16:00 . Musrenbangkab Pemkab Bojonegoro Susun Arah Kebijakan Daerah 20 Tahun ke Depan   |   13:00 . War Takjil Fenomena Toleransi Berdampak Ekonomi Masyarakat   |   07:00 . Rugi 925 Juta, Korban Arisan Bodong Lapor Polisi   |   21:00 . Ada Apa dengan Puasa?   |   18:00 . Persibo Bojonegoro Ditunjuk Tuan Rumah Liga 3 Nasional   |   16:00 . 67 Orang Lolos Verifikasi Administrasi Calon Komisioner KPU Bojonegoro   |   15:00 . Puluhan Korban Arisan Bodong Lapor ke Polres Bojonegoro, Kerugian Capai Rp925 Juta   |   14:00 . Belum Genap 3 Bulan 74 Kasus HIV Jadi Catatan Dinkes   |   13:00 . Pemkab Bojonegoro Buka Posko Aduan Bagi Karyawan Swasta Tak Dapat THR   |   21:00 . EMCL Ajak Media Bikin Konten Kreatif Dukung UMKM Naik Kelas   |   15:00 . Diduga Korsleting Listrik, Empat Rumah dan 1 Ekor Sapi di Bojonegoro Ludes Terbakar   |   13:00 . Kemenag Bojonegoro Bentuk Satgas Khusus Tangani Kasus Pelecehan Seksual   |   20:00 . Kelompok 23 Buka Program AM UNUGIRI di MA Tanwiriyah Baureno   |   19:00 . Musrenbang Perempuan, Anak dan Disabilitas, Ini Harapan PDKB   |   15:00 . Musrenbang, PJ Bupati Harapkan Semua Terlibat dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembangunan   |  
Fri, 29 March 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Optimis Bangkit Bersama (2)

Camp Trip dan Relaksasi di Wisata Banyu Kuning

blokbojonegoro.com | Monday, 27 September 2021 08:00

Camp Trip dan Relaksasi di Wisata Banyu Kuning

Reporter: Tim blokBojonegoro

blokBojonegoro.com – Saat pandemi Covid 19 mulai mereda belakangan ini, banyak pemilik usaha, termasuk jasa pariwisata mulai berbenah. Bahkan, ada pula yang sudah menawarkan pilihan-pilihan menarik bagi calon wisatawan, baik lokal maupun nasional.

Sebut saja pengelola Wisata Geopark Bojonegoro Banyu Kuning. Lokasinya di Desa Krondonan, Kecamatan Gondang, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. Untuk sampai lokasi, pengunjung dari Kota Bojonegoro bisa mengambil arah ke Kecamatan Gondang yang jaraknya sekirar 52 kilometer. Setelah itu cari petunjuk ke Klino/Kecamatan Sekar. Kurang lebih 12 kilometer akan ada papan besar petunjuk wisata, belok ke kiri.

[Baca juga: Dukung Pengusaha Bangkit, Redaksi bB Gandeng Kadin Bojonegoro ]

“Saat ini jalan sudah mulus, cor rigid beton semuanya. Jadi jangan khawatir untuk pengguna segala jenis kendaraan,” kata pengelola Banyu Kuning, Silva Agus Riyanto, kepada blokBojonegoro.com.

Dari jalan cor, akses ke Banyu Kuning melewati jalan desa yang sudah diaspal 1 kilometer panjangnya dan sampai di parkir Banyu Kuning yang dikenakan untuk roda dua Rp2.000 dan mobil Rp5.000.

“Untuk tiket masuknya sangat terjangkau, Rp3.000. Pengunjung sudah bisa menikmati seluruh panorama yang tiada duanya karena Desa Krondonan rata-rata di ketinggian 600mdpl dan berlibur sepuasnya,” jelas Ryan Silva, sapaan karibnya.

Air Hangat “Banyu Kuning”

Mata air hangat Banyu Kuning berada di Dusun Jomblangjati, Desa Krondonan, Kecamatan Gondang.
Sejak November 2017 telah di tetapkan sebagai Hulu Geopark Bojonegoro (Geopark Nasional Bojonegoro).

Secara geologi, lokasi tersebut terjadi akibat manifestasi panas bumi (geothermal). Air hangatnya mengalir dan ada beberapa blekhutuk mirip (Jaccuzi).

“Sebelum Covid-19, Banyu Kuning tiap bulannya dikunjungi hampir 5.000 wisatawan domestik dan mahasiswa geologi dan geofisika seluruh Indonesia,” tambahnya.

Adapun warna kuningnya berasal dari endapan zat besi, mineral dan belerang yang nyaris terlihat semuanya berwarna kuning. Itu hanya di batuannya saja, karena air tetap jernih dan hangat.

Tempat ini alamnya masih tergolong rimbun karena dikelilingi pohon-pohon besar dan rindang yang membuat Wisata Banyu Kuning  semakin mempesona. Apalagi airnya tak pernah berkurang pada musim apapun.

Adapun fasilitas Wisata Banyu Kuning ada kolam renang anak-anak, kolam rendam hangat (relaksasi) dan pancuran air hangat (geothermal). Juga ada tempat santai dan menggelar acara, sebab ada beberapa gazebo dan musala yang asri.

Camp Trip dan Homestay Warga

Jangan takut hanya bisa menikmati air hangat alami. Sebab wisatawan juga bisa camping yang semua perlengkapannya disediakan pengelola Wisata Banyu Kuning. Tidak hanya itu, bagi yang ingin menginap seperti di rumah sendiri, homestay warga juga siap menyambut secara eksklusif.

“Untuk camp trip harganya menyesuaikan jumlah orang yang ikut. Intinya harga sangat bersahabat,” tegasnya.

Jika ingin berlama-lama di Wisata Banyu Kuning, pengelola juga menyediakan rute bersepeda dan adventure traill/jeep. Tidak jauh dari lokasi itu, paket wisata bisa sekalian ke Gunung Watu (Tapak Sewu), Air Terjun Kedung Gupit, Banyu Bleng (Asin), dan Bukit Kopen Camping Ground.

Informasi lengkap bisa mengunjungi media publikasi Wisata Banyu Kuning di:
-    Instagram: banyukuning_bojonegoro
-    Facebook: Banyu Kuning Bojonegoro
-    Youtube: Banyu Kuning TV

Contact person :
1. Agus Ryan 081332121092
2. Deni M Ridho 082140785927

Konten ini hasil kerjasama redaksi blokBojonegoro.com dan Kadin Bojonegoro. Ikuti cerita "Optimis Bangkit Bersama" selanjutnya.

 

Tag : Camp, trip, banyu, kuning, bojonegoro



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat