07:00 . Sangat Berharga bagi Penderita Depresi, Begini Cara Membantu Penyintas Gangguan Mental   |   20:00 . Sinergi Energi 2022, AAPG UGM -SC Belajar Industri Hulu Migas dengan EMCL   |   19:00 . PAC ISNU Balen Gembira Bersama Yatim-Piatu   |   17:00 . Ada Makam di Tengah Hutan Temayang, Diduga untuk Ritual Pesugihan   |   15:00 . Iseng Main Game, Pria Kepohbaru Dapat Rp100 Juta, Kok Bisa?   |   14:00 . Pertamina Komit Jaga Ketahanan Energi Nasional dengan Optimalisasi Produksi   |   13:00 . Jembatan Penghubung Dua Desa di Balen Nyaris Ambruk, Begini Kondisinya   |   10:00 . Diatas Rata-Rata Nasional, Kinerja Ekonomi Jatim Triwulan II 2022 Tertinggi Se-Pulau Jawa   |   09:00 . KKN-Tematik Unigoro Perkuat Usaha Mikro Kecil Lewat Pendampingan   |   08:00 . Forecasting Pendidikan di Bojonegoro Mampu Lompat Level Tinggi   |   07:00 . Dokter Ungkap 9 Tumbuhan yang Bantu Luruhkan Batu Ginjal, Gampang Ditemukan di Rumah!   |   20:00 . Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan, KKN Unigoro Wadahi Pemberdayaan SDM Wukirhajo   |   16:00 . Porsadin Ke-5 Tingkat Kabupaten Resmi Dibuka   |   15:00 . Harga Jual Umbi Porang di Bojonegoro Anjlok, Begini Siasat Petani   |   12:00 . Pemuda Bojonegoro Manfaatkan Zebra Cross Mastrip Bak Citayam Fashion Week   |  
Tue, 09 August 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Donor Plasma Konvalesen Kini Bisa di UDD PMI Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Thursday, 22 July 2021 12:00

Donor Plasma Konvalesen Kini Bisa di UDD PMI Bojonegoro

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Masih tingginya angka kasus Covid-19 di Indonesia, membuat Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro bergerak cepat. Salah satunya mendatangkan alat produksi plasma konvalesen baru bagi para penyintas Covid-19. 

Launching donor plasma konvalesen yang bertempat di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro, ditinjau langsung oleh Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah dengan protokol kesehatan (prokes) ketat,  didampingi Ketua PMI Bojonegoro, Kepala UDD PMI Bojonegoro dan Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro, Kamis, (22/7/2021)

Ketua PMI Kabupaten Bojonegoro, dr. Ahmad Hernowo mengatakan, mulai hari ini UDD PMI Bojonegoro yang berada di Jalan Sawunggaling sudah mampu memproduksi plasma konvalesen tanpa harus ke Sidoarjo.

"Alat aphareses baru sudah datang di UDD PMI Bojonegoro, selama ini memang sudah berjalan namun pendonor kita kirim dan bawa ke Sidoarjo," ucap dr. Ahmad Hernowo.

Saat ini, donor plasma konvalesen dapat dilakukan di UDD PMI Bojonegoro. Terkait permintaan plasma konvalesen yang terus meningkat seiring tingginya kasus Covid-19. PMI Bojonegoro memberikan syarat khusus, diantaranya pernah terpapar dan sembuh dari Covid-19, atau tidak lebih dari enam bulan. Kedua, saat dilakukan screening para penyintas diharuskan memiliki antibodi tinggi sebab nantinya bisa digunakan sebagai pengobatan.

"Untuk pengambilan darah plasma konvalesen sendiri bagi para penyintas Covid-19 dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali. Dalam jangka waktu kurang dari enam bulan," tandasnya.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah berharap, datangnya alat PK atau plasma konvalesen di UDD PMI Bojonegoro ini, alat aphreses ini harus dimaksimalkan sebaik mungkin untuk membantu para pasien Covid-19 yang sedang berjuang sembuh. Ke dua dengan adanya data pendonor yang telah sembuh atau penyintas tentu memudahkan PMI Bojonegoro untuk meminta para penyintas bersedia mendonorkan plasma konvalesen. 

"Data-data penyintas harus lengkap, karena nantinya akan dihubungi langsung baik melalui puskesmas/Rumah Sakit. Supaya para penyintas tergugah hatinya mendonorkan plasma konvalesen untuk pasien yang sedang terpapar," ungkapnya.

 

Tag : Donor, plasma, konvalesen, pmi, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat