21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lewat Pramuka, Santri Al-Rosyid Perkuat NKRI

blokbojonegoro.com | Saturday, 06 February 2021 13:00

Lewat Pramuka, Santri Al-Rosyid Perkuat NKRI

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Keberadaan pelajar termasuk santri sangat penting dalam menjaga dan memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Seperti yang dilakukan Al-Rosyid Dander, Bojonegoro yang terus menanamkan kesatuan dan persatuan melalui pramuka dengan mengadakan kursus pembina Pramuka mahir tingkat dasar (KMD).

Kegiatan yang berlangsung seminggu itu dipastikan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, dibuka langsung Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia, Sabtu (6/2/2021). Pasalnya seluruh peserta menjaga jarak, semua tamu undangan pembukaan KMD selain memakai masker, mencuci tangan, cek suhu dan melewati bilik desinfektan yang disediakan pondok.

Pengasuh pondok pesantren Al-Rosyid Dander, KH Alamul Huda mengucapkan terimakasih kepada semua undangan, Bapak Hanafi selaku wakil Kwarcab Pramuka dan utamanya Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia dengan agenda padat dan menghadiri langsung pembukaan KMD.

Menurut Gus Huda, kursus mahir tingkat dasar sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun. Termasuk sejak revolusi, Pramuka sudah mulai melakukan perubahan Alrosyid tetap mempertahankan Pramuka, prajamuda karana Merah Putih.

"Bangsa ini membutuhkan orang kuat dan generasi yang tidak cengeng, menjaga semangat. Sekaligus santri yang cinta NKRI dan negeri ini," terangnya.

Ketua MUI Kabupaten Bojonegoro itu juga mengingatkan, Indonesia harus tetap elegan, mandiri dan berdiri diatas diri sendiri dari asing yang akan menjajah Indonesia. Melalui pelajar maupun santri Al-Rosyid yang dididik kepramukaan, sehingga bisa ikut menjaga NKRI kedepannya.

Setidaknya ada 137 peserta yang mengikuti KMD, terdiri 93 putri dan 44 putra. Dalam kegiatannya berlangsung 60 persen mengikuti dari dan 40 persen secara luring. "Kalau biasanya peserta membuat tenda, saat pandemi peserta mengikuti pelatihan melalui aplikasi zoom," papar Gus Huda.

Ditambahkan, realita pandemi sekarang ini anak-anak santri harus tidak menyerah keadaan, agar lebih militansi dan kuat segalanya. "Sebab tantangan santri semakin berat, perlu penguatan pondasi. Sekaligus menggunakan kedisiplinan," imbuhnya.

Selain itu pondok pesantren Al-Royid sudah dilounching pertamakali menjadi pondok  tangguh Semeru, yang sampai sekarang ini dipertahankan dan dikembangkan, Kapolres AKBP Eva Guna Pandia.

Sementara itu Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia mengapresiasi penguatan karakter melalui pramuka yang dilakukan pondok pesantren Al-Rosyid, dengan menerapkan protokol kesehatan. Berbagai upaya dilakukan pondok pesantren untuk pendidikan karakter, seperti halnya melalui kepramukaan.

"Peran santri terus diberdayakan untuk agen agar mereka lebih giat, menuntut ilmu memajukan Negera kita," pungkas Kapolres.

Beberapa materi yang disampaikan mulai kepramukaan, seperti funda mental gerakan Pramuka, prinsip dasar dan metode kepramukaan, orientasi dan gerakan. Serta beberapa materi lainnya penguatan dan pendalaman terkait dunia prajamudakarana. [zid/mu]

Tag : pramuka, alrosyid, pramuka alrosyid, pondok, pondok pesantren



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat