lintas sempat terganggu, Kamis (3/12/2020).

Masing-masing tiga pohon tumbang tersebut berada di Kecamatan Baureno, tepatnya Jalan Raya Surabaya tepatnya di depan pasar baru Baureno Kecamatan Baureno. Kemudian di Kecamatan Kapas, tepatnya berada di Jalan Raya Surabaya, Desa Kapas Kecamatan Kapas. Serta di Kecamatan Dander tepatnya di Jalan Raya Dander di Desa Ngraseh.

Untuk pohon tumbang yang berada di Kapas, sempat menimpa salah satu pengendara motor, namun tidak mengalami luka, lantaran pohon yang tumbang tersebut bisa dikatakan bukan jenis dari pepohonan besar. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro langsung mendatangi lokasi tersebut dan memotong batang kayu yang tumbang.

“Untuk pohon yang berada di Kapas sebenarnya bukan dari jenis pepohonan yang besar, melainkan bunga untuk penghias jalan tetapi ukuranya sudah besar dan kami sudah melakukan penanganan, dengan melakukan pemotongan dan pembersihan pohon yang tumbang,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Nadief Ulfia.

Akibatnya, arus lalu lintas sempat tersendat sekitar 20 menit dan menyebabkan kemacetan sekitar 2 kilometer, lantaran diberlakukannya sistem buka tutup. Namun, saat ini sudah kembali normal lagi.

Dia menjelaskan, kejadian itu memang dipicu hujan disertai angin kencang yang terjadi pada sekitar pukul 13.38 WIB. Tiga pohon tersebut, tidak kuat menahan terpaan angin sehingga roboh.

"Kita langsung bergerak cepat dengan unsur lainya yang terlibat, seperti Dinas Pemadam Kebakaran, Polri, TNI, Satpol PP dan masyarakat setempat," sambung Nadief Ulfia.

Ia pun menghimbau kepada masyarakat khususnya di Kabupaten Bojonegoro agar waspada jika terdapat hujan disertai angin. Mengingat potensi bencana di Kabupaten Bojonegoro saat hujan disertai angin adalah pohon tumbang dan banjir bandang. Sehingga saat hujan disertai angin agar menghindari pohon.

Sebelumnya banjir bandang melanda 15 Desa di 7 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro yang meliputi Desa Kunci, Desa Sumberarum, Desa Ngumpakdalem dan Desa Ngraseh untuk Kecamatan Dander. Kemudian untuk Kecamatan Malo, meliputi Desa Kacangan, Desa Tambakromo dan Desa Petak.

Selain itu, banjir juga melanda Desa Sumberbendo Kecamatan Bubulan, Desa Sukorejo dan Desa Pacul di Kecamatan Kota Bojonegoro, Desa Baureno dan Desa Blongsong yang berada di Kecamatan Baureno. Banjir juga merendam Desa Sembung, Desa Bangilan dan Desa Bendo, serta Desa Sukosewu Kecamatan Sukosewu.

"Jangan berkendara jika terjadi angin kencang, karena rawan terjadi pohon tumbang dan hindari tempat terbuka jika terjadi petir," tutupnya. [din/mu]

Tag : hujan, angin kencang, pohon tumbang, pohon



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat