21:00 . Tabrak Tiang PJU, Pemotor di Bojonegoro Terpental hingga Meninggal   |   18:00 . Gempa Lagi, Tercatat 580 Kali Gempa Sejak Maret   |   13:00 . Tradisi Lebaran, UKMP Griya Cendekia dan LPM Spektrum Unugiri Halal Bihalal ke Pembina   |   18:00 . Libur Lebaran DLH Bojonegoro Kumpulkan 490,4 Ton Sampah   |   11:00 . PKC PMII Minta Angka Diska di Bojonegoro Ditekan   |   09:00 . Hendak Mancing di Embung, Bocah SMP di Bojonegoro Tenggelam   |   07:00 . Cuti Bersama Usai, ASN dan PPPK Ketahuan Bolos akan Kena Sanksi   |   18:00 . Tenggang Rasa Berkendara   |   12:00 . Kenang Masa Sekolah, Konco Selawase Attanwir Gelar Reoni   |   11:00 . Kasat Lantas Bojonegoro: Viralkan Jika Ada Bus Ugal-ugalan, Akan Kami Tindak   |   20:00 . Kru Bus yang Adu Jotos dengan Pemudik di Bojonegoro Diamankan Polisi   |   18:00 . Puncak Arus Balik, Jalur Bojonegoro Ramai Lancar   |   17:00 . Jumlah Pemudik di Rest Area Bojonegoro Meningkat Saat Arus Balik   |   16:00 . Viral! Sopir Bus dan Pemudik di Bojonegoro Adu Jotos, Kenapa?   |   15:00 . Libur Lebaran Okupansi Hotel Naik Hingga 90 Persen   |  
Thu, 18 April 2024
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tips Mengasuh Anak di Era Digital Agar Tidak Kecanduan Ponsel

blokbojonegoro.com | Thursday, 14 October 2021 07:00

Tips Mengasuh Anak di Era Digital Agar Tidak Kecanduan Ponsel *Ilustrasi anak bermain gadget.

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Semakin berkembangnya teknologi, semakin berkembang pula generasinya. Para milenial sekarang sudah terbiasa dengan dunia digital, smartphone, dan teknologi yang sudah menjadi kebutuhan dan kebiasaan mereka.

Kebiasaan mereka akan teknologi yang semakin maju, maka berbeda pula cara pendidikan mereka. Dalam kehidupan sehari-hari banyak perbedaan dalam pendidikan anak. Berikut beberapa tips yang bisa diterapkan para orang tua dalam mengasuh anak di era digital:

1. Batasi tanpa mengekang

Hari gini masih dikekang? Mungkin anak-anak milenial bukannya patuh malah semakin membangkang. Kenapa? Bisa dibilang karena pikiran yang sudah terbuka dan jika dituntut dengan cara didik yang membuat mereka harus selalu patuh dan membuat mereka sulit bergerak.

Cukup berikan batasan pada mereka dan berikan penjelasan tentang akibat yang akan ditimbulkan bagi jika batasan itu dilanggar.

2. Komunikasi yang baik

Di era digital ini membuat anak-anak semakin menyibukkan diri dengan teknologi yang ada. Itu juga membuat komunikasi orang tua dan anak terkadang kurang baik. Mereka tak dekat, bahkan takut untuk bertukar pikiran, baiknya orang tua membangun komunikasi yang baik bagi anak sedari mereka kecil.

Hal itu bisa membuat mereka lebih terbuka dan menjadi lebih dekat lagi. Sekarang orang tua sudah mulai memberikan gawai atau gadget untuk menenangkan anak berumur 2 tahun, saat sudah menjadi kebiasaan orang tua malah marah-marah dan melarang secara keras penggunaan gadget pada mereka, lalu yang salah siapa? Jangan biarkan anakmu lebih dekat dengan gadget dibanding kamu orang tuanya.

3. Pendampingan

Ini juga penting untuk diperhatikan dalam mendidik anak milenial sekarang ini. Mendampingi anak juga akan membantu kita lebih baik dalam mengenal karakter dan kemauan anak itu sendiri. Para orang tua juga dapat memperhatikan apa yang anak lakukan, lingkungan pertemanan, cara bermain, bakat, dan banyak lainnya.

Intinya, mendidik anak di era digital memanglah berbeda jika dibandingkan dengan zaman orang tua dulu. Anak milenial tak suka dikekang, mereka lebih suka berpendapat dan mengekspresikan keinginan mereka.

*Sumber: https://yoursay.suara.com/lifestyle

 

Tag : pendidikan, kesehatan, pendidikan anak, kecanduan ponsel



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat