13:00 . Si Jago Merah Amuk Warung Sate di Bojonegoro, Bangunan dan Motor Ludes Terbakar   |   12:00 . Larang Takbir Keliling, Polres Bojonegoro Imbau Warga Lakukan Takbiran di Masjid   |   10:00 . Jelang Idul Adha, Polisi di Bojonegoro Kebanjiran Order Kambing Kurban   |   20:00 . Tradisi Ritual Ijuk Nganten di Sraturejo Tetap Lestari hingga Kini   |   18:00 . M. Sholikhuddin Zuhdi Terpilih Secara Aklamasi Nahkodai BPC HIPMI Bojonegoro Periode 2024-2027   |   11:00 . Hari Terakhir PPDB, MAN 1 Bojonegoro Penuhi Kuota Rombel   |   15:00 . Wamenag: Jemaah Jaga Kesehatan Saat Puncak Haji   |   12:00 . Gua Hira, Cahaya Firman Berpendar ke Semesta   |   11:00 . Tiga Srikandi Amirul Hajj, NU, Muhammadiyah dan Kemenag   |   09:00 . Pengusaha Muda Nasional Deklarasikan Diri Maju Calon Ketua BPC HIPMI Bojonegoro   |   22:00 . Sekolah Tertua di Sukosewu Sukses Gelar Wisuda Purnasiswa   |   21:00 . 300 Jemaah Lansia dan Disabilitas Non Mandiri Tempati Hotel Transit   |   20:00 . Puasa Tarwiyah dan Arafah, Ini Panduan Lengkapnya   |   19:00 . Keutamaan Puasa Tarwiyah dan Arafah   |   18:00 . Bawa Kerikil dan Snack Berat dari Arafah   |  
Sun, 16 June 2024
Jl. Desa Sambiroto, Kec. Kapas, Kabupaten Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Tanaman Obat, Ini 7 Manfaat Daun Ketumbar

blokbojonegoro.com | Monday, 25 October 2021 07:00

Tanaman Obat, Ini 7 Manfaat Daun Ketumbar

Reporter: -

blokBojonegoro.com - Daun ketumbar sering dijadikan sebagai campuran dalam sayur sop dan berbagai masakan India. Tapi, daun ketumbar tidak hanya menjadi pelengkap atau bumbu, melainkan juga menawarkan manfaat kesehatan.

Pohon ketumbar kerap digolongkan ke dalam tanaman obat lantaran khasiat yang dimilikinya untuk kesehatan. Salah satunya adalah bagian daun. Biasa disebut sebagai Dhaniya, daun ketumbar memiliki kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, magnesium, kalium, natrium, serta vitamin A, B, C dan K yang baik untuk kesehatan.

Berikut tujuh manfaat daun ketumbar, seperti yang dilansir dari Healthshots.

1. Membantu mengontrol gula darah

Jika Anda berisiko terkena diabetes, daun ketumbar bisa menjadi cara untuk mengontrol kadar gula darah. Diungkap oleh Ahli Nutrisi dari Rumah Sakit Apollo, Nehru Enclave New Delhi, dr. Divya Dhawan, “Berbagai penelitian telah mengkonfirmasi bahwa daun ketumbar mengandung enzim aktif yang dapat membantu mengelola kadar glukosa dalam darah."

2. Melancarkan proses pencernaan

Daun ketumbar kaya akan serat dan antioksidan, sehingga bermanfaat dalam meningkatkan pencernaan, metabolisme, dan membantu mengatasi kembung dan sembelit.

3. Membantu mengelola stres

Daun ini tidak hanya menawarkan manfaat untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga baik untuk mengelola stres Anda. Dikatakan dr. Divya, daun ketumbar dapat meningkatkan mood serta menjaga sistem pencernaan tetap bersih, sehat, dan mengurangi stres oksidatif.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Daun ketumbar, menurut dr. Divya, dianggap sebagai diuretik yang dapat mengeluarkan natrium ekstra dari dalam tubuh untuk menurunkan tekanan darah.

Selain itu, daun yang kaya antioksidan dan serat ini, mampu mengurangi risiko penyakit jantung, serta menjaga kadar kolesterol Anda.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Daun ketumbar merupakan sumber antioksidan seperti terpinene, quercetin, dan tokoferol yang dapat melawan kerusakan sel dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda.

Menurut penelitian, antioksidan ini dapat mengurangi peradangan, serta memiliki efek anti kanker dan neuroprotektif.

6. Baik untuk kesehatan mata

Tidak hanya wortel yang disebut dapat meningkatkan kesehatan mata, daun ketumbar juga punya manfaat yang sama. Kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan karotenoidnya dapat menjaga penglihatan dan mencegah Anda dari gangguan penglihatan degeneratif.

7. Meningkatkan kesehatan tulang

Dr. Divya mengatakan bahwa daun ketumbar memiliki nutrisi penting untuk tulang, seperti kalsium, fosfor, dan magnesium yang dapat meningkatkan kepadatan tulang serta melindungi Anda dari nyeri sendi.

“Jadi jika Anda menginginkan tulang yang kuat, daun ketumbar bisa menjadi pilihan yang baik,” saran dr. Divya.

*Sumber: suara.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Monday, 19 February 2024 20:00

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG

    PEPC JTB Kunjungi Kantor Baru BMG Perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina mengunjungi kantor redaksi blokBojonegoro.com (Blok Media Group/BMG), di BMG CoWorking Space, Jalan Semanding-Sambiroto, Desa Sambiroto, Kecamatan...

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 09 June 2024 15:00

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita

    Santri Al Manshur Bulu, Dilatih Praktik Menulis Berita Untuk mempermudah kecakapan menulis berita, mahasiswa Asistensi Mengajar (AM) Prodi PAI, Fakultas Tarbiyah, Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri mengadakan rencana tindakan lanjut (RTL) dengan mereview hasil praktik menulis berita di...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat