08:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Dihukum Dorong Motor   |   07:00 . Tersebar Diduga CCTV Detik-detik Remaja di Bojonegoro Dikejar 4 Motor Sebelum Meninggal   |   22:00 . Kisah Inspiratif Pembatik Gen Z Asal Temayang, Berdayakan Tetangga Melalui Usaha Rintisannya   |   21:00 . Ya Allah, Balita di Bojonegoro Meninggal Terlindas Truk   |   20:00 . Sebelum Dimakamkan, Jenazah Remaja yang Ditemukan Meninggal di Bojonegoro Diautopsi   |   19:00 . Kronologi Meninggalnya Remaja di Bojonegoro, Korban Dikejar dan Tabrak Pembatas Jalan, Polisi Terus Selidiki   |   18:00 . Setyo Wahono Adik Mensesneg Nyatakan Siap Maju Calon Bupati Bojonegoro   |   17:00 . Remaja di Bojonegoro Ditemukan Meninggal, Dikeroyok atau Kecelakaan?   |   16:00 . Bagaimana Pertanian Ekologis Ramah Lingkungan Mengubah Nasib Petani di Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Satu Keluarga Hasilkan Cuan dari Olahan Tanaman Sekitar Rumah, Bisnis Makin Berkembang Berkat KUR   |   14:00 . Kisah Milenial Asal Bojonegoro Gunakan Satu Aplikasi Untuk Segala Kebutuhan   |   13:00 . Bayar Uang Kuliah Hingga Beli Pulsa, Belanja Bisa Lewat Fitur BRImo   |   12:00 . Bukan Suami Istri, Penghuni Kos Nakal Pondok Pinang Diamankan Satpol PP   |   09:00 . Hendak Konvoi, Ratusan Remaja di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   22:00 . Realfood Berikan Hadiah Rumah untuk Striker Timnas Indonesia U-16 asal Bojonegoro   |  
Sun, 14 July 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tenun Tradisional Kedungrejo Tembus Asia dan Afrika

blokbojonegoro.com | Tuesday, 25 May 2021 14:00

Tenun Tradisional Kedungrejo Tembus Asia dan Afrika


Kontributor : Rizki Nur Diansyah

blokBojonegoro.com - Desa Kedungrejo, Kecamatan Sumberrejo, Kabupaten Bojonegoro ada pengrajin tenun tradisional yang juga mengerjakan motif Thengul sebagai produk andalannya.

Muochammad Alim (42) salah satu warga Desa Kedungrejo RT 07 RW 09, di tahun 2011  awal dari dia merintis usahanya ini bersama istrinya, dan pada tahun 2016 awal launching produknya, di Alun Alun Bojonegoro.

Muchammad Alim menjelaskan, pada tahun 2009 awal-awal mencoba dan belajar tenun di Kediri saat dia masih bekerja di pabrik tepung.

"Saya belajar menenun di Kediri, usai pulang kerja atau ketika ada waktu luang, saya menyempatkan untuk belajar menenun," ujarnya.

Selang 5 tahun lalu dia pulang ke kampung, bertekad untuk menjadi pengrajin tenun di kampung. Dengan memanfaatkan rumah sederhananya, dan sedikit modal dari hasil bekerjanya dulu di Kediri, dia membuat tenun dengan alat seadanya dulu.

"Dulu nya saya membuatnya di rumah orang tua saya dulu, selang waktu saya rasa kurang luas, lalu saya membuat rumah sendiri," tambahnya.

Saat ini Alim menandai branding tenunya dengan nama KUPERSAE, dan saat ini sudah mempunyai 12 Karyawan, dan alatnya ada 14 yang terdiri dari 12 alat untuk sarung dan yang 2 untuk kain.

"Karyawan itu tidak semua berada di rumah saya, yang lain dibawa pulang kerumahnya, lalu ketika sudah jadi diantar ke rumah saya atau terkadang juga saya ambil sendiri," terangnya.

Untuk harga sarung nya sendiri yang paling murah dibandrol dengan harga 150 ribu dan yang paling mahal hingga 300 ribu, dan Produk tenun Alim juga sudah di pasarkan hingga Arab Saudi, Singapura, Malaysia dan di Afrika.

"Dulu juga pernah dapat pesanan dari Presiden Afrika dengan Motif Thengul," ujarnya.

Saat ini kendala Muchamad Alim yaitu pada pemasaran, karena dia juga sudah tua dan tidak begitu bisa menggunakan internet atau sosial media. [riz/ito]

Tag : kain, tenun, kedungrejo, sumberrejo, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat