14:00 . Setelah Cabai, Giliran Harga Tomat Naik   |   13:00 . Izin Renang di Sungai, Seorang Anak Diduga Tenggelam di Purwosari   |   12:00 . Sebelum Diringkus, Kades Kapas Sempat Buat Video Pamer Lencana   |   11:00 . 16.541 Titik Lampu PJU Terpasang di Sudut Bojonegoro   |   10:00 . Bupati Sambang Warga Transmigrasi Asal Bojonegoro di Papua   |   09:00 . Bojonegoro Masuk SIAK Terpusat, Begini Bocoran KTP Digital   |   08:00 . Alumni Pesantren Tebuireng di Bojonegoro Gelar Halal Bihalal   |   07:00 . Ini 3 Hal yang Harus Diwaspadai Orangtua Terkait Masalah Speech Delay atau Terlambat Bicara Pada Anak   |   18:00 . Apresiasi Pembangunan Jalan Desa, Budiono Pastikan Manfaat Bagi Warga   |   16:00 . Urai Kemacetan, Pemkab Bojonegoro Bakal Bangun Jalan Layang   |   15:00 . Terpilih Jadi Duta Lingkungan Hidup Jatim, Kepercayaan Diri Jadi Kunci Utama   |   13:00 . ASANU Minta Pemerintah Perkuat BTN Syariah   |   12:00 . Belum Jelas, Pencarian Korban Tenggelam Dihentikan   |   09:00 . Antusias Warga Transmigran Sambut Bupati Bojonegoro di Bumi Cendrawasih   |   07:00 . 12 Cara Ajarkan Anak Belajar Membaca yang Seru dan Gak Bikin Bosan   |  
Fri, 27 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Semakin Bersemangat setelah Pakai Motor Roda Tiga, Omzet Jualan Gading Bertambah

blokbojonegoro.com | Saturday, 19 June 2021 14:00

Semakin Bersemangat setelah Pakai Motor Roda Tiga, Omzet Jualan Gading Bertambah

Reporter : Parto Sasmito

blokBojonegoro.com – Selama manusia mau berusaha rejeki selalu ada. Sebab, Tuhan men janjikan setiap makhluk hidup yang diciptakan, sudah disediakan rejekinya masing-masing.

Hal itu dibuktikan Gading Ogi Saputra. Secara fisik dia kurang sempurna karena penyandang disabilitas. Namun itu tak membuatnya hanya diam tak bergerak menjemput rejeki alias bekerja.
Pemuda 17 tahun itu justru produktif. Gading menjadi pedagang kopi keliling. Untuk melengkapi dagangannya dia menyediakan makanan ringan, bahkan juga rokok.

Gading hanya bisa merangkak karena tak bisa berdiri dan berjalan sempurna. Kedua tangannya menjadi tumpuan berat badan Gading saat merangkak.

Seperti sore itu, hujan rintik-rintik turun dari langit. Dia baru memulai berangkat menjajakan dagangannya. Sore hari adalah waktunya dia mulai beker.a. Setiap hari, Gading menjajakan dagangannya pada pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB. Malam hari menjadi waktu yang dipilih untuk berjualan karena banyak orang yang berkumpul di Alun-Alun.

Sudah dua tahun terakhir ini ia bekerja jualan kopi keliling. Sebelum berangkat bekerja, ibunya, Susiati, membantunya merapikan minuman, rokok, dan barang dagangan lainnya di boks motor listrik roda tiga milik Gading.

Motor listrik roda tiga yang dipakai Gading adalah bantuan dari Kementerian Sosial (Kemensos) yang diserahkan langsung oleh Menteri Sosial Tri Rismaharini, kala itu pada tanggal 15 Mei 2021, di kediamannya.
Berada di tempat umum tak jadi halangan bagi Gading untuk ettap mendekatkan diri pada Tuhan.. Gading biasanya menyempatkan salat  Magrib di Masjid Agung terlebih dahulu yang lokasinya di samping Alun-Alun Kabupaten Pekalongan.

Tak lama setelah selesai merapikan barang dagangannya, gawai Gading berdering. Sebuah pesan suara masuk di aplikasi Whatsapp berbunyi “COD kopi...,” ketika ia putar.

Ternyata pesan itu dikirim oleh pelanggan Gading di kantor Kejaksaan Negeri Kabupaten Pekalongan, salah satu tempat ia biasa jualan. Gading pun bergegas memakai helm, menuju kantor Kejaksaan.

Di sana sudah menunggu beberapa pegawai, salah satunya adalah Beny Kepala Seksi Pidana Umum Kejaksaan Kabupaten Pekalongan. Menurut Beny, adanya Gading sangat membantu karena kantin di kantor tutup.

“Karena Covid-19, kantin kantor tutup. Jadi kita tinggal panggil Gading kalau butuh minuman dan rokok,’’ kata Beny.

Dengan motor listrik roda tiga, Gading mengaku omzet dagangannya naik, dibanding saat masih menggunakan sepeda. Omzet yang ia peroleh Rp500 ribu per hari. Sementara saat memakai motor listrik roda tiga, Gading bisa memperoleh omzet sebesar Rp900 ribu per hari.

Kenaikan omzet tersebut lantaran jumlah dan variasi barang dagangan Gading bertambah berkat boks motor yang bisa menampung lebih banyak muatan. Selain itu tentu memperluas jangkauan serta menghemat waktu dan energi.

Dari keuntungan yang didapat, Gading menyisihkan Rp200 ribu hingga Rp300 ribu per hari untuk ditabung di salah satu bank swasta di wilayahnya.

Harapan Mensos nampaknya mulai terwujud.  Dengan motor listrik roda tiga, kini Gading bisa beraktivitas lebih mudah, semakin produktif, mandiri, dan tidak bergantung kepada orang lain. Jika Gading bisa, maka kesempatan yang sama juga terbuka lebar bagi Gading-Gading lainnya di luar sana.

Perubahan usaha dagang Gading pun diamini oleh Pendamping Penyandang Disabilitas Kabupaten Pekalongan, Purwoji. Ia mengakui bahwa Gading semakin percaya diri dan bersemangat untuk berjualan sejak memperoleh motor listrik roda tiga. Apalagi setelah bertemu langsung dengan Menteri Sosial. Gading makin dikenal khalayak.

“Di sini kan komplek perkantoran dinas ya. Hampir semua satpam kenal dengan Gading dan selalu membeli barang dagangan Gading,” kata Purwoji.

Tag : jual, kopi, roda 3



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat