14:00 . Peringatan HUT IBI, Layani KB MKJP Serentak di 6 Kecamatan   |   13:00 . Swiwings Express Hadir di Bojonegoro Jadi Spesialis Sayap   |   12:00 . Mulai Juli Kurikulum Merdeka Belajar Diterapkan di 461 Sekolah Bojonegoro   |   10:00 . PPDB Ditutup, Baru 5 SMP di Bojonegoro Penuhi Pagu   |   08:00 . Petani Terima Bibit Tembakau Virginia dari Pemkab Bojonegoro   |   22:00 . 2 Mitra Binaan PEPC JTB Berpartisipasi di Ajang Forkapnas   |   21:00 . Prof. Widodo, Alumni SMP Negeri Kapas Terpilih Menjadi Rektor Universitas Brawijaya Malang   |   20:00 . Alumni dan Santri Tebuireng Bojonegoro, Tuban dan Lamongan Gelar Halal Bihalal   |   19:00 . Serap Aspirasi, Bupati Anna Diskusi Langsung dengan BEM dan Ormawa   |   18:00 . Satlantas Polres Bojonegoro Melakukan Rekayasa Lalin di Jembatan Glendeng   |   17:00 . Presiden Joko Widodo Ajak Masyarakat Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri   |   16:00 . Akses Jembatan Glendeng Sudah Ditutup, Masih Ada Pengguna Jalan yang Nyelonong   |   15:00 . Satu Data Bojonegoro Bisa Menjadi Rujukan Jurnalis dan Peneliti   |   13:00 . Channel Kisah Tanah Jawa Kuak Sejarah dan Kemistisan Jembatan Kaliketek   |   09:00 . Semua Di-handle Teknologi, Tugas Pelajar Apa?   |  
Sun, 22 May 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Dharmo Squad: Latihan Dua Minggu Raih Juara Thengul X HipHop Dance

blokbojonegoro.com | Monday, 21 June 2021 18:00

Dharmo Squad: Latihan Dua Minggu Raih Juara Thengul X HipHop Dance

Reporter: Lizza Arnofia

blokBojonegoro.com - Dharmo Squad memiliki arti Danger Moves. Supaya punya kesan lokal tapi unik, tercetuslah Dharmo Squad. Anggota grup dance tersebut terdiri atas semua kalangan baik mulai mahasiswa hingga siswa SMA.

Tim Dharmo Squad sebelumnya berhasil meraih juara 1 pada ajang Final Thengul X Hiphop Dance Competition yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bojonegoro. Tim tersebut sukses meraih nilai tertinggi pada point 371, 5 dan mengalahkan peserta lainnya.

Ketua Tim Dharmo Squad, Nabil mengatakan, timnya sempat memperoleh poin seri dengan Juara II atau tim dari Paprica’s Dance Crew. Akan tetapi akhirnya timnya sukses meraih poin tertinggi yakni 371,5 setelah battle dance.

"Kami sempat mendapatkan point seri dan akhirnya battle dance sukses meraih point 371,5," ungkap Ketua Tim Dharmo Squad, Nabil.

Tanpa menghilangkan ciri khas Tarian khas Bojonegoro atau Thengul, Nabil banyak mengambil inspirasi dari World of Dance Hiphop, musik tradisional, serta dikolaborasikan dengan beberapa anggota Dharmo Squad yang memang memiliki skill Tari Tradisional.

"Semula memiliki keinginan flashback masa-masa ikut kompetisi dance dulu dan sempat punya grup dance juga. Kebetulan saat mengikuti event Thengul X Hiphop ini peserta diminta langsung tampil di panggung," sambung Nabil.

Terkadang menuju sebuah kesuksesan tidak semudah membalikkan telapak tangan, perjuangan yang ia dan timnya lakoni ternyata cukup berat hingga sukses mencapai titik ini. Pasalnya dalam kurun waktu 2 minggu, mereka fokus berlatih total hingga larut malam.

"Terkadang latihan sampai larut malam di stadion. Untuk koreografi kami bagi tiap anggota agar bisa saling koreksi," imbuhnya.

Nabil berharap, nantinya ajang kompetisi semacam ini bisa diagendakan setidaknya satu tahun sekali. Bahwasanya Thengul X Hiphop perlu dipertahankan dan dikembangkan karena bisa meningkatkan minat sekaligus menggali potensi anak muda Bojonegoro yang gemar dengan dunia tari modern/tradisional.

"Harapan kami kompetisi semacam ini masih terus berlanjut bahkan kalau bisa diadakan setiap setahun sekali. Uniknya mengkombinasikan dance modern dan tradisonal, serta menaungi bakat minat anak muda," pungkasnya. [liz/lis]

 

 

Tag : Ajang, tari, tradisional, modern



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Sunday, 08 May 2022 13:00

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang

    Mbak Lizza, Reporter blokBojonegoro.com Lepas Lajang Momen bahagia kembali dirasakan keluarga besar Blok Media Group (BMG). Kali ini adalah Reporter blokBojonegoro.com, Lizza Arnofia Choirunnisa yang hari ini melangsungkan upacara resepsi pernikahan dengan pujaan hatinya....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat