07:00 . Orangtua, Ini Faktor yang Menyebabkan Anak Rentan Alami Stres saat Ujian Sekolah   |   22:00 . Pedagang Keluhkan Harga Ayam Potong di Pasar Merangkak Naik   |   21:00 . Bersinergi Kapolres Bojonegoro Lakukan Audiensi Bersama PC GP Ansor Bojonegoro   |   20:30 . Video Lakalantas Truk Seruduk Teras Toko di Balen   |   20:00 . Gelar Pelatihan, STIKES Rajekwesi Berkomitmen Tingkatkan Kualitas Pendidikan Kesehatan   |   19:00 . Peduli ADHA, Pita Merah Adakan Home Care dan Berikan Bantuan   |   18:00 . Anniversary Ke-5, VLOC Chapter Bojonegoro Beri Santunan Anak Yatim   |   17:00 . Dijuluki Netherlands Bojonegoro, Kantor Notaris Jadi Tempat Swafoto Hingga Prewedding   |   16:00 . Lagi-lagi Terjadi Kecelakaan Truk Banting Setir Nyelonong Depan Toko   |   15:00 . Dukung KADIN Bojonegoro, Budiono Siapkan 10 Titik Bantuan untuk UMKM Ponpes dan Kampus   |   14:00 . Mendag: Jaga Momentum Pertumbuhan Ekspor dan Kendalikan Inflasi   |   13:00 . Kecelakaan Tunggal, Truk Muatan Ayam Hantam Pohon   |   12:00 . 81 Produk Mahasiswa Kampus Ungu Dipamerkan di Stakeholders Collaborations   |   11:00 . KADIN Bojonegoro Menggelar Stakeholders Collaboration 2022   |   10:00 . Peluang Usaha di Era Kekinian - Tuban Digital Forum   |  
Thu, 20 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Lewat Pramuka, Santri Al-Rosyid Perkuat NKRI

blokbojonegoro.com | Saturday, 06 February 2021 13:00

Lewat Pramuka, Santri Al-Rosyid Perkuat NKRI

Reporter: M. Yazid

blokBojonegoro.com - Keberadaan pelajar termasuk santri sangat penting dalam menjaga dan memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Seperti yang dilakukan Al-Rosyid Dander, Bojonegoro yang terus menanamkan kesatuan dan persatuan melalui pramuka dengan mengadakan kursus pembina Pramuka mahir tingkat dasar (KMD).

Kegiatan yang berlangsung seminggu itu dipastikan mematuhi protokol kesehatan (Prokes) Covid-19, dibuka langsung Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia, Sabtu (6/2/2021). Pasalnya seluruh peserta menjaga jarak, semua tamu undangan pembukaan KMD selain memakai masker, mencuci tangan, cek suhu dan melewati bilik desinfektan yang disediakan pondok.

Pengasuh pondok pesantren Al-Rosyid Dander, KH Alamul Huda mengucapkan terimakasih kepada semua undangan, Bapak Hanafi selaku wakil Kwarcab Pramuka dan utamanya Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia dengan agenda padat dan menghadiri langsung pembukaan KMD.

Menurut Gus Huda, kursus mahir tingkat dasar sudah menjadi kegiatan rutin setiap tahun. Termasuk sejak revolusi, Pramuka sudah mulai melakukan perubahan Alrosyid tetap mempertahankan Pramuka, prajamuda karana Merah Putih.

"Bangsa ini membutuhkan orang kuat dan generasi yang tidak cengeng, menjaga semangat. Sekaligus santri yang cinta NKRI dan negeri ini," terangnya.

Ketua MUI Kabupaten Bojonegoro itu juga mengingatkan, Indonesia harus tetap elegan, mandiri dan berdiri diatas diri sendiri dari asing yang akan menjajah Indonesia. Melalui pelajar maupun santri Al-Rosyid yang dididik kepramukaan, sehingga bisa ikut menjaga NKRI kedepannya.

Setidaknya ada 137 peserta yang mengikuti KMD, terdiri 93 putri dan 44 putra. Dalam kegiatannya berlangsung 60 persen mengikuti dari dan 40 persen secara luring. "Kalau biasanya peserta membuat tenda, saat pandemi peserta mengikuti pelatihan melalui aplikasi zoom," papar Gus Huda.

Ditambahkan, realita pandemi sekarang ini anak-anak santri harus tidak menyerah keadaan, agar lebih militansi dan kuat segalanya. "Sebab tantangan santri semakin berat, perlu penguatan pondasi. Sekaligus menggunakan kedisiplinan," imbuhnya.

Selain itu pondok pesantren Al-Royid sudah dilounching pertamakali menjadi pondok  tangguh Semeru, yang sampai sekarang ini dipertahankan dan dikembangkan, Kapolres AKBP Eva Guna Pandia.

Sementara itu Kapolres Bojonegoro, AKBP Eva Guna Pandia mengapresiasi penguatan karakter melalui pramuka yang dilakukan pondok pesantren Al-Rosyid, dengan menerapkan protokol kesehatan. Berbagai upaya dilakukan pondok pesantren untuk pendidikan karakter, seperti halnya melalui kepramukaan.

"Peran santri terus diberdayakan untuk agen agar mereka lebih giat, menuntut ilmu memajukan Negera kita," pungkas Kapolres.

Beberapa materi yang disampaikan mulai kepramukaan, seperti funda mental gerakan Pramuka, prinsip dasar dan metode kepramukaan, orientasi dan gerakan. Serta beberapa materi lainnya penguatan dan pendalaman terkait dunia prajamudakarana. [zid/mu]

Tag : pramuka, alrosyid, pramuka alrosyid, pondok, pondok pesantren



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat