07:00 . Dear Parents, Ini Lima Langkah Mendidik Anak Cerdas dan Sukses di Masa Depan   |   21:00 . Pengalaman Meresahkan Saat Nomor Dijaminkan Orang Asing untuk Pinjol   |   20:00 . Jagung Mahal Saat Panen Raya,Petani Senang   |   19:00 . Sukseskan Vaksinasi Lansia, Banjarsari Gunakan Bus Tayo untuk Antar Jemput   |   18:00 . Brain Challenge, Sarana Asah Kemampuan Logika Generasi Milenial   |   17:00 . Wabup Dukung Kampung Tangguh Covid dan Narkoba di Bojonegoro   |   16:00 . Kecelakaan di Sukowati, Pemotor Meninggal Seketika   |   16:00 . Varian Baru Covid Ditemukan di Bojonegoro Bupati Imbau Warga Patuhi Prokes   |   15:00 . Pembeli di Giant Keluhkan Diskon, Harga Masih Mahal   |   14:00 . Kesulitan Meyakinkan Pemilik Toko, Usaha IRT ini Sukses Melalui Sosial Media   |   12:00 . 1 Warga Bojonegoro Terkonfirmasi Positif Virus Covid-19 Varian Baru   |   10:00 . Berikut ini Peraih Nilai Tertinggi 37 Kursi Perangkat Desa di Kecamatan Sumberrejo   |   07:00 . Akibat Tertutup Masker, Anak-Anak Kesulitan Membaca Emosi   |   06:00 . 8 Pasien Sembuh, Kasus Baru Tambah 10 Orang   |   20:00 . Upaya Preventif Pernikahan Dini Bisa Dilakukan Mulai dari Keluarga   |  
Thu, 17 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tetap Kuat Disiplin Prokes Agar Jemaah Salat Aman

blokbojonegoro.com | Saturday, 29 May 2021 06:00

Tetap Kuat Disiplin Prokes Agar Jemaah Salat Aman

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Indonesia sudah berjalan lebih dari satu tahun, dan hingga kini belum bisa dipastikan wabah yang diakibatkan Virus Corona tersebut kapan akan berakhir.

Sehingga pemerintah terus menekankan kepada seluruh masyarakat untuk tetap patuh terharap protokol kesehatan (Prokes) pencegahan penyebaran Covid-19, salah satunya memakai masker.

Selain itu, vaksinasi juga sudah dilakukan oleh pemerintah Indonesia, termasuk di daerah Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Penyuntikan vaksin di Kota Migas ini nama lain Bojonegoro, dimulai pada Januari tahun 2021, orang pertama yang disuntik vaksin sinovac adalah Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah yang dilaksanakan di RSUD dr Sosodoro Djatikoeseoemo Bojonegoro bersama Forkopimda.

Di lapangan, ada masyarakat yang tetap patuh terhadap protokol kesehatan seperti memakai masker saat keluar rumah, dan di sisi lain juga ada beberapa warga yang tetap nekat melanggar prokes, alhasil mereka yang melanggar akan diberi sanksi oleh petugas gabungan yang tiap hari rutin menggelar operasi yustisi di beberapa titik.

Menurut dara dari Pemerintah Kabupaten Bojonegoro per tanggal 28 Mei tahun 2021 ini, ada 14 orang yang masih aktif Covid-19 yang tersebar di 9 kecamatan dari 28 kecamatan yang ada di Kota Migas. Menurunnya angka kasus Covid-19 ternyata banyak masyarakat yang tetap patuh terhadap prokes saat menjalankan ibadah. Seperti yang terlihat pada Jumat (28/5/2021) di Masjid Attaqwa Muhammadiyah Bojonegoro.

Saat para jemaah akan memasuki masjid Attaqwa untuk menunaikan salat Jumat, setiap orang akan di tes suhu tubuhnya, sebelumnya juga diharuskan mencuci tangan dengan memakai sabun di tempat yang telah disediakan. Saat hendak masuk masjid diwajibkan memakai masker dan juga menjaga jarak shaf salat.

Takmir masjid yang berada di jalan Teuku Umar nomor 48 Kota Bojonegoro bekerjasama dengan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) untuk membantu mengecek suhu tubuh para jemaah dan juga menghimbau agar mencuci tangan sebelum masuk ke dalam masjid.

Salah satu petugas dari MDMC yang saat itu bertugas, Muhtarom mengatakan, hingga saat ini Masjid Attaqwa terus patuh protokol kesehatan agar ibadah para jemaah bisa aman dan berjalan dengan khusuk.

"Petugas akan mengecek tiap orang yang datang untuk salat jumat, apabila suhu tubuh tinggi mereka diminta istirahat sebentar di pos, apabila masih tinggi maka diminta untuk segera pulang dan memeriksakan diri," kata Muhtarom kepada blokBojonegoro.com.

Hal yang sama juga terlihat di Masjid Agung Darussalam Kota Bojonegoro saat menunaikan salat lima waktu. Saat salat berlangsung shaf para jemaah harus berjarak dan wajib memakai masker saat akan mengikuti ibadah salat dan tentu tidak lupa mencuci tangan sebelum masuk ke dalam masjid.

Muhibin, salah satu jemaah asal Kecamatan Kanor mengatakan, bahwa ia kebetulan tengah berada di alun-alun Kota Bojonegoro saat adzan ashar berkumandang, sehingga ia menunaikan salat ashar di Masjid Agung Darussalam Kota Bojonegoro untuk beribadah.

Pemuda yang saat ini masih menjadi mahasiswa tersebut menjelaskan, saat akan masuk ke dalam masjid memang diwajibkan memakai masker dan menjaga jarak shaf solat. "Ya alhamdulillah masih tertib protokol kesehatan jadi saat salat kita bisa merasa aman karena semuanya patuh prokes seperti yang wajibkan oleh pemerintah," jelasnya setelah menunaikan ibadah salat.

Hingga saat ini sebanyak 4.500 vial vaksin jenis AstraZeneca telah disuntikkan kepada warga Bojonegoro untuk tahap kedua vaksinisasi. Penggunaan vaksin ini bisa dibilang aman dan tidak menimbulkan efek samping yang cukup serius kepada para warga yang telah divaksin.

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bojonegoro, Wheny Dyah Prajanti mengatakan, penggunaan vaksin AstraZeneca di Kota Migas dimulai sejak awal April tahun 2021. Sedangkan untuk sasaran vaksinasi ini adalah petugas publik dan lansia dilaksanakan di fasilitas kesehatan yang sudah ditunjuk oleh Pemkab Bojonegoro.

Efek vaksin ini masih sama seperti vaksin merk Sinovac. Efeknya masih bersifat umum seperti demam, mual dan nyeri otot itu pun tidak banyak yang mengalami usai mendapatkan suntik vaksin. [mu]

Tag : ibadah, salat, salat jumat, prokes, patuh prokes, covid 19, masjid

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more