17:00 . Bupati Anna Dukung Penuh Tahapan Verifikasi Menuju KLA   |   16:00 . Verifikasi Lapangan KLA, Dinas P3AKB Sampaikan Kondisi Bojonegoro   |   14:00 . Mbah Galong dan Sejarah Desa Sambong   |   12:00 . Temui Suporter Persibo, Begini Tanggapan Anggota DPRD Bojonegoro   |   10:00 . Suporter yang Mengatasnamakan Bojonegoro Bersatu Gelar Demo   |   08:00 . Sudah Mendaftar, Persibo Bojonegoro Pastikan Ikuti Liga 3   |   07:00 . Hasil Penelitian Ungkap Penderita Mata Minus Meningkat selama Pandemi, Terutama Anak-Anak   |   19:00 . Gowes Bareng Upaya PEPC Eratkan Silaturahim   |   18:00 . Kunjungi KEK Singhasari, AMSI Ditawari Bangun Klaster Media Siber   |   17:00 . Bupati Bojonegoro Pastikan Persibo Daftar Liga 3 Besok   |   14:00 . Pandemi Covid-19, Dinpora Minta Atlet Tetap Berlatih   |   13:00 . Pelaku IKM dan UMKM Gelar Senam Minggu Ceria Bangkitkan Ekonomi Kecil   |   12:00 . Pagu PPDB Belum Terpenuhi, Jalur Ini Jadi Solusi   |   10:00 . Harga Cabai Rawit Mulai Merangkak Naik di Pasaran   |   09:00 . STAI Attanwir Semakin Berkembang   |  
Mon, 14 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Manfaat Olahraga Workout di Masa Pandemi Covid-19

blokbojonegoro.com | Thursday, 27 May 2021 18:00

Manfaat Olahraga Workout di Masa Pandemi Covid-19

Penulis: Anas Destyanto Ramadhan*

Aktivitas workout sudah banyak dikenal di kalangan milenial. Istilah workout sendiri dikenal sebagai sebuah aktivitas fisik yang dilakukan di tempat kebugaran tubuh dengan pendampingan dari seorang pelatih/trainer. Pentingnya menjaga kesehatan tubuh dalam menunjang fisik yang optimal menjadi alasan untuk melakukan aktivitas workout. Di tahun 2020, aktivitas workout dilakukan dari rumah atau workout from home. Situasi ini menyusul adanya penyebaran pandemi COVID-19 menyebabkan kegitaan sosial mulai dibatasi. Bahkan pemerintah di tiap negara mengeluarkan kebijakan Work from Home (WfH). Aktivitas yang biasanya dilakukan diluar rumah harus dialihkan dan terpaksa dilakukan di dalam rumah (WHO, 2020).

Menjaga kondisi fisik tetap bugar adalah hal yang penting dilakukan (Hasanah, 2020), terutama bagi orang yang berisiko terkena penyakit tidak menular(Ruslan, 2011). Namun, di tengah pandemi covid-19 seperti ini, aktivitas fisik dan ruang gerak menjadi terbatas(Dai, 2020). Orang dianjurkan untuk selalu menjaga daya tahan tubuhnya tetap kuat agar terhindar dari infeksi virus Corona(Herlina & Suherman, 2020). Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah melakukan aktivitas fisik workout dan berolahraga tapi juga harus memperhatikan kebersihan peralatan olahraga dan tempat berolahraganya (Tiksnadi et al., 2020). Orang dianjurkan untuk selalu menjaga daya tahan tubuhnya tetap kuat agar terhindar dari infeksi virus Corona(Zendrato, 2020).
   
Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana yang dilakukan orang dengan sadar untuk meningkatkan kemampuan fungsionalnya, sesuai dengan tujuannya melakukan olahraga(S. Giriwijoyo et al., 2007). Dalam kondisi untuk mencegah penularan maka aturan pemerintah pusat dan perturan daerah meminta semua masyarakat untuk melakukan work form home dan menutup tempat umum(Nadiar & Janitra, 2020).

Melakukan olahraga di rumah diharuskan karena dalam situassi yang mengaharuskan masyarakat untuk selalu berada di rumah sampai waktu tidak menentu selesainya pandemi ini akan membuat kebosanan dan membuat orang cenderung ke arah stress sehingga berdampak pada imunitasnya(Hadi, 2020).Para dokter spesialis olahraga menyarankan melakukan olahraga atau aktivitas fisik intensitas sedang selama pandemi covid-19 sehinggga akan menaikan imun tubuh(Safitri & Harun, 2020). Ada beberapa latihan yang bisa dilakukan seperti olahraga aerobic dan olahraga kekuatan otot seperti push up, squat, lunges dan beberapa variasi gerakan yang berfokus ke penekanan kekuatan otot (Afrilia Suryanis, 2020).

Workout from home merupakan kegiatan olahraga yang menjaga kesehatan tubuh dan dapat meminimalisir stress yang bermanfaat untuk merevitalisasi fisik dan pikiran agar tetap segar tentunya ini bertujuan untuk menjadikan manusia yang sehat jasmani dan rohani. Kegiatan workout from home ini sangat cocok direkomendasikan untuk orang-orang yang merasa kondisi badannya kurang sehat dan mempunyai tubuh yang urang ideal serta jenuh, bosan, dan penat dengan pekerjaannya, rutinitasnya ataupun masalah pribadinya, karena selain fisik menjadi sehat aktivitas ini dapat merevitalisasi kembali pikiran refreshing), olahraga ini tidak membutuhkan beban, tidak membutuhkan biaya dan sangat aman dilakukan untuk semua umur mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia.


*Anas Destyanto Ramadhan, Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Tag : aktifitas, olahraga, pandemi, covid-19, bojonegoro, malang

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more