18:00 . Ada Kebocoran dan Perbaikan Saluran, PDAM Buka Dropping Air Bersih   |   17:00 . Ibadah Apa yang Dianjurkan Rasulullah di Malam Jumat?   |   16:00 . SKK Migas Akan Kembali Menggelar Konvensi Hulu Migas   |   15:00 . Pasutri Curanmor yang Tertangkap di Balen, Divonis Dua Tahun Penjara   |   13:00 . PT Pertamina EP Sukowati Field Meraih Penganugerahan Piala PSBE dari Direktorat Jenderal EBTKE Kementerian ESDM   |   12:00 . Wakil Menteri Hukum dan HAM RI Kunker di Lapas IIA Bojonegoro   |   09:00 . Disperinaker; 1.625 Tenaga Kerja Masih Aktif Bekerja di Proyek JTB   |   08:00 . Harga Tembakau Rajang Kering Tinggi, Petani Sumringah   |   07:00 . 5 Cara untuk Menghentikan Kebiasaan Anak Menggigit Kuku   |   19:00 . Prgoram Pengembangan Masyarakat Selesai, EMCL Gandeng PC GP Ansor Serahkan ke Desa   |   18:00 . Diserahkan ke Dinsos Jatim, Bayi Mungil Diberi Nama Hilya Qonita   |   16:00 . Usai Telur dan Cabai, Kini Harga Daging Ayam Kompak Turun   |   15:00 . Pemuda Asal Temayang Sukses Lestarikan Batik Tulis   |   14:00 . ISTeK ICsada Bojonegoro Gelar Diseminasi Program Aku Sehat 2022   |   13:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Gelar Sosialisasi Operasi Zebra bersama FKOB   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Sebanyak 30 Pelaku Industri Terima Sertifikat Halal

blokbojonegoro.com | Monday, 07 June 2021 21:00

Sebanyak 30 Pelaku Industri Terima Sertifikat Halal

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Total 30 pelaku industri kecil menengah (IKM) menerima sertifikat halal. Hal ini merupakan program tindaklanjut terkait pengajuan sertifikat halal bagi pelaku IKM di Bojonegoro dan Tuban. 

Adapun 30 pelaku industri tersebut ialah 20 pelaku dari Kabupaten Bojonegoro dan 10 pelaku dari kabupaten Tuban. Hal tersebut diungkapkan oleh ketua umum Forum Industri Kecil Menengah Jawa Timur, M. Oskar dalam acara silaturahmi dan penyerahan sertifikat produk halal yang diselenggarakan di bakorwil kabupaten Bojonegoro, Senin (07/06/2021). 

 "Pelaku industri Jatim harus berkarya dan meningkatkan produktifitas dan segera memproses semua yang menjadi kepentingan atau sebuah keperluan untuk legalitas salah satunya yg dibutuhkan konsumen adalah cap halal," tutur Oskar. 

Selain itu, produk sertifikat pelaku industri khususnya yang memiliki produk edar yang cukup panjang yaitu guna untuk menjangkau pasar lebih luas serta menjaga kwalitas dan memperhatikan produk agar bisa berdaya saing yang cukup tinggi. 

"Bantuan pemberian sertifikat ini ialah kerjasama kita sebagai sesama forum IKM Jawa Timur, dan kita berita secara gratis tanpa ada pungutan biaya apapun," ujarnya. 

Sementara itu, salah satu pelaku IKM, Endah merasa senang. Karena telah mendapatkan sertifikat halal yang telah ia tunggu selama 1 bulan lebih. Sertifikat halal yang dinantikan banyak pelaku IKM ternyata pengurusan perizinannya tak cukup mudah. 

Selain beberapa produk yang harus sesuai standar, beberapa persyaratan berupa dokumen juga harus disertakan dalam pengurusan perizinan tersebut. 

"Jadi untuk beberapa dokumen kita menyiapkan sendiri, nanti kita setor kepada forum IKM kita untuk diajukan ke pusat," ujarnya. 

Adapun dokumen yang harus disiapkan untuk mendapatkan sertifikasi halal antara lain, daftar produk, daftar bahan dan dokumen bahan, daftar penyembelihan (khusus RPH), martiks produk, manual SJH, diagram alir proses, daftar alamat fasilitas produksi, bukti sosialisasi kebijakan halal, bukti pelatihan internal, dan bukti audit internal.

"Pengurusan perizinan halal ini memang tidak cukup mudah, namun karena kita dibantu sama forum IKM kita, jadi kita merasa sedikit lebih ringan dalam pengurusan cap halal ini, karena kita mempersiapkan semuanya bersama-sama dengan teman-teman IKM yang lain," pungkasnya. [lyn/lis]

 

Tag : Sertifikat, halal, pelaku, ikm



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Monday, 03 October 2022 18:00

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel

    Santri Al Manshur Bulu Dilatih Menulis Artikel Guna menyiapkan santri terampil menulis, Pondok Pesantren (PonPes) Al-Manshur yang beralamat di Jalan Masjid Nomor 1, Dukuh Bangle Rt. 01 Rw 11, Desa Bulu, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro mengadakan pelatihan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat