16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

LMDH Produksi Minyak Kayu Putih khas Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Sunday, 20 December 2020 10:00

LMDH Produksi Minyak Kayu Putih khas Bojonegoro

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) kini telah memproduksi minyak kayu putih hasil asli olahan tangan Bojonegoro. Olahan minyak kayu putih ini dikerjakan oleh LMDH dan bekerja sama dengan Perhutani sejak tahun 2019 yang lalu.

Untuk mengangkat nama minyak kayu putih khas Bojonegoro, Shri Redjeki selaku salah satu anggota Perhutani memberi nama dengan sebutan Mijo, yang berarti Minyak Bojonegoro. Shri Redjeki membantu proses promosi dan pemasaran minyak kayu putih ini melalui CEC atau yang lebih dikenal sebagai komunitas ekonomi kreatif yang ada di Bojonegoro.

Selain Mijo ada juga nama minyak kayu putih yang lain, yaitu Deep Forest. Minyak kayu putih yang diberi nama Deep Forest ini lebih awal launching sebelum Mijo. Deep Forest ini pun pasar jualnya sudah ke berbagai daerah Pulau Jawa dan Kalimantan. 

"Untuk membeli minyak kayu putih khas Bojonegoro ini harus melalui Perhutani langsung dan harus kontrak. Serta, untuk pembelian eceran kita bisa membeli melalui CEC," ungkapnya.

Ibu rumah tangga ini mengungkapkan bahwa ia berharap bahwa minyak kayu putih ini bisa tercipta oleh tangan tangan kreatif warga Bojonegoro sendiri, tanpa masuk ke lembaga mana pun.

Bahan-bahan olahan minyak kayu putih ini murni, tanpa campur aduk bahan untuk menambah aroma yang lain. Jadi aromanya murni dari bahan minyak kayu putih.

"Kandungan minyak kayu putih Bojonegoro ini juga harus diuji sebelum dipasarkan. Dan alhamdulillah kandungan sineol yang ada di minyak kayu putih ini mencapai 70% ke atas. Dan kandungan ini yang membuat minyak kayu putih ini menjadi istimewa. Karena fungsi dari sineol tersebut yaitu untuk meredakan saraf yang tegang dan relaksasi," ujarnya.

Ia juga menuturkan, bila minyak kayu putih yang kita pakai terasa panas. Itu adalah minyak kayu putih yang perlu diwaspadai, karena itu kemungkinan product dengan banyak campuran.

Minyak kayu putih ini dibandrol dengan harga paling murah Rp35.000 dengan 30 mili hingga Rp150 ribu ukuran 450 mili. Dengan kemasan beragam, minyak kayu putih ini memiliki harga yang berbeda, pada setiap kemasannya.

"Untuk akhir tahun ini kita stop produksi dulu karena musim penghujan. Karena musim penghujan seperti ini dapat membuat kerugian yang lebih besar lagi. Jadi kita hanya produksi ketika musim kemarau saja," imbuh Shri Redjeki. [uul/lis]

Tag : Minyak, kayu putih



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat