20:00 . Minibus Adu Banteng dengan Truk, Satu Orang Meninggal   |   19:00 . Pintu Air Waduk Pacal Macet, BPBD Terus Berkoordinasi BBWS Cegah Potensi Banjir Susulan   |   18:00 . Bupati Anna Resmikan Pasar Burung Bagi Para Bird Lovers   |   16:00 . Student Agency, Tantangan Guru Masa Kini   |   15:00 . Lagi Turun, Harga Antam Dijual Mulai Rp539.500   |   13:00 . Hujan, Ini Tips Saat Berkendara dengan Motor   |   19:00 . Viral Pengantin Nikah Saat Banjir, Netizen: Doa Mantan Terkabulkan   |   18:00 . Viral, Warga Sukosewu Langsungkan Pernikahan di Tengah Banjir   |   15:00 . Ini Tips Tetap Bugar dan Tingkatkan Imun Ala Tirta Ayu Spa   |   13:00 . Pernikahan Dini Marak, APPA dan PA Bojonegoro Bersinergi Bersama   |   11:00 . Inilah Nama Pemenang Fashion Street Fruit and Veggie Competition   |   10:00 . Pemkab Bojonegoro Raih Penghargaan Insan UPG dari KPK   |   09:00 . Teknologi Informasi dan Komunikasi Berkembang, Jurnalis Harus Adaptasi dengan Tantangan   |   21:00 . Pengunjung BNFF Tumpah Ruah   |   18:00 . STIKES Rajekwesi Bojonegoro Borong Dua Juara   |  
Mon, 28 November 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Donor Plasma Konvalesen Kini Bisa di UDD PMI Bojonegoro

blokbojonegoro.com | Thursday, 22 July 2021 12:00

Donor Plasma Konvalesen Kini Bisa di UDD PMI Bojonegoro

Reporter: Nur Muharrom

blokBojonegoro.com - Masih tingginya angka kasus Covid-19 di Indonesia, membuat Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro bergerak cepat. Salah satunya mendatangkan alat produksi plasma konvalesen baru bagi para penyintas Covid-19. 

Launching donor plasma konvalesen yang bertempat di Unit Donor Darah (UDD) Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro, ditinjau langsung oleh Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah dengan protokol kesehatan (prokes) ketat,  didampingi Ketua PMI Bojonegoro, Kepala UDD PMI Bojonegoro dan Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro, Kamis, (22/7/2021)

Ketua PMI Kabupaten Bojonegoro, dr. Ahmad Hernowo mengatakan, mulai hari ini UDD PMI Bojonegoro yang berada di Jalan Sawunggaling sudah mampu memproduksi plasma konvalesen tanpa harus ke Sidoarjo.

"Alat aphareses baru sudah datang di UDD PMI Bojonegoro, selama ini memang sudah berjalan namun pendonor kita kirim dan bawa ke Sidoarjo," ucap dr. Ahmad Hernowo.

Saat ini, donor plasma konvalesen dapat dilakukan di UDD PMI Bojonegoro. Terkait permintaan plasma konvalesen yang terus meningkat seiring tingginya kasus Covid-19. PMI Bojonegoro memberikan syarat khusus, diantaranya pernah terpapar dan sembuh dari Covid-19, atau tidak lebih dari enam bulan. Kedua, saat dilakukan screening para penyintas diharuskan memiliki antibodi tinggi sebab nantinya bisa digunakan sebagai pengobatan.

"Untuk pengambilan darah plasma konvalesen sendiri bagi para penyintas Covid-19 dapat dilakukan sebanyak 2-3 kali. Dalam jangka waktu kurang dari enam bulan," tandasnya.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu'awanah berharap, datangnya alat PK atau plasma konvalesen di UDD PMI Bojonegoro ini, alat aphreses ini harus dimaksimalkan sebaik mungkin untuk membantu para pasien Covid-19 yang sedang berjuang sembuh. Ke dua dengan adanya data pendonor yang telah sembuh atau penyintas tentu memudahkan PMI Bojonegoro untuk meminta para penyintas bersedia mendonorkan plasma konvalesen. 

"Data-data penyintas harus lengkap, karena nantinya akan dihubungi langsung baik melalui puskesmas/Rumah Sakit. Supaya para penyintas tergugah hatinya mendonorkan plasma konvalesen untuk pasien yang sedang terpapar," ungkapnya.

 

Tag : Donor, plasma, konvalesen, pmi, Bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat