08:00 . Efek Kepak Sayap Kupu-Kupu   |   17:00 . Akibat Luapan Kali Pacal, Jembatan Penghubung di Sidobandung Ambruk   |   16:00 . BKC Bersama Pemuda Tlogohaji, dan Babinsa Sinergi Perbaiki Rumah Mbah Urip   |   07:00 . Para Orang Tua Wajib Paham, Ini 4 Tanda Anak Cerdas   |   18:00 . Bupati Anna dan Kajari Imbau Pengelolaan Dana Bos Prioritaskan Integritas   |   17:00 . BMKG: Waspada Cuaca 3 Hari Mendatang   |   15:00 . 5 Organisasi Profesi Kesehatan Tolak RUU Kesehatan   |   13:00 . Putra Asal Bojonegoro, Belasan Tahun Mengabdi di Luar Jawa   |   10:00 . Diduga Pecah Ban, Truk Box Oleng Tabrak Pagar Koramil 0813-06 Bojonegoro   |   07:00 . Psikolog Ungkap Kesalahan Orangtua yang Bisa Hambat Potensi Anak, Pelajari Yuk Bun!   |   19:00 . Inilah Nama-Nama Mutasi Pejabat Pemkab Bojonegoro   |   18:00 . Sinergi Dinas PMD dan Bapenda Dampingi Desa Deteksi Dini Objek Pajak Terkendala   |   16:00 . Ini Spek Lengkap Toyota Rush, Kendaraan Camat se-Kabupaten Bojonegoro   |   15:00 . Stigma Buruk Menjadi Kendala dalam Penanggulangan HIV/AIDS   |   14:00 . Kasus HIV di Bojonegoro Mencapai 217 kasus, 2 Persen di Atarannya Anak-anak   |  
Sun, 04 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Bupati Anna Meninjau dan Menyerahkan Bibit Tembakau Kepada Petani Desa Ngujung

blokbojonegoro.com | Wednesday, 26 May 2021 09:00

Bupati Anna Meninjau dan Menyerahkan Bibit Tembakau Kepada Petani Desa Ngujung

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Jadikan Bojonegoro sebagai sentra produksi penghasil tembakau, petani tembakau Desa Ngujung, Kecamatan Temayang mendapat bantuan bibit tembakau Jawa dari Pemkab Bojonegoro, Rabu (26/5/2021).

Bupati Bojonegoro, Anna Muawanah, menyampaikan, bicara soal tembakau Kabupaten Bojonegoro sudah tidak diragukan lagi. Apalagi tembakau jenis jawa yang mempunyai keunikan sendiri maka hal itu harus dipertahankan.

Terkait waktu penanaman juga perlu dipertimbangkan, mulai dari proses persemaian, penanaman dan pemetikan. Agar nantinya para petani tembakau mendapatkan hasil panen yang maksimal.

"Maka dari itu, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian serta Bapak Hamid selaku inisiator tanaman tembakau untuk pelaksanaan penanaman bibit tembakau di Desa Ngujung, Kecamatan Temayang," ungkap  Bupati Anna.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro, Helmy Elizabeth menuturkan bahwa program petani mandiri juga menyentuh kelompok petani Desa Ngujung. Di mana dari 3 kelompok petani di Desa Ngujung baru satu kelompok yang mendapatkan program petani mandiri.

"Namun 2 kelompok petani akan dituntaskan di 2021 dan di tahun 2022,” ucapnya.

Mengingat potensi di Bojonegoro tidak hanya berpotensi sebagai penghasil padi, tetapi Pemkab Bojonegoro memahami bahwa kebutuhan petani tidak hanya sektor tanaman pangan.

“Oleh sebab itu petani tembakau akan mendapatkan bantuan bibit tembakau jawa dari Pemkab Bojonegoro," sambungnya.

pada tahun 2020, berdasarkan data badan statistik hampir 2.000 hektare lahan tembakau yang terealisasi. Dimana untuk produksinya sendiri kurang lebih 2.300 hingga 2.500 ton, khusus untuk tembakau Jawa saja.

Salah satunya di Desa Ngujung Kecamatan Temayang ini, sebagai sentra produksi tembakau jawa. Sehingga sangat tepat sekali BUpati Bojonegoro mendukung sentra produksi Tembakau Jawa di Kabupaten Bojonegoro.

Helmy juga berpesan kepada para kelompok petani yang mendapat bantuan bibit tembakau ini, ditanam dan dirawat dengan baik. Karena saat ini musim yang tepat untuk masuk tanam tembakau. “Di samping itu, kalau bisa tutup musim tanam tembakau diperkirakan sampai bulan Juni, agar tidak kejar-kejaran dengan musim hujan," tandasnya. [lis/ito]

Tag : Ngujung, tamayang, Bojonegoro, petani, tembakau



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat