Jl. KS Tubun, Gang Srinayan No. 3 Kel. Mojokampung Kota Bojonegoro, Email: blokbojonegoro@gmail.com

Upgrade Kompetensi Dosen, UNUGIRI Bojonegoro Selenggarakan Seminar Nasional

blokbojonegoro.com | Monday, 08 November 2021 06:00

Upgrade Kompetensi Dosen, UNUGIRI Bojonegoro Selenggarakan Seminar Nasional

Oleh: Rahayu Lestari Putri

blokBojonegoro.com - Guna mengupgrade kompetensi Dosen dalam menghadapi tantangan di era digital, UNUGIRI Bojonegoro selenggarakan Seminar Nasional pada Minggu (07/11/2021).

Seminar yang mengusung tema "Penguatan Kompetensi Dosen dan Tata Kelola Perguruan Tinggi Yang Unggul" ini dilaksanakan secara luring di Aula Lt.3 Kampus UNUGIRI. Kendati demikian, seluruh peserta yang hadir tetap mematuhi prokes yang ketat.

Tak tanggung-tanggung, narasumber yang didatangkan yakni Rektor Universitas Islam Malang (UNISMA) Prof.Dr.H.Maskuri, M.Si. Seminar tersebut juga dihadiri oleh Rois Syuriah PCNU Bojonegoro Bapak KH. Maemun Syafi'i, Jajaran Rektorat, Kepala dan Sekretaris Lembaga, Dekan, Kaprodi dan seluruh dosen serta tenaga kependidikan di lingkungan UNUGIRI.

Seminar Nasional dimulai pukul 13.30 WIB hingga selesai. Meski dilaksanakan di hari Minggu (weekend), seluruh dosen hadir dalam seminar tersebut. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa dosen UNUGIRI telah bersiap mengupgrade keilmuwan masing-masing untuk UNUGIRI yang lebih maju.

Dalam sambutannya, Ketua BPP-UNUGIRI Bapak Drs.Saifuddin Idris, M.M., berharap, semoga dengan adanya seminar nasional, khusus untuk dosen ini dapat meningkatkan kompetensi, kinerja serta mengupgrade kapasitas dan kapabilitas dosen. "Kami dari BPP-UNUGIRI selalu mensupport agar UNUGIRI bisa mengepakkan sayap yang lebih tinggi lagi," harapnya.

Pada pemaparan materi yang disampaikan, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si., menyampaikan banyak hal, meliputi, modal perguruan tinggi agar selalu eksis, kondisi perguruan tinggi, cita-cita besar yang harus dimiliki perguruan tinggi, nilai-nilai penggerak kehidupan warga kampus, suara batin, perilaku kolektif warga kampus dan masih banyak lagi.

Dalam penjelasannya, juga dikatakan, jika ingin kompetensi dosen yang mumpuni hingga tata kelola kampus yang unggul, maka harus selalu ada koordinasi. Menggerakkan dan mengharmoniskan situasi agar menuju perubahan yang cepat.

"Dosen harus memiliki prinsip Think Globally, Act Locally yang berarti berpikir global, bertindak lokal. Selain itu, perlunya membuat perencanaan yang matang (memiliki terget yang terukur), mampu mengorganisir dengan baik, melaksanakan dengan semaksimal mungkin dan penting adanya evaluasi," pungkasnya.

Selain itu, perlunya strategi jitu dalam meraih target kampus yang unggul, seperti Ikhtiar transparan, melakukan lompatan untuk perubahan secara cepat, pelayanan terbaik, menyenangkan banyak orang, mengembangkan energi positif, membangun budaya dan peradaban bangsa.

Adapun modal Perguruan Tinggi agar selalu eksis, yaitu Intelektual,  Manajerial, Sosial, Jaringan, Teknologi Informasi, dan Spiritual yang baik. Melalui ikhtiar yang optimal, maka kondisi perguruan tinggi akan semakin maju hingga mampu bersaing, baik dikancah kabupaten, provinsi hingga nasional.

Adapun cita-cita besar UNUGIRI di antaranya, warga kampus harus menjadi kekuatan penggerak (al harakah), warga kampus harus bangkit (al nahdliyah), serta warga kampus harus mengembang semangat Islam (al-Islam), semangat kemajuan, kebersamaan, dan bertoleransi.

Sementara itu, nilai-nilai penggerak kehidupan warga kampus, yakni keikhlasan, kejujuran, kerukunan, dan kedisiplinan. Warga UNUGIRI juga diharapkan mampu memiliki suara batin, seperti memiliki hati bersih, kasih sayang, bekerja yang didasari niat beribadah, bekerja dengan kesadaran, amanah, dan lain-lain.

Kemudian, perilaku kolektif warga UNUGIRI juga perlu diperhatikan, di antaranya, santun (tawadlu), pemberani atas dasar kebenaran, egaliter, profesional, populis dan tidak elitis (dapat beradaptasi di mana saja berada).

Ke depan, diharapkan kompetensi dosen dan tata kelola UNUGIRI semakin unggul, sehingga akan memberikan korelasi positif terhadap peningkatan SDM Mahasiswa.

*Penulis adalah anggota Lembaga Informasi dan Pengembangan Kampus (LIPK) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Sunan Giri Bojonegoro.

Tag : unugiri, bojonegoro, seminar, nasional



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini