21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   14:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |   15:00 . Pemkab Rapat Persiapan Pembukaan Kampus Universitas Brawijaya di Bojonegoro   |   10:00 . Wali Murid Minta Kejelasan Kasus Merger, Begini Ungkapan Pj Bupati Bojonegoro    |   07:00 . Ramadan, BRI Group Salurkan 128 Ribu Paket Sembako Ke Seluruh Penjuru Negeri   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pertamina EP Sukowati Field Tanam Mangrove dan Cemara Laut

blokbojonegoro.com | Saturday, 05 June 2021 22:00

Pertamina EP Sukowati Field Tanam Mangrove dan Cemara Laut

Reporter: Parto Sasmito

blokBojonegoro.com - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup (HLH) sedunia, sejumlah pekerja Pertamina EP Sukowati Field yang termasuk dalam Zona 11 Regional Jawa Timur dan Indonesia Bagian Timur melakukan tanam Pohon Mangrove dan Cemara Laut. Tidak hanya itu, mereka juga melakukan bersih-bersih Pantai di sekitar Mangrove Center, Jenu, Tuban, Sabtu (5/6/2021).

Kegiatan peduli lingkungan tersebut diawali gowes bersama dengan pekerja Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Tuban. Start dari GOR Rangga Jaya Anoraga Tuban ke arah Banyu Lengse dan gowes diakhiri di Mangrove Center, Kecamatan Jenu, Tuban.

"Tahun ini kami menanam 1000 mangrove dan 1000 cemara laut yang akan dilakukan bertahap," kata Eric Wibisono, HSSE Assistant Manager Pertamina EP Sukowati Field Zona 11, setelah kegiatan.

Menurutnya, kegiatan ini sudah dirintis dari tahun 2016. Perusahaan pelat merah itu bekerjasama dengan Mangrove Center Tuban. Tanamannya yang sudah tertanam kurang lebih totalnya mencapai 8.500 (Delapan Ribu Lima Ratus) batang pohon mangrove dan cemara laut.

"Saya kebetulan baru penempatan di Sukowati Field ini, mudah-mudahan kegiatan akan tetap berlangsung di tahun-tahun yang akan datang," tambahnya.

Terpisah, Manager Sukowati Field, Indarwan Harsoni menyampaikan, pananaman bakau bertujuan untuk mencegah abrasi kawasan pantai dari gerusan gelombang saat air pasang. Ia berharap dengan aksi nyata tersebut bisa menjaga ekosistem pantai tetap terjaga.

“Diharapkan dengan adanya penanaman mangrove, maka ekosistem laut tumbuh, biota laut dapat kembali muncul, selain itu penanaman yang telah dilaksanakan dapat menyelamatkan ekosistem pesisir pantai," ungkapnya.

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa wujud kepedulian pesisir pantai Tuban merupakan salah satu bentuk komunikasi guna menjaga hubungan baik dengan pemangku kepentingan terkait. Hal ini sejalan dengan visi dan misi untuk menjalankan kegiatan operasional dengan memberikan nilai tambah bagi stakeholder.

"Tentunya semua kegiatan ini kita lakukan dengan protokol kesehatan secara ketat. Semoga jangka pendeknya imun kita naik setelah gowes dan jangka panjangnya bumi kita tetap hijau," tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tuban, Bambang Irawan mengapresiasi ide kreatif Pertamina EP Sukowati Field dalam menyambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun ini. Perusahaan migas sudah berinisiatif menyelamatkan bumi dan melestarikan alam dengan tanam pohon serta bersih pantai.

"Meski cukup singkat yang kita lakukan tapi ini bisa jadi contoh untuk masyarakat luas," ucap Bambang.

Kegiatan ini, lanjut Bambang juga selaras dengan tema HLH tahun 2021 yaitu "Restorasi Ekosistem". Harapannya semua pihak dapat menjaga ekosistem untuk meningkatkan ekonomi.

"Banyak ekosistem yang sudah rusak. Maka bagaimana kita bisa melindunginya agar bisa tetap lestari dan meningkatkan ekonomi di tengah himpitan pandemi covid 19," tegasnya.

Hal senada juga disampaikan Pengelola Mangrove Center Tuban, Ali Mansur. Pihaknya mengapresiasi kepedulian Pertamina EP Sukowati Field terhadap lingkungan di wilayah kerjanya selama ini. Prestasi dan dedikasinya terhadap kelestarian lingkungan diharapkan dipertahankan dan selalu ditingkatkan.

"Kita sudah kerjasama dengan Pertamina EP Sukowati Field sejak 2016 hingga sekarang. Setiap tahunnya lebih dari 2000 pohon yang kita tanam bersama," kata dia.

Kegiatan tanam pohon dan bersih pantai dilakukan dengan mematuhi aturan pemerintah sesuai protokol kesehatan. Sebab, saat ini pandemi covid 19 diklaim masih ada dan harus diwaspadai.

Tag : pertamina, ep, sukowati field, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat