21:00 . Ada Lelang Tanda Tangan Rp10 Juta Saat Pamit Kenal Camat Padangan   |   20:00 . Hari Gizi Nasional, MI Darul Ulum Gelar Lomba Mewarnai se-Karisidenan   |   18:00 . Tak Hanya Bupati, Dua Anggota Dewan Juga Tinjau Tanggul Jebol Kedungprimpen   |   16:00 . Setelah NU Banyuwangi dan Sidoarjo, Giliran Rijalul Ansor NU Bojonegoro Dukung Gus Muhaimin   |   15:00 . EMCL Bersama Mitra Gelar LPJ Pembangunan Instalasi Air Bersih   |   14:00 . Pemkab Rencanakan Pengadaan Pompa Air di Lebaksari   |   13:00 . Tinjau Lokasi Jebolnya Tanggul Kali Avur, Bupati Minta Segera Dinormalisasi   |   12:00 . Kemendag Lepas Ekspor Olahan Sorgum Produk Unggulan Desa   |   11:00 . Latar Belakang Gunung Rengel, Jembatan TBT Cocok Buat Spot Foto   |   09:00 . Bengawan Solo Masih Siaga 1, Tren Turun Cepat   |   07:00 . Journaling Benarkah Bagus untuk Kesehatan Mental?   |   18:00 . Tanah Samping Kali Avour Longsor, Ratusan Hektar Sawah Terendam   |   18:00 . Video Tanggul Sungai di Kanor Jebol   |   17:00 . Inilah Juara Turnamen Bulu Tangkis Piala Bupati Ormada Bojonegoro   |   16:00 . Tanggul Jebol, Beberapa Desa di Kanor Terkena Dampak   |  
Sun, 23 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

#CeritaDesaKu

Penuturan Sesepuh, Cerita Desa Malingmati Mirip Kisah Robin Hood

blokbojonegoro.com | Wednesday, 02 June 2021 21:00

Penuturan Sesepuh, Cerita Desa Malingmati Mirip Kisah Robin Hood

Kontributor: Herman Bagus

blokBojonegoro.com - Desa Malingmati adalah salah satu desa yang terletak di Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro. Dari penuturan sesepuh desa ternyata desa yang berlokasi 41 KM dari pusat Kota Migas itu memiliki sejarah yang hampir mirip dengan kisah cerita Robin Hood.

Sampai saat ini sejarah kelahiran Desa Malingmati belum bisa diketahui secara pasti karena tidak adanya bukti-bukti tertulis yang menerangkan tentang asal usul atau sejarah dari desa tersebut, akan tetapi berdasarkan cerita dari para tetua desa. 

Menurut Ngasio Kepala Dusun Malingmati mengatakan, lahirnya nama Desa Malingmati berawal dari cerita bahwa dahulu kala di daerah tersebut ada seseorang yang memiliki ilmu kanuragan tinggi dan memiliki kebiasaan mencuri untuk di berikan kepada kaum-kaum miskin dan tertindas.

"Ceritanya itu kata Mbah-Mbah dulu itu ada namanya Maling Gentiri, Maling Gentiri itu maling yang budiman kalau mencuri tidak buat dirinya sendiri tapi buat orang-orang miskin," kata Kepala Dusun Malingmati saat ditanya awak media blokBojonegoro.com.

Dia melanjutkan, selain budiman maling gentiri juga sangat terkenal sakti mandraguna. Pada suatu waktu di daerah itu kedatangn maling yang sama saktinya dan akhirnya terjadi lah sebuah pertarungan sengit.

"Dalam pertarungan tersebut yang menang itu yang bisa memanjat sebuah pohon pisang besar yang bertempat di Pesarean Malingmati ini, dalam pertarungan tersebut maling pendatang atau maling yang baru datang di daerah sini itu bisa memahat pohon asem itu hingga tembus, akan tetapi setelah berhasil memanjat pohon itu malingnya hilang dan di nyatakan mati, dari kisah tersebut desa ini di namakan Desa Malingmati," ucapnya.

Di pesarean tersebut juga selalu di adakan sedekah bumi setiap tahunnya. Selain itu di Desa Malingmati juga memiliki mitos jika ada maling yang mencuri atau yang lewat daerah tersebut pasti akan menemui kesialan.

"Dari dulu pencuri yang mencuri atau lewat di Desa Malingmati ini akan mendapatkan sial jika mencuri di sini, entah ini kebetulan atau memang benar adanya, sebab di 2007 dulu ada perampok di Kecamatan Kalitidu lari ke daerah sini dan berakhir tertangkap, selain kejadian itu dulu juga pernah ada maling sapi di desa ini juga berakhir tertangkap," tutupnya.[her/lis]

 

Tag : Kisah, desa, sejarah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat