19:00 . Upaya Preventif Pernikahan Dini Bisa Dilakukan Mulai dari Keluarga   |   19:00 . Jembatan Sendangharjo Rusak, Warga Tetap Nekat Melintas   |   18:00 . Jumlah Santri di Ponpes Bojonegoro Meningkat Selama Pandemi   |   17:00 . Dishub Bojonegoro Luncurkan Layanan Pengaduan Pungli Parkir Liar   |   16:00 . Sudah Lunas, Pemilik Katering Minta Dirinya Tidak Dilibatkan pada Polemik Persibo   |   15:00 . Pladu, Warga Sekitar Bendung Gerak Panen Ikan   |   14:00 . Tingkatkan Pengetahuan Tentang Periklanan Digital Google News Initiative - AMSI Gelar Pelatihan   |   13:00 . 3 Varian Baru Covid-19, Berikut ini Penjelasannya   |   12:00 . Kemenag Bojonegoro Gelar Bimtek untuk KUA   |   11:00 . Asprov PSSI Jatim: Pendaftar Persibo Hanya Pemilik PT yang Sah   |   10:00 . Geluti Usaha Backdrop, Ibu Muda ini Kantongi Omset Jutaan Rupiah   |   09:00 . 549 Peserta Berebut Kursi Perangkat Desa di Sumberrejo   |   08:00 . Manajemen Persibo 'Kebut' Kesiapan Tim   |   07:00 . Waspada Kecanduan Gadget, 40 Persen Anak Habiskan 30 Jam Main HP dalam Seminggu   |   17:00 . Bupati Anna Dukung Penuh Tahapan Verifikasi Menuju KLA   |  
Wed, 16 June 2021
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pertamina EP Sukowati Field Tanam Mangrove dan Cemara Laut

blokbojonegoro.com | Saturday, 05 June 2021 22:00

Pertamina EP Sukowati Field Tanam Mangrove dan Cemara Laut

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia, sejumlah pekerja Pertamina EP Sukowati Field yang termasuk dalam Zona 11 Regional Jawa Timur dan Indonesia Bagian Timur melakukan tanam Pohon Mangrove dan Cemara Laut. Tidak hanya itu, mereka juga melakukan bersih-bersih Pantai di sekitar Mangrove Center, Jenu, Tuban, Sabtu (5/6/2021).

Kegiatan peduli lingkungan tersebut diawali gowes bersama dengan pekerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tuban. Start dari GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban ke arah Banyu Lengse dan gowes diakhiri di Mangrove Center, Kecamatan Jenu, Tuban.

"Tahun ini kami menanam 1000 mangrove dan 1000 cemara laut yang akan dilakukan bertahap," kata Eric Wibisono, HSSE Assistant Manager Pertamina EP Sukowati Field Zona 11, setelah kegiatan.

Menurutnya, kegiatan ini sudah dirintis dari tahun 2016. Perusahaan pelat merah itu bekerjasama dengan Mangrove Center Tuban. Tanamannya yang sudah tertanam kurang lebih totalnya mencapai 8.500 (Delapan Ribu Lima Ratus) batang pohon mangrove dan cemara laut.

"Saya kebetulan baru penempatan di Sukowati Field ini, mudah-mudahan kegiatan akan tetap berlangsung di tahun-tahun yang akan datang," tambahnya.

Terpisah, Manager Sukowati Field, Indarwan Harsoni menyampaikan, pananaman bakau bertujuan untuk mencegah abrasi kawasan pantai dari gerusan gelombang saat air pasang. Ia berharap dengan aksi nyata tersebut bisa menjaga ekosistem pantai tetap terjaga.

“Diharapkan dengan adanya penanaman mangrove, maka ekosistem laut tumbuh, biota laut dapat kembali muncul, selain itu penanaman yang telah dilaksanakan dapat menyelamatkan ekosistem pesisir pantai," ungkapnya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa wujud kepedulian pesisir pantai Tuban merupakan salah satu bentuk komunikasi guna menjaga hubungan baik dengan pemangku kepentingan terkait. Hal ini sejalan dengan visi dan misi untuk menjalankan kegiatan operasional dengan memberikan nilai tambah bagi stakeholder.

"Tentunya semua kegiatan ini kita lakukan dengan protokol kesehatan secara ketat. Semoga jangka pendeknya imun kita naik setelah gowes dan jangka panjangnya bumi kita tetap hijau," tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tuban, Bambang Irawan mengapresiasi ide kreatif Pertamina EP Sukowati Field dalam menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini. Perusahaan migas sudah berinisiatif menyelamatkan bumi dan melestarikan alam dengan tanam pohon serta bersih pantai.

"Meski cukup singkat yang kita lakukan tapi ini bisa jadi contoh untuk masyarakat luas," ucap Bambang.

Kegiatan ini, lanjut Bambang juga selaras dengan tema HLH tahun 2021 yaitu "Restorasi Ekosistem". Harapannya semua pihak dapat menjaga ekosistem untuk meningkatkan ekonomi.

"Banyak ekosistem yang sudah rusak. Maka bagaimana kita bisa melindunginya agar bisa tetap lestari dan meningkatkan ekonomi di tengah himpitan pandemi covid 19," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Pengelola Mangrove Center Tuban, Ali Mansur. Pihaknya mengapresiasi kepedulian Pertamina EP Sukowati Field terhadap lingkungan di wilayah kerjanya selama ini. Prestasi dan dedikasinya terhadap kelestarian lingkungan diharapkan dipertahankan dan selalu ditingkatkan.

"Kita sudah kerjasama dengan Pertamina EP Sukowati Field sejak 2016 hingga sekarang. Setiap tahunnya lebih dari 2000 pohon yang kita tanam bersama," kata dia.

Kegiatan tanam pohon dan bersih pantai dilakukan dengan mematuhi aturan pemerintah sesuai protokol kesehatan. Sebab, saat ini pandemi covid 19 diklaim masih ada dan harus diwaspadai.

Tag : pertamina, ep, sukowati field, tuban

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Monday, 31 May 2021 12:00

    Rekrutmen CPNS dan PPPK Bojonegoro 2021

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda

    Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda Sesuai dengan Surat Kepala BKN bernomor 4761/B-KP.03/SD/K/2021 tanggal 28 Mei terkait beberapa peraturan penundaan pendaftaran CPNS maupun PPPK yang belum di tetapkan oleh pemerintah serta masih ada beberapa usulan revisi...

    read more