17:00 . Pelajar SMKN 2 Antusias Ikuti Program Goes To School oleh PWI Bojonegoro   |   16:00 . Antisipasi Gagal Panen, 2472,73 Hektare Sawah di Baureno Terdaftar Asuransi   |   15:00 . Aklamasi, Rokhim Nahkodai GP Ansor Tanjungharjo   |   14:00 . Dukung Kemudahan Berwirausaha, Ademos dan Sampoerna Luncurkan Klinik UMKM   |   13:00 . Dandim 0813, Apresiasi Pembangunan di Bojonegoro   |   07:00 . 3 Jenis Trauma yang Bisa Dialami Anak Akibat Pola Asuh yang Keliru   |   20:00 . 103 Desa Berstatus Mandiri Di Bojonegoro, Disiapkan Menjadi Pilot Project   |   19:00 . Hari Gizi Nasional, CEC Gelar Bazar Minyak Goreng dan Gula Murah   |   18:00 . PMI Bantu Bangunkan Huntara Bagi Pengungsi Gunung Semeru   |   17:00 . Calon Jemaah Haji Muda di Bojonegoro Meningkat   |   16:00 . Dinsos Bojonegoro Buka Suara Terkait Saldo Bansos Rp0   |   15:00 . Naik Lagi, Harga Emas Antam 25 Januari Rp947.000 per Gram   |   13:00 . DLH Bojonegoro Minta EMCL Sosialisasi dan Utamakan Keselamatan Warga   |   12:00 . bB Salurkan Donasi Peduli untuk Mahameru   |   19:00 . Ini Alasan Pentingnya Vaksin Booster   |  
Wed, 26 January 2022
Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Rangkaian Pelantikan, KADIN Bojoneoro Gelar Webinar dengan Tema Business Outlook 2022

blokbojonegoro.com | Wednesday, 27 October 2021 15:00

Rangkaian Pelantikan, KADIN Bojoneoro Gelar Webinar dengan Tema Business Outlook 2022 etua Umum KADIN Jatim, Adik Dwi Putranto sebagai pemateri webinar Bussiness Outlook 2022. (Foto: Tangakapan layar webinar)

Kontributor: Uul Lyatin

blokBojonegoro.com - Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Bojonegoro menggelar webinar dengan tema 'Bussine Outlook'. Webinar ini ramai diikuti sekitar 1000 mahasiswa dari berbagai kampus, Rabu (27/10/2021). Webinar ini, merupakan rangkaian dari pelantikan dewan pengurus KADIN Bojonegoro masa bhakti 2021-2026.

[Baca juga: Dewan Pengurus Kadin Bojonegoro Resmi Dilantik ]

Webinar ini dihadiri secara virtual oleh keynote speaker dari Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Republik Indonesia (RI) La Nyalla Mahmud Mattalitti, narasumber daeri Ketua Umum KADIN Jatim Adik Dwi Putranto, dan Joko Irianto selaku Staff Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur.

Dalam webinar kali ini, Ketua Umum KADIN Jatim, Adik Dwi Putranto sebagai pemateri webinar Bussiness Outlook 2022 menyampaikan bahwa saat ini 90% yang menyerap tenaga kerja di Indonesia ialah UMKM. Selain itu juga terkait export, 70% produk yang di export ialah produk UMKM.

"Saya sampaikan UMKM ini sangatlah penting, karena kebanyakan yang tenaga kerja di Indonesia adalah UMKM," ujarnya.

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kini telah banyak merambah ke dunia digital. Menurutnya, UMKM yang telah mengenal dunia digital ialah sekitar 40% dan 60% lainnya belum mengenal digital. Sehingga pihaknya berharap, dengan adanya KADIN maka dapat membantu para UMKM untuk belajar memahami dan mendalami marketing secara digital

"KADIN harus mendorong pelatihan digital kepada UMKM, selain itu juga harus mendampingi, dan memberikan masukan terkait kualitas produk jual yang baik dan memenuhi standar," imbuhnya.

Selanjutnya, pemaparan materi dari Joko Irianto selaku Staff Ahli Bidang Ekonomi Keuangan dan Pembangunan Provinsi Jawa Timur. Dalam webinar kali ini, pihaknya menyampaikan, arah kebijakan jatim dalam pemilihan ekonomi dimasa pandemi.

"Dalam wabah pandemi kali ini, beberapa faktor seperti ekonomi, sosial bahkan kondisi masyarakat sangatlah lemah," ungkapnya.

Namun melihat upaya UMKM saat ini yang sudah mulai bangkit, kondisi ekonomi di Jawa Timur mulai meningkat. Jawa Timur menjadi penyumbang perekonomian terbesar kedua di Pulau Jawa  setelah DKI Jakarta dengan presentase 24,93%.

"Dalam pertumbuhan industri dan perdagangan, ada beberapa sektor yang sangat kuat yaitu sektor industri pengolahan dan perdagangan yang dapat membantu memulihkan ekonomi di Jawa Timur," tuturnya.

Hal tersebut nantinya didukung dengan adanya kolaborasi dan sinergi yang strategis antara KADIN dengan Pemprov Jawa Timur untuk bagaimana membangun dan berkolaborasi serta bersinergi untuk mengatasi problem kemiskinan, pengangguran yang terjadi akibat dampak dari pandemi yang saat ini masih dirasakan. [uul/ito]

Tag : webinar, kadin, bojonegoro, umkm, jatim



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokBojonegoro TV

Redaksi

  • Tuesday, 25 January 2022 12:00

    bB Salurkan Donasi Peduli untuk Mahameru

    bB Salurkan Donasi Peduli untuk Mahameru Setelah membuka donasi 'Peduli untuk Mahameru' sejak Senin (6/12/2021) lalu, blokBojonegoro.com (bB) menyalurkan hasil donasi melalui Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro, Selasa (25/1/2022)....

    read more

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat