20:00 . Jelang Pemilu, 749 Calon PPK Ikuti Tes CAT   |   19:00 . Curah Hujan Tinggi, TPT Jembatan Jetak Bojonegoro Longsor   |   18:00 . Waspada Penipuan Digital, Masyarakat Perlu Bijak Bermedsos   |   17:00 . Cegah Longsor dan Banjir, Pemkab Bojonegoro Bangun Tebing Penahan   |   16:00 . Polisi Terus Selidiki Laporan Dugaan Sertifikat Tanah Palsu di Kasiman   |   15:00 . Tips Hemat Hadapi Godaan Diskon Belanja Akhir Tahun   |   14:00 . Kejari Segera Tetapkan Tersangka Dugaan Korupsi APBDes Deling   |   13:00 . UINSA Terima Anugerah Top 45 Publik Inovasi Terbaik   |   12:00 . Diduga Kurang Konsentrasi, Remaja Meninggal Dunia Usai Menabrak Pemotor di Dander   |   08:00 . Pemkab Bojonegoro Masih Tunggu Juknis Inpres Pengadaan Kendaraan Listrik Kedinasan   |   07:00 . Bayi Rewel Saat Tidur Malam, Apa Bisa karena Ruam Popok?   |   16:00 . BMKG Juanda: Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang   |   15:00 . BPBD Jatim Beberkan Potensi Daerah Rawan Bencana, Termasuk Bojonegoro   |   13:00 . Jalan Darurat Jembatan Kedungjati Kembali Dibuka   |   12:00 . Bupati Bojonegoro Bersama Sekretaris Utama BMKG Tandatangani MoU Mitigasi Bencana   |  
Tue, 06 December 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Pembudidaya Jamur Tiram Raup Rp 7 Juta Sekali Panen

blokbojonegoro.com | Thursday, 03 June 2021 20:00

Pembudidaya Jamur Tiram Raup Rp 7 Juta Sekali Panen

Kontributor : Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Salah seorang warga Desa Tanjungharjo, Kecamatan Kapas, Kabupaten Bojonegoro pengusaha jamur tiram yang berhasil raup uang sebesar Rp 7 juta dalam sekali panen. Dini Angraeni namanya. Ibu rumah tangga yang telah memulai usaha jamur tiram sejak 2016 silam.

Dini mengaku memulai budidaya jamur tiran bermodalkan Rp 1 juta untuk membeli 300 baglog. Dengan modal tersebut, awalnya ia hanya memiliki tiga rak baglog jamur tiram yang ia tata rapi di dapur rumahnya.

"Awalnya saya beli baglog ini dari Tulungagung. Karena menurut saya kalau buat sendiri akan lebih rumit dan pastinya membutuhkan dana yang cukup banyak. Sehingga saya memilih untuk menghemat waktu dan meminimalisir dana dengan cara membeli jadi," ujarnya.

Media tanam baglog sendiri ialah serbuk gergaji halus. Akan tetapi yang cocok digunakan untuk jamur tiram coklat ialah dari serbuk kayu sengon. Baglog tersebut dikeluarkan dan langsung di isi dengan bibit jamur tiram. Sementara itu jamur tiram akan tumbuh dengan berbagai variasi.

"Jamur tiram ini ada banyak warna. Kadang hasilnya coklat, kuning, putih serta merah muda. Namun untuk jamur tiram coklat itu lebih tebal dibandingkan dengan yang lainnya," imbuhnya.

Saat ini Diny telah berhasil membudidaya 1.300 baglog jamur tiram, meski lumbung nya bisa menampung 2.000 baglog. Ia mengatakan bahwa satu baglog dapat bertahan hingga 7 bulan. Namun kekuatan setiap baglog pastilah berbeda.

Ia pun menambahkan, bawaannya ia memanen jamur tiram ini empat bulan sekali mulai awal tahun.

"Setiap hari jamur ini akan tumbuh, tapi saya memanen hanya empat bulan sekali. Bahkan satu baglog itu bisa panen hingga tujuh kali," tuturnya.

Selain itu, Diny berimbuh bawaannya bentuk jamur yang seperti cangkang tiram ia produksi menjadi beberapa keripuk. Seperti halnya jamur krispy. Dini juga menambah kan, bahwa kedepannya ia akan terus mengembangkan dan memperbanyak budidaya jamur tiram serta ingin memasarkan beberapa keripik jamur tiram buatannya.

"Saya memasarkan jamur tiram ini ke berbagai pasar. Seperti pasar Tanjungharjo, pasar Mojoranu, dan lain-lain. Serta ada beberapa pedagang yang membeli jamur di rumah saya secara langsung," tutup Diny. [uul/ito]

Tag : budidaya, jamur, tiram, bojonegoro, tanjungharjo, kapas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat