20:00 . Mendag Zulhas Sidak Stock Point, Pastikan Stok Migor Curah Aman   |   19:00 . Dinas PMD Jawa Timur Tampung Wadah Komunikasi dan Inspirasi Lewat Jambore BUMDes   |   18:00 . Peluang Lulusan SMK 99 Persen Terserap Dunia Kerja   |   17:00 . Bupati Anna Pastikan Pemerataan Faskes Atasi AKI dan AKB   |   16:00 . 715 Personel Gabungan, Siap Amankan Bojonegoro Bersholawat   |   07:00 . 5 Makanan Penangkal Flu yang Jarang Disadari   |   21:00 . Kontingen Gantole Bojonegoro Raih 2 Emas dan 2 Perak   |   20:00 . Sepak Bola Putra Bojonegoro Angkat Koper dari Porprov Jatim   |   19:00 . Persiapan Kurikulum Merdeka Belajar, SMPN dan SMPS Bojonegoro Ikuti Workshop   |   18:00 . 5000 Pelanggar Terekam Mobil INCAR di Bojonegoro   |   10:00 . Inilah Lokasi Titik Parkir Bojonegoro Bersholawat Bareng Habib Syeikh   |   09:00 . Pemkab Bojonegoro Akan Gelar Shalawat Bareng Habib Syeikh   |   08:00 . Bahas Potensi Pariwisata Lokal, Bupati Bojonegoro Kunker ke Samarinda   |   07:00 . Bukan Cuma Bikin Sehat, Pijat Bayi Juga Bangun Kedekatan Anak dengan Orangtua   |   19:00 . Pengambilan PIN PPDB SMA Diperpanjang 4 Juli   |  
Sat, 25 June 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sebanyak 30 Pelaku Industri Terima Sertifikat Halal

blokbojonegoro.com | Monday, 07 June 2021 21:00

Sebanyak 30 Pelaku Industri Terima Sertifikat Halal

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Total 30 pelaku industri kecil menengah (IKM) menerima sertifikat halal. Hal ini merupakan program tindaklanjut terkait pengajuan sertifikat halal bagi pelaku IKM di Bojonegoro dan Tuban. 

Adapun 30 pelaku industri tersebut ialah 20 pelaku dari Kabupaten Bojonegoro dan 10 pelaku dari kabupaten Tuban. Hal tersebut diungkapkan oleh ketua umum Forum Industri Kecil Menengah Jawa Timur, M. Oskar dalam acara silaturahmi dan penyerahan sertifikat produk halal yang diselenggarakan di bakorwil kabupaten Bojonegoro, Senin (07/06/2021). 

 "Pelaku industri Jatim harus berkarya dan meningkatkan produktifitas dan segera memproses semua yang menjadi kepentingan atau sebuah keperluan untuk legalitas salah satunya yg dibutuhkan konsumen adalah cap halal," tutur Oskar. 

Selain itu, produk sertifikat pelaku industri khususnya yang memiliki produk edar yang cukup panjang yaitu guna untuk menjangkau pasar lebih luas serta menjaga kwalitas dan memperhatikan produk agar bisa berdaya saing yang cukup tinggi. 

"Bantuan pemberian sertifikat ini ialah kerjasama kita sebagai sesama forum IKM Jawa Timur, dan kita berita secara gratis tanpa ada pungutan biaya apapun," ujarnya. 

Sementara itu, salah satu pelaku IKM, Endah merasa senang. Karena telah mendapatkan sertifikat halal yang telah ia tunggu selama 1 bulan lebih. Sertifikat halal yang dinantikan banyak pelaku IKM ternyata pengurusan perizinannya tak cukup mudah. 

Selain beberapa produk yang harus sesuai standar, beberapa persyaratan berupa dokumen juga harus disertakan dalam pengurusan perizinan tersebut. 

"Jadi untuk beberapa dokumen kita menyiapkan sendiri, nanti kita setor kepada forum IKM kita untuk diajukan ke pusat," ujarnya. 

Adapun dokumen yang harus disiapkan untuk mendapatkan sertifikasi halal antara lain, daftar produk, daftar bahan dan dokumen bahan, daftar penyembelihan (khusus RPH), martiks produk, manual SJH, diagram alir proses, daftar alamat fasilitas produksi, bukti sosialisasi kebijakan halal, bukti pelatihan internal, dan bukti audit internal.

"Pengurusan perizinan halal ini memang tidak cukup mudah, namun karena kita dibantu sama forum IKM kita, jadi kita merasa sedikit lebih ringan dalam pengurusan cap halal ini, karena kita mempersiapkan semuanya bersama-sama dengan teman-teman IKM yang lain," pungkasnya. [lyn/lis]

 

Tag : Sertifikat, halal, pelaku, ikm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Saturday, 18 June 2022 13:00

    BMG Hadir di Rakerwil AMSI Jatim 2022

    BMG Hadir di Rakerwil AMSI Jatim 2022 Crew dari Blok Media Group (BMG) blokBojonegoro.com dan blokTuban.com hadir dalam Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jawa Timur tahun 2022 di Kota Mojokerto, Sabtu dan Minggu...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat